Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 Lampu Tak Berkedip

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Pusing kalau menghadapi printer eror apalagi jika kita sama sekali tidak pernah bongkar-bongkar mesin yang satu ini. Semua jenis printer, pasti adakalanya kita akan menghadapi masalah yang penanganan-nya sedikit sulit.

Pada printer epson T13 ini masalah yang akan kita bahas yaitu masalah error indikator lampu menyala terus dan tidak berkedip sementara cartridge diam tidak bergerak sedikitpun. Ingin tahu solusinya? Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 Indikator Lampu Tak Berkedip

Ada kalanya kita mendapati Cartridge Printer T13 Tidak Mau Bergerak, Lampu Merah dan Hijau Menyala Terus Tidak Berkedip-Kedip khususnya para printer Epson ini. Apa sebenarnya penyebab masalah ini dan bagaimana solusi cara mengatasi eror printer Epson tersebut?

Sebelum sampai pada pemecahan masalah tentu kita akan urut lagi bagaimana kejadiannya sehingga perangkat ini mengalami error. Gejalanya ketika tombol power on ditekan, kedua lampu indikator yang merah dan warna hijau nyala, selanjutnya Cartridge Epson T13 tersebut tidak dapat bergerak sama sekali.

Kemungkinan pertama masalah yang mengakibatkan cartridge printer tidak jalan tersebut terjadi dikarenakan ada dokumen yang belum selesai proses mencetak-nya, coba anda cancel dahulu file yang sedang dalam proses printing tersebut.

Untuk mengatasinya anda bisa membuka dokumen printing dan membatalkan proses print yang masih berjalan.

Kemungkinan masalah kedua bisa juga disebabkan oleh tinta printer Epson T13 sudah habis. Untuk mengatasi masalah ini coba anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Cek di printing preferencenya, apabila tintanya baru, coba masuk ke tab maintenance, selanjutnya gunakan semua fitur-fitur dari drivernya, seperti head cleaning
  2. Jika perlu gunakan Ink cartridge replacement (anggap saja kita lagi ganti cartridgenya)
  3. Jika tidak bisa juga maka kita harus benar-benar mengganti cartridge Epson T13 tersebut.

Selanjutnya bagaimana kalau anda menggunakan Epson T13 yang telah di infus? Bila infus seringkali setelah beberapa kali proses mencetak masalah ini terjadi, solusinya bisa dengan cara melepas cartridge sejenak lalu mengembalikannya dengan benar sampai bunyi klik, selanjutnya coba anda matikan dan hidupkan lagi printer tersebut.

Selain cara tersebut anda bisa juga melakukan reset chip dengan cara tekan tombol reset pada chip cartridge 13 infus tersebut selama kurang lebih 5 detik, reset pada chip cartridge ini juga ada batasnya, semakin sering kita melakukan reset, maka akan semakin memperpendek usia chip pada cartridge T13 tersebut.

Sangat disarankan jika anda tidak begitu paham dengan printer maka dari pada menggunakan Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 Lampu Tak Berkedip ini ada baiknya anda bawa saja ke service terdekat yang lebih tahu.

Hal ini akan mengurangi resiko kerusakan yang lebih parah dikarenakan kesalahan kita dalam mengatasi eror cartridge tidak bergerak pada printer Epson T13 tersebut.

Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 Lampu Tak Berkedip

Sedikit saja, mudah-mudahan penjelasan mengenai Cara Mengatasi Eror Printer Epson T13 ini bisa berguna bagi anda semua. Selain pembahasan ini tentu masih ada lagi beberapa pembahasan yang berkaitan dengan masalah ini, mari kita lihat juga beberapa seperti yang ada di bagian akhir. Terima kasih!