Cara Reset Canon MX360, MX366 Ink Absorber is Almost Full

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Reset Canon MX360, MX366 Ink Absorber is Almost Full - Hal yang paling umum dan banyak dicari informasinya terkait kerusakan printer adalah cara reset printer dan kali ini kita akan membahas untuk kasus pada printer Canon MX360, MX366. Bagi anda yang baru membeli produk pencetak tersebut ada anda siap-siap dan belajar mengatasi masalah tersebut.

Pada pemakaian standar yang umum dilakukan dalam masyarakat pasti akan terkendala pada status tinta pada printer baru.

Biasanya setelah pembelian dan atau setelah beberapa waktu pemakaian sebuah printer baru akan mendeteksi Ink Absorber is Almost Full dan harus di setel ulang.

Kita akan membahas lebih jauh mengenai pesan eror tersebut dan bagaimana Cara Reset Canon MX360, MX366 tersebut.

Kalau anda bekerja dengan perangkat cetak seperti printer ini mungkin anda tidak akan asing dengan istilah pada pesan eror ini.

Pesan eror Ink Absorber is Almost Full adalah sebuah pesan yang mengindikasikan kesalahan pada perangkat printer dimana artinya penyerap tinta sisa pada printer sudah hampir penuh.

Cara mengatasi Ink Absorber is Almost Full yang paling umum dilakukan adalah dengan me-reset software pada printer agar tidak mendeteksi kesalahan tersebut. Hal ini telah banyak dilakukan, meski memiliki resiko namun tidak sedikit yang sukses melakukannya.

Bagi anda yang tidak begitu paham dengan masalah ini sangat disarankan untuk tidak melakukan proses reset tersebut.

Jika anda ingin mencoba Cara Reset Canon MX360, MX366 ini maka penulis tidak menanggung apabila ada kerusakan yang terjadi selama mengikuti tutorial yang ada disini. Akan lebih baik jika anda membawanya langsung ke gerai servis yang lebih berpengalaman.

Sebenarnya kenapa perlu melakukan reset pada printer tersebut? Apakah bermasalah jika dibiarkan begitu saja?

Tentu, pada satu titik, printer akan mengindikasi bahwa absorber telah penuh dan tidak akan mau untuk melakukan pencetakan, karena itulah harus ada penanganan khusus terhadap masalah tersebut.

Ciri-ciri printer Canon MX366 yang minta di reset adalah tampilnya sebuah pesan di monitor yang menyatakan bahwa Ink Abserber is Full, sedangkan pada lcd panel depan printer terdapat pesan "Contact Service" seperti pada gambar di bawah ini:


Jika anda telah mengalami hal tersebut, maka salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk mengatasi pesan eror Ink Absorber is Almost Full ini adalah dengan cara reset printer tersebut. Jika anda ingin mencobanya, berikut langkah-langkah me-reset printer dengan gejala di atas.

Untuk reset pertama harus disiapkan terlebih dahulu software yang akan digunakan. Software yang bisa digunakan adalah software reset ServiceTool.V.1074 yang juga bisa digunakan untuk Canon IP2770. Sebelum reset, printer harus dalam kondisi Service Mode. Caranya adalah: 

  • Dalam keadaan printer mati tekan dan tahan tombol stop kemudian tekan dan tahan juga tombol ON.
  • Setelah Led pada tombol ON menyala lepas tombol stop dan tetap tahan tombol ON.
  • Tekan tombol stop sebanyak 5 kali (ingat harus 5 kali). Led alarm akan menyala bergantian dan pada saat menekan yang kelima kalinya maka led alarm menyala.
  • Lepas tombol ON dan printer akan menyala dan masuk ke Service Mode
Service Mode ditandai dengan Komputer akan mengenali adanya hardware baru dan di lcd panel depan printer layar menjadi hitam atau gelap tidak ada tulisan apapun.

Selanjutnya Buka sofware reset yang tadi telah di download kemudian sediakan kertas di priter lalu klik tombol main pada bagian Clear Ink Counter dan printer akan mencetak dengan tulisan D=000.0 kemudian tekan OK. 




Untuk mengecek apakah reset berhasil, klik Test Print pada bagian Print di sudut kanan atas kemudian printer akan mencetak seperti gambar di bawah ini:

Pastikan tulisan D=000.0 tertulis seperti gambar di atas.
Matikan printer dan cabut kabel power listriknya dan saya biarkan selama 1 menit.
Hidupkan printer kembali dan semestinya printer sudah normal kembali. 

Kembali penulis ingatkan bahwa melakukan reset seperti ini akan sangat beresiko apalagi jika anda belum pernah melakukannya, jadi pertimbangkan benar-benar hal tersebut. Baru setelah yakin anda bisa dengan hati-hati melakukannya.

Cara Reset Canon MX360, MX366 Ink Absorber is Almost Full
Reset Canon MX360, MX366 Ink Absorber is Almost Full

Dengan banyaknya kasus kerusakan yang terjadi akibat salah reset maka tidak ada salahnya anda mempelajari dan memahami panduan Cara Reset Canon MX360, MX366 ini dari beberapa sumber lain. Semoga, apapun yang anda usahakan tentunya bisa membuahkan hasil dan sukses. Itu saja tutorial servis printer kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi bahan referensi.