Cara Memasang Ink Stabilizer pada Infus Printer

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Sebagian dari anda mungkin sudah tahu mengenai Ink Stabilizer pada Infus Printer, nah kali ini akan dibahas secara ringkas sebuah panduan bagaimana memasang perangkat tersebut. Jika anda ingin mencoba anda bisa mempelajari langkah-langkahnya terlebih dahulu baru nanti menerapkannya. Sudah banyak yang menggunakan perangkat tambahan ini, agar lebih tahu baca panduan berikut.

Bagi yang belum tahu, Ink Stabilizer adalah alat tambahan pada infus printer yang berfungsi membuat aliran tinta menjadi satu arah, yakni hanya dari arah tabung infus ke catridge printer sehingga supply tinta akan menjadi lancar dan selang infus tidak akan kosong (terisi angin).

Beberapa ada yang menyebutkan bahwa alat ini juga memiliki kelemahan dan juga kelebihan, namun terlepas dari dua hal tersebut kita akan sama-sama melihat cara pemasangan Ink Stabilizer tersebut. Bagaimana, apakah anda ingin mencobanya sendiri? Berikut cara memasang Ink Stabilizer:

Cara pemasangan Ink Stabilizer pada tabung infus atau pada body printer adalah sama saja. Jika anda memperhatikan langkah-langkah dengan baik saya yakin anda bisa melakukan pemasangan Ink Stabilizer pada posisi dimana anda inginkan, seperti di body printer. Baca juga cara servis canon mp287 tidak menyala

Kali ini saya akan memasang Ink Stabilizer ke tabung infus printer yang sudah terisi dengan tinta sehingga untuk menghindari tinta mengenai tangan sebaiknya gunakan sarung tangan plastik/karet & pastikan tutup kedua lubang udara pada bagian atas tabung infus. Sebaiknya Ink Stabilizer dipasang ke tabung infus sebelum tabung diisi tinta untuk menghindari tinta yang tertumpah.
Pastikan posisi Ink Stabilizer tidak terbalik dengan cara melihat pada gambar stiker arah panah pada body Ink Stabilizer, arah panah harus mengarah ke atas & jangan sampai terbalik. Baringkan tabung infus ke kanan atau ke kiri tergantung mau ditempel di sisi mana Ink Stabilizer tersebut.

Sebaiknya ditempel di sisi tabung tempat keluarnya selang infus sehingga selang infus tidak kacau dan terlihat rapi. Setelah itu tempel kan Ink Stabilizer pada body tabung dengan terlebih dulu melepas double tip Ink Stabilizer. Tekan-tekan agar menempel dengan kuat. Jika double tip tidak ada maka bisa juga menggunakan lem. 

Potong selang infus yang panjangnya kira-kira pas untuk disambungkan ke lubang bawah Ink Stabilizer. Masukkan ujung selang yang dipotong tadi ke lubang bawah Ink Stabilizer. Masukan ujung selang yang panjang sisa potongan tadi ke lubang atas Ink Stabilizer. Jika selang sudah terisi tinta maka sesuaikan warna tinta selang yang masuk ke Ink Stabilizer dari tabung dengan yang keluar dari Ink Stabilizer ke arah catridge.

Tabung harus dalam posisi berdiri kemudian buka lubang udara yang kecil pada tabung infus agar tinta bisa mengalir ketika di sedot dengan alat sedot. 

Siapkan alat sedot, alat sedot ini terbuat dari suntikan yang ujung suntikan diberi sedikit potongan selang.

Sambungkan alat sedot dengan salah satu ujung selang infus kemudian sedot tinta sampai tinta memenuhi bagian dalam Ink Stabilizer dan mengalir melalui selang infus. Sebaiknya menyedot tinta tidak terlalu keras agar katup Ink Stabilizer tidak rusak. Jika alat sedot terisi tinta maka alat sedot dicuci dulu dengan air sebelum digunakan pada selang warna yang lain. 

Lakukan langkah ke-7 pada warna yang lain hingga semua bagian dalam Ink Stabilizer dan selang infus terisi dengan masing-masing warna. Selanjutnya ujung selang infus siap dipasang ke catridge sesuai warna masing-masing. Setelah itu pasang catridge ke printer dan lakukan cleaning agar tinta bisa memenuhi bagian dalam catridge.
Sampai disini apakah anda bisa mengikuti Cara Memasang Ink Stabilizer Infus Printer di atas? Kalau masih ragu maka sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu caranya, setelah paham baru dicoba.
Cara Memasang Ink Stabilizer pada Infus Printer

Kiranya itu saja, mudah-mudahan panduan mengenai printer kali ini bisa berguna bagi anda semua yang sedang membutuhkannya. Jangan lupa setelah memasang Ink Stabilizer silahkan baca juga beberapa rekomendasi panduan yang ada di bagian bawah.