Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Printer

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer - Pembahasan mengenai masalah hasil printer yang kurang sempurna memang sudah pernah di bahas namun kali ini kita akan membahas hal yang lebih spesifik yaitu hasil cetak bergaris. Yang akan di bahas tentunya penyebab dan juga solusi atau cara mengatasi hasil print yang tidak sempurna tersebut. Masalah printer seperti ini jika kita biarkan berlarut biasanya akan mengakibatkan kerusakan fatal dimana solusi akhirnya hanya satu yaitu mengganti hardware printer.

Supaya tidak terjadi hal seperti itu maka menangani masalah ini secepat mungkin bisa menurunkan resiko penggantian hardware yang tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Masalah seperti ini bisa dikatakan sebagai masalah umum yang sering sekali kita temui apalagi jika keseharian kita adalah bekerja dengan menggunakan mesin printer. Jika kita mengalami masalah Hasil Cetak Printer Bergaris maka tidak perlu panik karena resiko paling fatal hanya mengganti cartridge printer.

Berkaitan dengan masalah hasil print yang tidak memenuhi standar ini biasanya kita akan langsung panik. Kita biasanya langsung mencari informasi di internet yang membahas mengenai solusi untuk mengatasi hal tersebut. Jika kita perhatikan, ada beberapa informasi yang berkaitan yang bisa kita gunakan untuk mencari referensi mengenai hal ini. Beberapa referensi tersebut meliputi pembahasan tentang:

a. Mengatasi hasil print bergaris
b. Cara mengatasi hasil print bergaris
c. Cara mengatasi hasil print yang bergaris
d. Hasil cetakan printer bergaris
e. Cara memperbaiki hasil print bergaris

Intinya adalah sama saja yaitu kita membutuhkan informasi yang akan memberikan kita cara atau jalan untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Dengan begitu apapun informasinya sepanjang membantu tentu akan sangat kita butuhkan. Informasi lebih jauh mengenai berbagai permasalahan hasil cetak dapat di lihat pada artikel terpisah berikut masalah hasil cetak printer cara mengatasinya. Dengan begitu kita akan lebih paham tentang apa yang dilakukan agar cetakan print tidak bergaris sehingga hasil cetak bisa berkualitas. Nah, dari pada kita berlarut-larut lebih baik kita langsung ke inti permasalahannya saja, penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris

Apakah mengetahui sebab dari masalah ini akan membantu dan berpengaruh terhadap apa yang sedang kita hadapi? Jawabannya "tidak", informasi mengenai penyebab atau sebab munculnya masalah hanya bisa kita manfaatkan untuk melakukan pencegahan di kemudian hari agar masalah print bergaris tidak terulang. Lalu apa yang menjadi sebab adanya print bergaris?

Kemungkinan penyebab dari hasil cetak yang tidak sempurna ini tidaklah sedikit. Ada beberapa kemungkinan yang bisa saja menjadi pemicu masalah ini. Beberapa yang menjadi penyebab hasil cetak bergaris adalah sebagai berikut:

1. Cartridge sudah rusak
2. Cartridge tersumbat
3. Terdapat gelembung udara pada Cartridge

Penyebab pertama yang membuat hasil cetakan print yang kita miliki tidak bagus alias bergaris adalah karena cartridge sudah rusak. Penyebab ini sangat sering terjadi karena lama pemakaian dan juga jumlah cetak yang memang sudah melampaui umur cartridge tersebut.

Sebab kedua yaitu Cartridge yang digunakan mengalami penyumbatan. Ini bisa terjadi karena jarang dipakai atau karena kualitas tinta yang kurang sesuai dengan standar yang diharuskan dari pabrik-nya. Selain itu masalah lain yang mungkin menjadi penyebab hasil cetakan tidak bagus adalah adanya gelembung udara dalam cartridge printer. Untuk penyebab yang satu ini biasanya lebih sering terjadi jika printer yang digunakan sudah kita modifikasi (printer infus).

Kalau penyebab dari masalah ini dapat dengan jelas kita ketahui sebenarnya kita juga dapat mengetahui cara yang benar dan berfungsi atau berhasil untuk mengatasi masalah yang terjadi. Sebagai contoh, kalau memang hasil cetak hancur karena hardware rusak maka solusinya sudah jelas yaitu menggantinya dengan yang baru, benar tidak?

Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer

Masalah yang umum terjadi biasanya printer menghasilkan cetakan yang bergaris karena adanya sumbatan yang menghalangi tinta keluar dengan lancar dari cartridge. Untuk itu cara mengatasi masalah tersebut tentu dengan membersihkan cartridge yang tersumbat baik itu yang warna maupun yang hitam. Untuk membersihkan cartridge yang tersumbat kita dapat melakukan beberapa cara yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan cleaning dan deep cleaning
2. Membersihkan Cartridge dengan cairan pembersih tinta
3. Merendam bagian ujung cartridge dengan air hangat

Cara yang pertama dapat kita lakukan dari menu properties pada printer yang kita miliki. Cara ini merupakan cara termudah untuk mengatasi masalah hasil cetak bergaris dengan catatan kerusakan atau sumbatan yang ada belum teralu parah.

Selain melakukan cleaning dan juga deep cleaning kita juga dapat menggunakan cara yang lebih ekstreem yaitu dengan merendam ujung cartridge - tempat keluar tinta - dengan air hangat dalam beberapa menit. Langkah ini dimaksudkan untuk membuat tinta yang menyumbat bisa cair dan ikut keluar bersama air rendaman tersebut. Sebagai catatan, cara yang satu ini tidak dianjurkan sama sekali bagi kita pengguna umum yang belum terbiasa karena cara ini dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada cartridge printer kita.

Kalau dua cara di atas tidak dapat dilakukan maka kita bisa juga menggunakan cara ketiga. Cara ini yaitu dengan membersihkan cartridge yang tersumbat menggunakan cairan pembersih. Untuk langkah ini kita memerlukan cairan pembersih dan juga penyedot tinta.

Hasil Cetak Bergaris Printer

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai bagaimana cara yang mudah untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris Pada Printer yang kita gunakan. Pada beberapa kasus, cara ini efektif untuk mengatasi masalah yang terjadi namun ada juga kasus cetakan bergaris yang tidak dapat di atasi dengan menggunakan cara-cara di atas.

Untuk kita yang ingin menerapkan langkah atau solusi di atas sebaiknya mempelajari terlebih dahulu dengan seksama sampai paham, jangan lupa juga untuk mencari referensi pendukung lainnya tentang masalah ini. Kami tidak menganjurkan untuk mempraktekkan cara tersebut jika memang tidak berpengalaman. Lebih baik jika ragu untuk diserahkan pada yang lebih ahli. Itu saja, semoga bisa menjadi tambahan referensi kita bersama.