Cara Mengatasi Laptop Sering Restart

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Mengatasi Laptop Sering Restart - Untuk laptop baru kita jarang mengalami masalah seperti ini namun untuk perangkat laptop yang sudah sering dipakai maka terkadang kita bisa mengalami masalah laptop restart tersebut. Tidak semua masalah ini dapat kita atasi sendiri namun dengan cara mencari tahu berbagai penyebab yang terjadi maka akan sangat mungkin ada kasus tertentu yang bisa kita selesaikan atau kita atasi sendiri tanpa harus pergi ke tempat servis. 

Hari ini kita akan belajar mengidentifikasi penyebab masalah tersebut dan mencoba mempelajari berbagai langkah yang mungkin saja dapat kita ambil untuk mengatasinya. Pertama kita akan menelusuri berbagai penyebabnya lalu kemudian memahami langkah yang bisa diambil untuk masing-masing penyebab yang ditemukan. Dengan begitu kita akan mengurangi ketergantungan terhadap orang lain untuk saat-saat yang mendesak.

Masalah seperti ini kadang terjadi saat kita sedang menggunakan laptop atau komputer seperti biasanya. Saat sedang asyik menggunakan laptop tiba-tiba laptop restart sendiri padahal kita tidak merestart laptop yang kita gunakan tersebut. Kalau belum parah restart ini jarang terjadi namun jika sudah lumayan parah maka biasanya laptop akan restart berkali-kali dan tidak bisa kita gunakan.

Jika sudah demikian maka pilihan yang bisa kita lakukan adalah mengatasi laptop sering restart tersebut. Lalu bagaimana cara kita untuk melakukannya, pertanyaan ini tentu akan muncul pada kita khususnya untuk kita yang tidak terbiasa melakukan perbaikan laptop error.

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mencari tahu apa penyebabnya. Dengan tahu apa penyebabnya maka kita dapat dengan mudah melakukan penanganan untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa penyebab umum untuk laptop sering restart antara lain seperti di bawah ini:

1. Kerusakan hardware
2. Sistem bermasalah
3. Driver tidak kompatibel

Meski bukan hanya hal di atas saja yang dapat mengakibatkan masalah ini terjadi namun empat hal di atas merupakan hal yang paling umum yang bisa mengakibatkan laptop kita mengalami restart dengan sendirinya. 

Kerusakan hardware
Yang ini masalah berat karena umumnya kita tidak akan dapat melakukan penanganan untuk laptop yang restart karena adanya kerusakan hardware. Tapi untuk antisipasi dan gambaran, kerusakan hardware memang terkadang bisa mengakibatkan perangkat kita mengalami restart secara terus menerus. Diantara kerusakan hardware yang bisa mengakibatkan hal ini adalah kerusakan atau error pada RAM dan juga kerusakan pada mainboard. 

Jika terjadi karena hardware maka langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membawanya ke tempat servis. Ini akan lebih bijak dari pada kita mencoba memperbaiki atau membongkar sendiri padahal kita tidak memiliki kemampuan dalam bidang ini. Yang bisa kita lakukan adalah memprediksi kemungkinan terparah yaitu penggantian hardware jadi kita bisa memprediksi berapa biaya yang mungkin harus kita keluarkan untuk itu.

Sistem bermasalah
Hal kedua yang bisa mengakibatkan laptop sering restart adalah adanya masalah pada sistem operasi atau windows yang digunakan. Ini bisa terjadi karena adanya fatal error pada sistem kita dan mengakibatkan laptop tidak dapat booting degan sempurna. Solusi untuk mengatasi masalah dari penyebab ini adalah dengan melakukan penggantian sistem dengan yang baru (install ulang). Dengan mengganti sistem maka semua error yang terjadi pada sistem sebelumnya akan hilang dengan sendirinya. 

Driver tidak kompatibel
Adakalanya kita juga melakukan kesalahan dengan memasang driver laptop yang tidak sesuai. Sebagai contoh kita memasang driver laptop yang tidak sesuai dengan sistem yang digunakan atau kita memasang driver yang tidak sesuai dengan hardware yang ada. Bisa juga hal ini karena kita memasang program atau software yang tidak kompatibel dengan windows yang digunakan.

Mengatasi masalah ini tentu caranya adalah dengan menghapus driver atau program yang tidak bisa di dukung tersebut. Caranya kita bisa masuk ke cpanel kemudian ke tab remove program dan memilih program atau driver yang tidak cocok tersebut untuk di uninstall.

Terlalu panas (overheat)
Pemakaian terlalu lama juga dapat mengakibatkan laptop restart sendiri karena terkadang pemakaian terlalu lama tersebut dapat mengakibatkan laptop terlalu panas. Default-nya jika kondisi perangkat terlalu panas memang sistem secara otomatis akan melakukan restart untuk menghindari kerusakan fatal yang mungkin bisa terjadi. 

Demikianlah sedikit mengenai Mengatasi Laptop Sering Restart, mudah-mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan kita semua jika ada masalah dengan laptop yang digunakan. Panduan lain mengenai masalah seperti ini bisa kita baca dibagian akhir tulisan ini. Sampai disini, semoga bermanfaat!