Driver Acer yang Perlu Diinstall

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Daftar Driver Laptop Acer yang Perlu Diinstall - Dilema memang jika kita memiliki barang namun belum begitu mengenal barang tersebut, begitu juga dengan laptop. Misalnya saja ketika ada sedikit kekurangan dan atau kerusakan sistem dan kita ingin melakukan perbaruan.

Kali ini, berkaitan dengan hal tersebut kita akan belajar sedikit mengenai proses instalasi sebuah perangkat laptop. Yang akan kita ulas yaitu mengenai driver apa saja yang harus dipasang di sebuah laptop.

Ini sebenarnya cukup umum dan bukan hanya untuk laptop Acer melainkan berbagai produk laptop lain. Jadi meski kita menggunakan selain merk ini kita juga harus tahu driver laptop yang harus di install atau di pasang pada perangkat laptop tersebut. Dalam pembahasan ini sebagai contoh kita akan menggunakan perangkat merk Acer. 

Pada dasarnya, di perangkat komputer atau laptop akan lebih baik jika semua driver di pasang. Hal ini karena driver memang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah perangkat komputer laptop.

Tanpa driver maka laptop atau komputer tidak akan bisa berfungsi dengan semestinya mengingat driver ini adalah bagian yang untuk menjalankan berbagai perangkat keras yang terpasang. Sebagai contoh, untuk menggunakan kamera laptop maka kita harus menginstall driver camera yang sesuai dengan merek dan tipe laptop yang kita miliki.

Hal ini berlaku untuk berbagai perangkat keras lain yang semuanya membutuhkan driver untuk pemakaiannya. Lalu, apa saja driver yang perlu diinstall dalam laptop kita tersebut? Jawabannya adalah semua driver yang dibutuhkan untuk laptop acer tersebut. Apa saja drivernya? Driver yang harus di install bisa kita bagi menjadi dua kelompok yaitu:

1) Driver umum
2) Driver khusus

Driver umum disini merupakan berbagai driver untuk perangkat paling penting. Minimal, dalam sebuah laptop acer harus sudah terpasang berbagai driver tersebut sebelum bisa dijalankan. Daftar driver yang perlu di install tersebut yaitu antara lain:

1) Driver Chipset
2) Driver VGA
3) Driver Sound
4) Driver LAN
5) Driver Camera

Beberapa driver tersebut adalah komponen utama; chipset untuk prosesor, VGA untuk tampilan layar, sound untuk suara, lan untuk koneksi internet dan camera untuk kamera. Selain beberapa driver di atas tentu saja masih banyak driver lain yang harus di pasang dalam laptop yang kita miliki. Untuk mengetahui daftar driver lengkap yang harus di instal maka kita bisa masuk ke "device manager" dimana di sana akan ada daftar semua driver yang belum terinstall.

Daftar Driver Laptop
Daftar Driver Laptop yang Perlu Diinstall

Untuk masuk ke device manager klik kanan di my computer, pilih properties, klik hardware lalu klik device manager. Di sana akan ada daftar driver lengkap baik yang sudah di instal maupun yang belum terinstal. Jika ada driver yang belum terpasang maka disana akan ada tanda, biasanya tanda seru di bagian nama driver yang belum di pasang.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai Driver Perlu Diinstall pada perangkat laptop kita. Untuk melengkapi pembahasan ini silahkan baca juga beberapa informasi seputar komputer laptop lainnya di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat.