Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160 - Dengan semua keterbatasan kita sering sekali mengalami kendala saat bekerja di kantor khususnya berkaitan dengan perangkat pencetak yaitu printer. Meski hanya masalah sepele namun hal tersebut tetap saja akan mengganggu hasil cetak kerja kita. Hal itu bisa saja terjadi pada anda, seperti misalnya saat anda menggunakan printer canon MP160 dan mengalami eror.

Apa yang akan kita bahas kali ini adalah berkaitan dengan masalah eror tersebut yaitu khususnya untuk jenis Error E3 Canon MP160. Belum mengalami masalah seperti ini itu bukan berarti anda tidak akan menghadapinya besok apalagi jika anda menggunakan jenis printer yang sama. Maka dari itu jika anda menggunakan printer canon ini kenapa tidak mulai belajar dengan membaca sedikit uraian ini?

Agar bisa memberikan selusi atas masalah printer yang dihadapi maka kita akan belajar mulai dari awal, yaitu menyangkut beberapa pembahasan tentang:

a. Pengertian eror E3 pada Canon MP160
b. Penyebab terjadinya eror
c. Cara mengatasi

Satu persatu akan kita bahas mulai dari apa yang dimaksud dengan eror ini, penyebab dan cara penanganan masalah tersebut.

Seputar Error E3 Canon MP160
Jika yang disebutkan hanya kode eror-nya saja mungkin tidak semua orang tahu dan paham apa maksudnya. Kita mulai dari pengertian kode, eror E3 pada canon MP160 adalah paper jam - biasanya begitu - yaitu berkaitan dengan proses berjalannya kertas pada mesin printer anda. 

Hal yang bisa dicurigai adalah penarik kertas (ASF) mengalami kerusakan. Kerusakan pada komponen ASF ini bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari patah, terganjal dan lain sebagainya. Hal yang bisa dilakukan untuk Mengatasi Masalah Error E3 Canon MP160 ini tentu adalah memastikan fungsi ASF berjalan dengan semestinya.

Kita harus melakukan pengecekan secara menyeluruh pada bagian ini, cari bagian yang menjadi masalah, baru setelah itu kita bisa menentukan penanganan seperti apa yang bisa dilakukan. Anda tidak bisa memperbaiki masalah ini tanpa membongkar mesin anda, jadi jika anda tidak begitu paham pastikan anda melakukannya dengan benar.

Langkah Mengatasi Error E3 Pada Canon MP160
Ada solusi mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah printer seperti ini yaitu dengan langsung membawanya ke jasa servis yang lebih berpengalaman. Ini baik dan sangat disarankan apalagi jika anda tidak begitu paham dengan servis printer.

Meski demikian, anda bisa belajar mengatasinya sendiri dengan melakukan uji coba trial and eror dimana hal ini sangat beresiko. Jika anda berani menanggung kegagalan maka tidak ada salahnya mencoba memperbaiki eror E3 ini sendiri. Mau tahu bagaimana cara melakukannya?

Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara membongkar printer. Setelah membuka semua baut casing dan mengangkat casing printer beserta scanner unitnya maka selanjutnya membuka rumah / tempat katrignya (Carriage Catridge) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160

Setelah membuka semua baut yang mengikat Carriage Catridge-nya lalu diangkat ke atas sedikit dan tidak usah sampai melepasnya yang penting anda sudah mendapat ruang untuk membuka blok ASF-nya itu sudah cukup.

Selanjutnya buka rangkaian ASF-nya dan dilanjutkan dengan membersihkan gear (gigi) yang saling bersinggungan, pastikan pergerakan gearnya lancar. 

Setelah melakukan perbersihan dan pelumasan selanjutnya pasang kembali dan di uji. Akan tetapi, jika anda tidak mau repot sebaiknya langsung mengganti saja gear-nya seperti gambar yang ditunjukkan di bawah.


Hal ini bisa anda lakukan terutama setelah anda membersihkan bagian tersebut tetap saja tidak berfungsi normal kembali karena kemungkinan ada aus dalam komponen tersebut. Setelah diganti, silahkan rangkai semua jadi satu seperti semula lalu diuji kembali. Semestinya ASF-nya telah berfungsi normal kembali. 

Perlu diingatkan lagi bahwa proses yang dilakukan memang berisiko, jadi jika anda mencoba Cara Mengatasi Error E3 Canon MP160 ini pastikan anda mengerjakannya dengan hati-hati. Karena apa, segala kerusakan lanjut atas perlakuan perbaikan tentu akan menjadi tanggungan anda sendiri.

Jika anda ragu sebaiknya anda bawa saja ke tempat servis yang lebih berpengalaman. Itu saja, mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas bisa menambah ilmu dan referensi kita semua khususnya yang sedang mendalami mengenai perangkat keras printer. Silahkan lanjut dengan beberapa panduan servis lainnya di bagian bawah. Trims