Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Apakah anda ingin belajar tentang Cara Memperbaiki Cartridge Canon yang Rusak dan juga tidak terdeteksi? Bisa, bisa, anda bisa belajar dengan mempelajari panduan dasar perbaikan atau servis yang akan kita bahas kali ini.

Kita akan coba menggali sedikit pengetahuan yang mungkin saja belum menjadi kepandaian kita. Pada umumnya kerusakan yang terjadi pada komponen printer yang satu ini tidak ditangani oleh pengguna melainkan hanya teknisi saja yang melakukannya.

Biasanya, jika Cartridge Printer sudah tidak terdeteksi langsung dibuang saja dan diganti dengan yang baru. Bagaimana dengan anda, apakah anda ingin belajar coba-coba memperbaikinya? Semua langkah perbaikan pasti akan bermula pada pencarian terhadap penyebab kerusakan.

Dengan menelusuri penyebab kerusakan yang terjadi maka kita akan tahu posisi kerusakan secara pasti dan bisa menentukan langkah perbaikan yang dibutuhkan. Sama saja dengan Memperbaiki Cartridge, kita cari tahu terlebih dahulu sebabnya baru kita tentukan langkah perbaikannya.

Sebagai langkah awal kita akan telusuri penyebab kerusakan, penyebab cartridge canon rusak secara umum ada dua macam, yaitu rusaknya head cartridge dan rusaknya chip cartridge. Beda kerusakan tentu beda penanganan, jika anda ingin tahu silahkan ikuti penjelasan berikut!

A. Head Cartridge Printer Canon Rusak

Permasalahan pertama yang akan kita pelajari adalah mengenai kerusakan pada head. Head cartridge rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu antara lain sebagai berikut:
  1. Penyumbatan akibat tinta yang mengering, sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta saat digunakan proses mencetak.
  2. Kotoran atau sering kali debu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta, sehingga menyumbat lubang-lubang head (nozle).
  3. Panas berlebih akibat head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
  4. Ujung head tergores akibat benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras. diameter lubang head cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan mudah sekali rusak.

Solusi mengatasi Head Cartridge yang rusak
Head cartridge rusak yang masih bisa diperbaiki yaitu : head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal debu yang masuk bercampur tinta. Solusi penanganan tergantung kondisi kerusakan head cartridge, dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.

  • Penyumbatan ringan: Lakukan proses cleaning menggunakan software dari bawaan printer, jika masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning menggunakan software bawaan printer juga. 
  • Penyumbatan sedang: Dengan menggunakan alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun mudah cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan. 
  • Penyumbatan berat: Rendam head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (tentu saja bukan sembarang cairan cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampai kena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga menggunakan toolkit penyedot cartridge. 
  • Penyumbatan extra berat: Tidak bisa dijelaskan dengan mendetail, tapi intinya menggunakan printer Canon (yang sudah tidak dipakai/rusak) yang dimodifikasi diambil fungsi vakumnya. Nah... Vakum inilah yang akan kita manfaatin untuk membersihkan penyumbatan pada cartridge tersebut, cara kerjanya adalah dengan membuat sirkulasi aliran menggunakan bantuan vakum printer Canon bekas yang telah dimodifikasi. Untuk membuat aliran sirkulasi tersebut, kita cukup menggunakan cairan cleaner. 
Setelah mengenai masalah di atas, sekarang Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon akan kita lanjutkan dengan permasalahan kedua yaitu pada kerusakan chip.

B. Memperbaiki Chip Cartridge Canon rusak

Chip Cartridge yang rusak bisa ditandai dengan pesan-pesan error pada komputer seperti : unrecognized cartridge, not compatible atau cartridge belum terpasang, yang intinya cartridge yang rusak harus diganti, namun jangan diganti terlebih dahulu, siapa tau kita dapat memperbaikinya sendiri, semoga cara berikut bisa membantu.

Penyebab Chip cartridge rusak
  • konsleting pada konektor akibat terkena cairan misal tinta.
  • kelebihan arus akibat tegangan listrik yang tidak stabil.
  • kotoran yang melekat pada konektor chip cartridge.
  • yang terakhir adalah kerusakan yang disebabkan oleh pembuat cartridge itu sendiri. Untuk jenis kerusakan yang satu ini belum dipastikan juga kebenaranya, namun pada kenyataannya, dari informasi-informasi yang didapat, sering kali terjadi kerusakan pada cartridge yang sudah habis level tintanya atau yang sudah beberapa kali disuntik di isi ulang (refill). 
Jadi sepertinya pihak produsen memang sengaja membuat cartridge yang hanya sekali pakai sampai tinta habis dan cartridge itu dirancang untuk merusak dirinya sendiri begitu level tinta original habis.

Tentu saja tujuan produsen tersebut agar pembeli tidak bisa lagi mengisi ulang atau menggunakan kembali cartridge printer yang telah habis tersebut dan ujung-ujungnya dituntut untuk membeli tinta dari cartridge original.

Solusi Cara mengatasi Chip Cartridge yang rusak
  • Chip kotor: bersihkan menggunakan cairan alkohol, usapkan dengan tisu pada bagian konektor chip yang kotor
  • Chip rusak: cara ini kadang bisa membantu, tingkat keberhasilannya 50:50. Tidak ada salahnya juga untuk dicoba, jika masih ada kemungkinan untuk berhasil. Yaitu dengan cara memanaskan konektor chip menggunakan ujung solder. caranya :
  • Gunakan solder dengan ujung yang lancip.
  • Panaskan solder dengan panas sedang.
  • Oleskan FLUX solder pada conector chip, agar kabel flexible chip tidak rusak terkena solder nantinya. 
  • Tempelkan ujung lancip solder pada masing-masing konektor chip cartridge selama kurang lebih 5 detik (hati-hati jangan sampai mengenai kabel flexible nya), lakukan dengan hati-hati.

Hal paling bijak jika kita akan belajar memperbaiki sendiri kerusakan yang ada adalah anda bisa memanfaatkan komponen yang mungkin tingkat kerusakannya sudah parah. Belajar terlebih dahulu jadi setelah mencobanya sendiri anda bisa mengetahui langkahnya lebih detail.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon

Dengan mempelajari tips cara memperbaiki cartridge canon rusak dan tidak terdeteksi diatas diharapkan anda bisa mendapatkan manfaat atas pengetahuan tersebut. Cara di atas bisa diterapkan pada beberapa jenis cartridge lain seperti printer HP dengan karakteristik yang sama.