Inkjet atau Laserjet, Manakah yang Lebih Bagus

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Mana yang akan anda pilih, Printer Inkjet atau Laserjet, Manakah yang Lebih Bagus menurut anda? Ingat ya, dalam memilih tentu saja anda harus membandingkan secara objektif agar bisa terlihat jelas masing-masing kelebihan dan kelemahan yang ada.

Tentu saja, anda tidak bisa dengan gampang nya mengatakan printer Inkjet lebih bagus atau sebaliknya. Anda harus mendalami kedua jenis printer tersebut sebelum menjatuhkan pilihan.

Jika anda menanyakan pertanyaan tersebut kepada saya maka saya akan menjawab bahwa tidak ada yang lebih bagus diantara keduanya, dua-duanya bagus tergantung dengan pengguna masing-masing. Kenapa demikian, anda akan mendapatkan penjelasan atau alasannya dari uraian yang akan saya berikan.

Benar jika kita mengatakan bahwa masing-masing jenis printer ini memiliki kelebihan sedangkan kelemahannya akan jelas terlihat jika kita bandingkan dengan kebutuhan yang kita miliki. Untuk itulah, jika kita ingin mendapatkan printer yang paling bagus maka cara yang paling tepat adalah dengan melihat kebutuhan yang kita miliki.

A. Perbandingan Kualitas Printer Inkjet dan Laserjet

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kedua jenis printer ini maka sebaiknya kita bandingkan beberapa komponen vital didalamnya. Komponen-komponen yang bisa kita bandingkan untuk mengetahui sisi kualitas keduanya antara lain sebagai berikut:

1. Desain dan bentuk
2. Ketahanan produk
3. Hasil cetakan
4. Biaya cetak
5. Suku cadang dan keperluan perbaikan

Untuk desain dan bentuk tentu akan menitik beratkan pada ukuran dan fungsi. Disini, jika dilihat printer inkjet lebih memiliki bentuk yang proporsional dan cukup kecil sehingga dapat dengan mudah ditempatkan dimana saja.

Berbeda dengan inkjet, printer laserjet cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat. Hal ini dikarenakan fungsi yang ditawarkan printer jenis ini yang serupa dengan mesin fotocopy.

Dari sisi ketahanan produk, menurut pengalaman akan sangat tergantung dengan merk dan juga seri produk printer tersebut. Ada printer inkjet yang bisa tahan sampai diatas 5 tahun dalam kondisi pemakaian normal tetapi ada juga yang hanya bertahan dibawah satu tahun. Printer laser pun demikian, daya tahannya akan sangat tergantung pada merk dan seri printer.

Dari sisi hasil cetakan, Perbandingan Hasil Cetak pada Printer Inkjet dan Laserjet tidak berbeda jauh. Kedua printer ini bisa dikatakan unggul dari sisi masing-masing. Untuk inkjet cetakan yang dihasilkan cenderung lebih basah dan melebar, tampak lebih pekat namun kurang begitu detail atau jelas.

Hal ini dikarenakan tinta yang digunakan berupa cairan. Hasil cetak untuk printer ini juga tidak tahan terhadap air jadi mudah luntur.

Untuk laser hasil cetakan lebih tajam dan tahan terhadap air karena menggunakan jenis toner sebagai tintanya. Pada printer laser ini waktu pencetakan juga lebih cepat dan dapat lebih banyak. Selain itu hasil cetakan terlihat lebih detail namun kurang begitu pekat dan bisa dikatakan hampir sama dengan hasil cetakan foto copy.

Untuk Perbandingan Harga Inkjet dan Laserjet tidak bisa dibandingkan langsung, namun secara umum harga printer inkjet lebih murah jika dibandingkan dengan jenis laser. Hal ini dikarenakan kebanyakan printer inkjet hanya menyediakan fitur cetak saja sedangkan printer laserjet banyak yang menyediakan fitur tambahan misalnya saja printer jenis print scan copy.

B. Secara Keseluruhan Lebih Bagus Inkjet atau Laserjet?

Kalau dilihat dari keseluruhan tentu saja - saya pribadi - lebih memilih jenis printer laser. Beberapa alasan kenapa saya memilih printer laserjet adalah sebagai berikut:

1. Hasil cetak lebih tajam dan lebih tahan luntur
2. Fungsinya lebih banyak
3. Biaya cetak keseluruhan lebih murah

Meski demikian, bukan berarti printer jenis inkjet itu tidak bagus. Printer inkjet juga memiliki kelebihan sendiri yang bisa menjadi dasar kita untuk menggunakannya. Kalau di lihat beberapa alasan yang bisa diambil untuk menggunakan printer jenis inkjet antara lain:

1. Harganya lebih murah
2. Tinta dan suku cadang lebih terjangkau

Meski biaya cetaknya mungkin saja lebih mahal namun harga tinta printer jenis inkjet lebih terjangkau karena kapasitasnya lebih kecil jika dibandingkan dengan tinta toner untuk laser.

Secara keseluruhan jika anda ingin memilih printer mana yang sebaiknya kita gunakan inkjet atau laserjet maka kita bisa membandingkan kebutuhan yang ada.

Jika kita hanya membutuhkan perangkat printer untuk mencetak dokumen biasa dengan jumlah sedikit untuk kebutuhan sehari-hari maka kita bisa memilih printer inkjet yang harganya lebih terjangkau.

Jika kita ingin membeli printer untuk usaha yang memiliki fitur lebih dengan harga cetak dan kualitas cetak memadai maka kita bisa memilih printer laserjet.

Inkjet atau Laserjet, Manakah yang Lebih Bagus

Menurut pengalaman, printer inkjet lebih cocok untuk kebutuhan rumahan sedangkan printer laserjet lebih cocok untuk kebutuhan bisnis. Saya rasa itu saja perbandingan printer laserjet dan inkjet yang bisa saya bahas kali ini. Semoga dengan ini kita semua bisa menentukan mana yang lebih baik inkjet atau laser.