Printer HP TopShot LaserJet Pro M275

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Untuk printer ini tentu saja yang ingin membeli biasanya membutuhkan Review Printer HP TopShot LaserJet Pro M275 tersebut sebagai gambaran awal. Dengan membaca berbagai detail dari review tersebut diharapkan kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai pertimbangan. Di dalamnya kita dapat mengetahui berbagai kelebihan printer, kelemahan, fitur andalan dan informasi lain seperti harga dan juga dukungan driver dan suku cadang. 

Kalau kita lihat, semakin hari teknologi semakin cepat berkembang, tak terkecuali juga dengan teknologi mesin pencetak seperti printer. Untuk yang satu ini teknologi-nya masih tergolong baru dan belum banyak digunakan di masyarakat umum. HP TopShot LaserJet Pro M275, memberikan sentuhan berbeda para perangkat pencetak yang ditawarkan yaitu dengan teknologi pemindai objek tiga dimensi (3D), bagus bukan?

Dengan bahasa yang sederhana, printer ini merupakan gabungan teknologi kamera dan mesin cetak. Hal ini bisa dilihat dari fitur scan yang mampu memproses objek 3D. Tentu saja, kemampuan ini sangat bermanfaat untuk berbagai kegiatan dan kebutuhan yang anda miliki. Lalu bagaimana dengan spesifikasi lainnya?

Spesifikasi HP TopShot LaserJet Pro M275

Jenis printer ini merupakan jenis printer laser yang multifungsi yang disuguhkan untuk kebutuhan khusus scan objek tiga dimensi. Printer yang juga dikenal dengan sebutan HP Laserjet Pro 200 Color M275NW ini merupakan jenis printer yang masih tergolong baru di tanah air. Hasil cetaknya cukup bagus dan fitur serta kemampuannya pun bisa diandalkan dengan baik. Anda bisa menggunakan printer ini untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan kantor. Sebagai gambaran silahkan lihat beberapa detail berikut:

- Fitur print, scan, dan copy 
- Menggunakan ARM 11 embedded processor 600 Mhz 
- Memori 128 mb
- Maksimum duty cycle perbulan hingga 20.000 halaman

Untuk ukuran, printer multi warna ini masih bisa dikatakan kecil dan dapat dengan mudah anda tempatkan di berbagai lokasi. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan anda jika anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas. Jika anda lihat dari sisi desain ada keunikan tersendiri pada printer ini dimana printer ini menyediakan panel layar khusus berukuran 3,5 inci yang berfungsi sebagai review. Selain untuk preview, panel tersebut juga dapat anda gunakan untuk berselancar di internet, anda bisa mencetak file lebih mudah dengan screen tersebut. 

a. Touchscreen yang berukuran 89mm sebagai alat navigasi
b. Port USB 2.0 dan Ethernet
c. Dimensi fisik 468 x 470 x 495 mm
d. Berat 18,3 kg
e. Wireless nirkabel
f. Protokol ePrint dan AirPrint

Fungsi cetak pada HP Laserjet Pro 200 Color M275NW mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan 14 halaman per menit dengan mode kertas A4 dan 4 halaman permenit untuk dokumen warna, dengan resolusi cetak up to 1200 x 1200 dpi berkat teknologi HP ImageREt 2400 dan HP Color Sphere toner technology.

Kemampuan tersebut sayangnya tidak didukung dengan kemampuan auto duplex printing sehingga anda harus menggunakan manual duplex printing jika menggunakan jenis printer ini. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu kelemahan yang harus ditutupi produk terbaru tersebut. Selanjutnya silahkan lihat beberapa poin lain berikut.

- Kecepatan meng-copy hingga 17 cpm (copy per minute) monokrom dan 4 cpm untuk copy warna 
- Resolusi hingga 300 x 300 dpi
- Maksimum mode copy sampai dengan 99 halaman
- Paper tray dapat diisi dengan 150 lembar

Yang menjadi andalan dari produk ini adalah fasilitas scanner yang disertakan. Scanner yang ada mampu melakukan scan objek benda sampai 150 mm dengan bentuk kamera 8 Mega Pixel dengan lampu LED flash pada kedua sisi, lumayan menakjubkan memang. Dalam balutan fitur tersebut HP memberikan fasilitas TopShot Scanning untuk memindai objek secara 3D.

Kelemahan dan Harga Printer HP TopShot LaserJet Pro M275

Dengan teknologi pemindaian yang diberikan tentu pengguna dapat leluasa memindai objek tiga dimensi yang dibutuhkan. Meski begitu teknologi ini juga memiliki beberapa keterbatasan. Sebagai contoh, hasil pemindaian objek memang cukup baik selama ukuran produk cukup kecil dan warna nya tidak terlalu mengkilap.

Jika warna produk objek mengkilap, alat scanner pemindai ini akan mengalami kesulitan menangkap image secara detail, selain itu ada juga batasan pada ukuran ketinggian objek yang dapat discan, karena akan menghasilkan distorsi pada image scan karena ada bagian yang tidak proporsional dan terlalu dekat ke kamera. Lalu bagaimana dengan harga yang harus kita bayarkan?

Printer HP TopShot LaserJet Pro M275

Tidak terlalu mahal sebenarnya, printer multifungsi ini bisa anda dapatkan dengan harga resmi sekitar empat jutaan, terjangkau bukan? Ya, dengan harga tersebut kemudahan scan yang ditawarkan tentu bisa memanjakan anda dalam memenuhi kebutuhan scan khusus anda. Meski begitu, jika anda tidak begitu membutuhkan scanner handal yang ditawarkan maka produk ini akan terbilang mahal dan tidak cocok untuk anda miliki. Tentunya semua tergantung pada kebutuhan anda masing-masing.