Mengatasi Cetakan Print Terlalu Basah

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Mengatasi Cetakan Print Terlalu Basah - Pernahkah anda mengalami hasil cetak kurang memuaskan seperti misalnya cetakan terlalu basah? Ini adalah pengalaman yang kurang menyenangkan dimana kita mendapati hasil cetakan printer kesayangan terlalu basah sehingga tulisan atau gambar yang dihasilkan tidak tajam. Masalah cetakan terlalu basah ini ada yang tidak begitu berpengaruh tapi ada juga yang sampai melebar ke mana-mana. Apa yang menjadi penyebab masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Hasil cetakan printer terbaik adalah hasil print yang masih menggunakan tinta bawaan printer, tapi sayangnya hal ini tidak bisa berjalan lama. Beberapa waktu setelah membeli printer baru biasanya tinta bawaan akan segera habis. Setelah itulah kita harus dihadapkan pada masalah kualitas cetakan yang tidak seperti sebelumnya. Kadang hasil printer buram, garis nya tidak tegas atau bahkan terlalu basah, itulah yang akan kita bahas pada artikel khusus printer pada kesempatan ini.

Cetakan kertas printer seperti itu tentu tidak menjadi persoalan jika hanya untuk kebutuhan kita sehari-hari namun bagaimana jika dokumen yang kita cetak adalah dokumen berharga atau dokumen orang lain? Tentu saja kualitas hasil cetakan printer tetap harus dipertahankan. Hal inilah yang kemudian akan menggiring kita pada masalah khususnya jika kita mendapati cetakan printer terlalu basah. Sudah jelas, jika hasil cetakan seperti itu maka kualitas dokumen nya juga akan berkurang. Dokumen yang di cetak bisa saja tidak terlihat jelas, kotor atau bahkan kabur.

Penyebab Hasil Cetakan Terlalu Basah

Sebelum kita berbicara mengenai bagaimana solusi untuk masalah yang sedang kita hadapi ini kita akan mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Untuk itu tentunya kita akan memeriksa terlebih dahulu perangkat printer yang kita gunakan. Kita dapat mulai dengan memeriksa beberapa kemungkinan penyebabnya sebagai berikut:

1. Salah mengisi tinta
2. Tinta tidak cocok
3. Tinta terlalu encer
4. Tekanan udara pada cartridge terlalu kuat
5. Update harga ram ddr3 semua merk terbaru
6. Update harga motherboard amd fm1 baru
7. Daftar harga prosessor intel lga 775

Sebelum kita mengalami masalah ini apakah kita baru saja mengisi tinta printer kita? Jika benar, kita harus memastikan bahwa kita tidak salah dalam mengisi tinta tersebut. Kesalahan mengisi tinta khususnya yang dapat menyebabkan hal seperti ini bisa saja karena kita mengisi printer dengan tinta yang salah, bisa salah merk atau lainnya.

Bisa juga, masalah seperti ini disebabkan karena tinta yang kita gunakan tidak cocok, contohnya jika pertama kita menggunakan tinta printer merk A kemudian kita ganti dengan tinta merk B. Hal ini bisa terjadi karena masing-masing tinta memiliki karakteristik tersendiri dan masing-masing printer pun sudah disediakan tintanya sendiri. Jadi, terkadang kita tidak sadar mengganti tinta printer dengan merk lain yang ternyata tinta tersebut terlalu encer untuk jenis printer yang kita miliki.

Hal lain yang dapat mengakibatkan cetakan print terlalu basah adalah karena adanya tekanan udara yang berlebih pada cartridge. Masalah seperti ini biasanya banyak terjadi pada printer yang di infus terutama saat tabung tinta penuh dan posisi penempatan nya terlalu tinggi. Pada beberapa kasus yang parah bahkan masalah ini selanjutnya bisa membuat tinta bocor dan banjir di cartridge printer. Lalu, jika terjadi demikian bagaimana cara kita untuk mengatasi cetakan print terlalu basah tersebut? Khusus masalah ini uraiannya akan di jelaskan langsung namun jika mengalami masalah lain mungkin kita perlu tahu dan perlu juga membaca artikel sebelumnya yaitu masalah hasil cetak printer cara mengatasinya.

Tips Mengatasi Cetakan Print Terlalu Basah

Dalam memperbaiki sesuatu kita harus mengetahui detail kasus yang sedang terjadi, untuk itu, pada masalah ini hanya kita saja yang bisa dengan akurat menentukan penanganan seperti apa yang paling cocok untuk mengatasinya. Hal terbaik sebenarnya menyerahkan kepada ahlinya, tapi tentu itu bukanlah solusi karena kita mempelajari masalah ini sekarang karena ingin mengatasinya sendiri tanpa bantuan tukang servis, benar bukan?

Nah, jika memang demikian, maka kita bisa memulai proses ini dengan mengidentifikasi terlebih dahulu bagaimana gejala yang sebenarnya. Setelah itu kita bisa mencoba mencari potensi sumber kerusakan atau masalah yang sedang kita hadapi. Baru setelah memiliki gambaran jelas mengenai dua hal tersebut selanjutnya kita dapat menuju langkah perbaikan. Sekedar catatan saja, dalam mengatasi masalah hasil print terlalu basah ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut:

1. Periksa semua komponen printer terlebih dahulu
2. Periksa tinta yang kita gunakan
3. Lihat bagaimana kondisi cartridge
4. Lakukan perbaikan sesuai gejala penyebab yang ada

Kami pernah mengalami kasus seperti ini dimana printer canon 2770 yang digunakan menghasilkan cetakan yang terlalu basah. Setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh akhirnya masalah pun dapat diketahui yaitu karena pada printer ini telah digunakan merk tinta yang berbeda. Masalah ini teratasi saat dilakukan penanganan dengan membersihkan sisa tinta pada cartridge dan mengganti tintanya dengan tinta standar merk yang sesuai rekomendasi.

Pada kasus lain ada juga sebuah printer (yang sudah di infus) mengalami masalah yang sama. Awalnya hasil cetakan terlalu basah namun lama kelamaan tinta pun banjir dan menetes pada cartdridge. Penyebab masalah ini adalah karena tekanan udara yang melebihi batas kemampuan cartridge sehingga mengakibatkan cartridge jebol. Masalah ini dapat teratasi dengan mengurangi tekanan pada cartridge.

Secara khusus, untuk masalah tinta terlalu basah yang paling sering terjadi adalah karena penggunaan tinta yang tidak sesuai dengan spesifikasi cartridge yang digunakan. Solusinya adalah dengan mengganti tinta yang digunakan dengan tinta yang sesuai dan disarankan oleh produsen.

Merujuk dari sedikit penjelasan di atas jadi dapat kita simpulkan bahwa Mengatasi Cetakan Print Terlalu Basah tidak bisa sama pada masing-masing kasus. Secara khusus cara mengatasi masalah ini harus kita sesuaikan dengan penyebab yang ada. Masalah ini bisa selesai bisa hanya dengan mengganti tinta yang digunakan dan dalam kasus yang ekstrem dengan mengganti cartridge printer. Itu saja, semoga apa yang disampaikan disini dapat bermanfaat.