Canon ImageClass MF4550d, Printer Usaha Kecil

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Ada lagi satu pilihan printer yang lumayan cocok untuk kebutuhan usaha kecil yaitu sebuah printer terbaru yang dari produsen Canon. Printer ini adalah "Canon ImageClass MF4550d", merupakan sebuah printer laser monokrom yang memiliki kapasitas lumayan untuk kita gunakan dalam usaha kita. Supaya mendapatkan gambaran bagaimana printer dari Canon ini maka kita akan mengulas lebih jauh. Sebelum menjatuhkan pilihan sudah tentu kita perlu mencari tahu terlebih dahulu bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kelemahan serta harga dari printer tersebut.

Apakah printer ini benar-benar cocok untuk usaha kita, mari kita lihat selengkapnya berikut. Canon ImageClass MF4550d ini merupakan salah satu jenis printer laser multi-fungsi dari Canon. Printer ini banyak yang merekomendasikan cocok untuk kebutuhan usaha kecil seperti misalnya warnet, rental komputer, usaha pengetikan dan lain sebagainya. Printer Usaha Kecil ini karena merupakan printer multi maka dilengkapi dengan beberapa fitur sekaligus yaitu:

1. Fitur print
2. Fitur copy
3. Fitur scan
4. Fitur fax

Dengan empat kemampuan sekaligus dalam satu printer tentu kita akan lebih menghemat pengeluaran jika hendak digunakan sebagai kebutuhan pribadi maupun usaha skala rumahan. Untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari printer ini bisa dikatakan sudah cukup lengkap dan cukup bagus . Lalu bagaimana dengan spesifikasi dari printer tersebut?

Pertama, printer ini dilengkapi dengan kapasitas memori 64Mb dan juga dilengkapi dengan teknologi Canon UFR II LT yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas printer khususnya dalam hal kecepatan cetak dan juga hasil yang diberikan. Kedua teknologi tersebut didukung dengan teknologi On-Demand serta kompresi data menggunakan UFR II LT tersebut memberikan pengaruh pada efisiensi kita dalam menggunakan printer tersebut.


Spesifikasi Canon ImageClass MF4550d

Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai produk printer ini tentu saja kita harus mempelajari bagaimana spesifikasi yang dimiliki. Hal ini tentu untuk pertimbangan apakah benar printer ini merupakan printer usaha kecil yang cocok. Untuk masalah spesifikasi ini terlebih dahulu mari kita lihat beberapa poin di bawah ini.

  • Warm up time sekitar 8 detik
  • Desain cukup kecil
  • ADF (Auto Document Feeder) dapat menampung hingga 35 lembar
  • Desain simple dan elegan
  • Warna greylight pada bagian samping dan atas serta warna hitam doff pada bagian depan dan belakang 
  • LCD display 5 Line monokrom pada bagian depan printer
  • Tombol Panel controltertata rapi dan mudah digunakan
  • Lihat juga: printer portabel fujifilm instax share sp1

Pertama kali di hidupkan mesin printer ini hanya membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk proses pemanasan, sudah cukup cepat untuk dapat menopang kebutuhan kita yang harus dapat menggunakan waktu semaksimal mungkin. Selain itu printer ini memiliki desain yang cukup kecil jika kita lihat dari kapasitas atau fitur yang di bawa. 

Dengan desain sederhana dan elegan tentu printer ini cocok jika kita gunakan di kantor. Printer ini juga memiliki ADFdengan daya tampung mencapai 35 lembar dengan layar panel yang cukup mudah untuk mengakses fitur yang ada. Bagaimana, apakah cukup sesuai dengan kebutuhan kita? Supaya lebih jelas mari kita lihat detail berikut!


Spesifikasi Canon ImageClass MF4550d
Printer Features
Printing Type 
Monochrome
Printing Technology 
Laser
Available Functions 
Print, Scan, Copy, Fax
Print Speed Black (PPM-A4) 
25
Standard Memory  (MB)
64MB

Copier Features
Reduction and Enlargement  (Percentage)
25 - 400
Halftone 
256 Levels
Monochrome Copy Speed (PPM-A4) 
25
Copier Type 
BW Laser

Scanner Features
Scanner Type 
CIS

Fax Features
Modem Speed  (Kbps)
Up to 33.6

Media Handling
Paper Size 
A4
Automatic Document Feeder 
Yes
Duty Cycle  (Pages per month)
10000
Output Plain Paper 
100

Connectivity
USB Port 
Yes
Dimensions
Dimensions (W x D x H) 
390 x 421 x 370
Weight 
11.2
After Sales Service
Warranty Period 
1 Year

Dari spesifikasi di atas dapat diketahui bahwa printer ini memiliki dimensi fisik 390 x 421 x 370 mm dan memiliki berat 11,2 kg. Untuk ukuran kebutuhan usaha tentu masih cukup memadai dengan kebutuhan yang kita miliki apalagi printer ini di dukung dengan maksimum duty cycle perbulan hingga 10.000 halaman. Lain dari pada itu, untuk mencetak format black & white atau monokrom printer ini memiliki kecepatan hingga 25 halaman per menit untuk kertas A4, sedangkan untuk kertas letter bisa mencapai 28 halaman. Kalau resolusinya, printer ini memiliki resolusi cetak up to 600 x 600 dpi. Untuk mendukung kebutuhan cetak yang kita miliki printer ini juga telah dilengkapi kemampuan duplex printing untuk dua sisi pencetakan.

Kisaran Harga Canon ImageClass MF4550d

Printer laser multifungsi dari Canon ini dibanderol dengan harga resmi sekitar empat jutaan. Jika kita lihat dari spesifikasi yang di atas memang harga tersebut dapat dikatakan sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan. Untuk kebutuhan usaha kita printer ini menawarkan solusi yang cukup menarik.

Dengan dukungan berbagai fitur yang dimiliki maka diharapkan printer ini akan mampu memberikan kinerja yang cukup memuaskan dengan hasil cetak yang berkualitas. Cocok tidaknya printer ini untuk kita tentu semuanya akan sangat tergantung pada kebutuhan kita masing-masing. Jika hanya untuk kebutuhan pribadi sehari-hari maka saya rasa printer ini terlalu bagus dan kurang efektif namun jika untuk kebutuhan kantor atau usaha kecil maka ini bisa menjadi salah satu printer yang bisa kita pertimbangkan.


Canon ImageClass MF4550d, Printer Usaha Kecil
Kisaran Harga Canon ImageClass MF4550d
Rp. 4.500.000,-

Itulah sedikit yang bisa kita sampaikan sebagai bahan referensi kita semua. Dengan adanya ulasan mengenai Canon ImageClass MF4550d, Printer Usaha Kecil ini semoga kita bisa mendapatkan tambahan pertimbangan untuk printer-printer yang bisa kita pilih. Sekedar tambahan, jika kita menggunakan printer ini sudah banyak juga yang telah membagikan driver printer yang kita butuhkan. Itu saja, jangan lupa lihat beberapa pembanding lain di bagian akhir.