Laptop Lenovo IdeaPad B480, Murah!

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Laptop Lenovo IdeaPad B480, Murah! - Kalau mencari laptop pasti maunya yang harganya murah. Namanya juga konsumen jadi wajarlah, kita pasti akan selalu mencari laptop bagus yang harganya terjangkau. Bagaimana dengan "Lenovo IdeaPad B480, apakah cukup sesuai dengan kriteria yang kita miliki? Untuk referensi bagi kita yang akan mencari laptop baru berikut ini kita akan membahas beberapa informasi tentang produk laptop dari Lenovo tersebut. Nanti kita akan membahas berbagai spesifikasi produk ini dan bahkan jika mungkin kita akan menarik kesimpulan mengenai kelebihan dan juga kelemahan yang ada.

Dari banyak sumber, Lenovo IdeaPad B480 ini memang diakui banyak kalangan sebagai salah satu produk laptop windows 8 murah. Kalau dilihat dari harganya, memang laptop ini harganya tidak lebih tinggi dari 5 juta di pasaran. Tapi sebenarnya dari sisi harga tidak bisa langsung ditarik kesimpulan murah atau tidak karena kita belum melihat bagaimana kemampuan yang ditawarkan.

Ya, sebenarnya kalau sudah dibekali dengan sistem operasi windows 8 bisa dikatakan bahwa spesifikasinya mungkin sudah cukup lumayan tapi dari pada kita hanya menebak lebih baik kita lihat saja langsung lebih dalam.

Setidaknya, jika berbicara mengenai spesifikasi maka akan ada beberapa komponen penting yang biasa akan kita lihat terlebih dahulu yaitu prosesor, Ram, dan juga media penyimpanan atau hardisk. Ketiga komponen itu mutlak akan selalu menjadi perhatian kita yang pertama, lalu bagaimana dengan komponen tersebut pada laptop ini? Supaya jelas mari kita baca satu-satu spesifikasi detail masing-masing.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad B480

Sebelum lebih jauh melihat detail spesifikasi akan lebih baik jika kita tengok sejenak beberapa komponen inti laptop ini. Dari prosesor, Lenovo B480 menggunakan processor Intel Core i3-2328M dengan dibekali RAM 2GB DDR3. Untuk mendukung performa yang diinginkan laptop ini diberi harddisk sebesar 500GB, kapasitas yang cukup lumayan untuk menampung kebutuhan standar kita sehari-hari. 

Untuk kita yang dulu biasanya menggunakan P4 tentu dukungan Intel Core i3-2328M sudah cukup tangguh untuk kita gunakan dalam kebutuhan komputasi harian misalnya untuk penggunaan Microsoft Word dan sebagainya. Kalau untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak terlalu berat menggunakan laptop dari Lenovo ini kita sudah tidak perlu terlalu cemas akan kemampuan yang dimiliki. Lalu, apakah laptop ini bisa digunakan untuk keperluan bermain game atau permainan? Kalau untuk film bagaimana?

Yang biasanya menjadi pertanyaan calon pembeli laptop adalah kemampuan laptop itu untuk memutar film dengan resolusi HD dan memainkan game. Apakah si Lenovo B480 ini nyaman untuk nonton film? Intel® HD Graphics 3000 yang dibawanya bisa memutar film HD dengan lancar tanpa kita perlu takut terjadi lag. Kalau urusan main game, itu agak berbeda. Sebaiknya tidak memaksanya memainkan game kelas berat. Kalaupun kita memaksa berarti harus membuat penyesuaian dengan memainkan di resolusi menengah atau rendah.

Untuk urusan video ini, Lenovo B480 menyediakan juga konektor HDMI supaya anda bisa menonton video melalui layar TV yang lebih besar. Cukup lumayan bukan? Supaya tidak bertanya-tanya terlalu banyak maka baiknya kita lihat langsung detail spesifikasi dari Lenovo ini. Berikut spesifikasi Lenovo B480 tersebut selengkapnya.

Lihat juga: Harga toshiba c800 b820 dan spesifikasi

PlatformNotebook
Tipe ProsesorIntel Core i3 Processor
Processor OnboardIntel® Core™ i3-2328M Processor (2.20 GHz, 3M Cache) 
Memori Standar2 GB DDR3
Video TypeIntel® HD Graphics 3000
Ukuran Layar14" WXGA LED
Teknologi LayarLED
AudioIntegrated
Hard Drive Type500 GB Serial ATA 5400 RPM
Optical Drive TypeDVD±RW
NetworkingFast Ethernet
Kecepatan Jaringan10 / 100 Mbps
Wireless Network TypeBroadcom BGN
Wireless Network ProtocolIEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Wireless BluetoothAvailable
KeyboardStandard Keyboard
Ragam Input DeviceTouch Pad
Card Reader Provided6-in-1 card reader (SD/SD-pro/MMC/MS/MS-pro/XD)
Antarmuka / Interface2x USB 3.0, 2x USB 2.0, VGA, HDMI, LAN, Audio
Sistem OperasiMicrosoft Windows 8 SL 64 bit
Baterai6 Cells Rechargeable Lithium-ion Battery
Daya / PowerExternal AC Adapter
Berat2.2 kg
Kelengkapan Paket1-year Limited Warranty by Authorized Distributor

Dari spesifikasi di atas kita masih dapat menikmati fitur tambahan lain laptop Lenovo B480 ini. Beberapa fitur lain yang sangat bermanfaat di laptop Windows 8 murah ini antara lain laptop ini dibekali dengan EE3 untuk proses boot-up lebih cepat. Selain itu terdapat juga Lenovo OneKey Rescue System sebagai fitur tambahan. 

Selain dari fitur tersebut, dibagian keamanan kita juga mendapatkan fingerprint reader untuk keamanan tambahan pada perangkat tersebut. Ada juga Lenovo Energy Management yang memudahkan pengaturan daya, sehingga baterai Lenovo B480 dapat bekerja lebih lama.

Kisaran Harga Lenovo IdeaPad B480

Sebelum kita berbicara mengenai harga, akan lebih baik jika kita tarik kesimpulan mengenai produk ini yaitu dengan mengetahui kelebihan dan juga kelemahan yang dimiliki. Ya, untuk kesimpulan, Kelebihan Lenovo B480 antara lain sebagai berikut:
- Murah, kurang dari 5 juta
- Port koneksi yang banyak (2x USB 3.0, 2x USB 2.0, HDMI

Bagaimana dengan kekurangannya? Laptop ini sayangnya masih dapat kita katakan memiliki sedikit kelemahan. Kelemahan pertama yaitu belum adanya layar sentuh yang dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi windows 8 yang disematkan. Yang kedua, sayangnya laptop ini baru menggunakan Windows 8 SL, bukan versi Pro, jadi masih dirasa kurang mantap. Terlepas dari kelebihan dan juga kekurangan tersebut berapakah Harga Lenovo B480 ini?

Untuk masalah harga, produk ini di jual dengan kisaran harga sekitar Rp4.900.000. Tentu harga tersebut hanya merupakan harga kisaran yang berarti ada range perbedaan pada beberapa toko yang menjual produk tersebut. Ada harga yang lebih murah dan juga ada yang lebih mahal. Terpenting adalah jika kita memang ingin menggunakan laptop ini baik yang baru maupun yang second maka kita sebaiknya datang langsung ke toko penjual untuk mendapatkan info harga terbaru lenovo ideapad b480 tersebut.

Image Credit: Lenovo

Itu saja, semoga review yang kita hadirkan untuk Laptop Lenovo IdeaPad B480, Murah ini bisa menjadi tambahan pertimbangan bagi kita yang sedang mencari referensi laptop untuk di beli. Jangan lupa bandingkan juga produk ini dengan beberapa produk lain di bagian akhir tulisan ini.