Membeli Laptop Second (bekas) yang Bagus

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Kebutuhan akan laptop semakin meningkat, terkadang kita membutuhkan laptop second (Bekas) untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Karena bekas tentu ada kiat atau tips sendiri untuk Membeli Laptop Second (Bekas) yang Bagus. Jika sembarangan tentu resiko mendapatkan laptop jelek akan semakin besar. Jika anda ingin terhindar dari hal itu mari lihat beberapa kiat dalam memilih laptop yang akan kita beli tersebut.

Ada banyak sekali cerita dimana seseorang membeli laptop bekas dan akhirnya kecewa karena barang yang dibeli tersebut ternyata bermasalah. Memang sudah menjadi resiko membeli barang second namun tetap saja hal itu sangat menjengkelkan. Beberapa kasus yang sering terjadi dan sangat mengecewakan antara lain sebagai berikut:

1. Baru beberapa hari dipakai laptop rusak
2. Laptop tidak sesuai dengan apa yang diceritakan pemilik sebelumnya
3. Sparepart sudah tidak asli alias sudah diganti-ganti
4. Baru di beli sudah diklaim karena barang curian
5. Tidak awet dan tidak sesuai merk

Anda tidak mau hal di atas terjadi pada anda bukan? Maka dari itu jika anda hendak membeli laptop second atau laptop bekas anda harus berhati-hati dan mempertimbangkan banyak hal. Jika anda hendak membeli produk bekas anda bisa memperhatikan beberapa tips memilih laptop second berikut ini:

1. Tanyakan garansi laptop
2. Lihat detail spesifikasi laptop
3. Cek kondisi laptop
4. Tanyakan riwayat kepemilikan
5. Cek harga pasaran

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah mengenai garansi kerusakan laptop, jika anda berniat membeli laptop maka pastikan anda menanyakan terlebih dahulu masalah garansi tersebut. Jika masih ada garansi itu berarti anda bisa lanjut ke hal lain. Jika memang sudah tidak ada garansi maka solusinya anda bisa meminta garansi dari penjualnya sendiri, meski jarang ditemui tapi ini bisa menjadi solusi jika anda benar-benar berniat membeli laptop tersebut dan mengenal baik penjualnya.

Setelah sepakat dengan masalah garansi maka anda bisa ke langkah kedua yaitu mencari tahu masalah spesifikasi laptop tersebut. Tanyakan kepada pemiliknya, setelah itu pastikan spesifikasi yang dikatakan sesuai dengan barangnya. Jadi anda tidak akan terjebak jika pemiliknya curang atau berbohong. Dalam hal spesifikasi ini anda bisa langsung cek kondisi keseluruhan laptop tersebut. Anda bisa cek mulai dari kondisi fisik, kondisi baterai laptop dan lain sebagainya.

Hal yang tak kalah penting yang biasanya luput dari perhatian adalah mengenai riwayat kepemilikan. Jika sudah cocok dengan semua kriteria jangan lupa tanyakan juga riwayat kepemilikan barang tersebut. Hal ini untuk menghindarkan anda dari membeli barang hasil kejahatan seperti misalnya pencurian. Anda bisa bertanya baik-baik, jika ada hal yang mencurigakan maka anda bisa mempertimbangkan ulang untuk mengambilnya.

Jika memang terpaksa anda bisa mengajukan untuk membuat surat perjanjian agar anda bisa terbebas dari tuntutan apapun jika ternyata laptop second yang anda beli tersebut bermasalah. Sebagian orang memang alergi dengan hal seperti ini namun jika memang tidak ada masalah tentu perjanjian apapun pasti tidak akan menghalangi pemiliknya, apalagi jika harganya sesuai.

Supaya tidak membeli dengan harga yang mahal maka anda perlu juga mengecek harga pasaran produk yang anda inginkan tersebut. Dengan begitu anda bisa mengetahui harga tertinggi dan juga harga termurah laptop second yang diinginkan. Anda bisa mencari referensi dari toko laptop second atau dari review laptop bekas yang banyak tersedia di media online. Terakhir, pastikan harganya sesuai dengan produk yang ada.

Dengan memperhatikan berbagai hal di atas diharapkan anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan harga dan juga kebutuhan. Jadi, anda bisa menggunakan tips di atas untuk:

a. memilih laptop yang baik dan bagus
b. mendapatkan laptop yang berkualitas
c. memilih laptop bekas yang murah
d. memilih laptop yang bagus dan murah
e. Laptop lenovo y480 3014 untuk multimedia

Cara Membeli Laptop Second (Bekas) yang Bagus
Image Credit: laptopbekas.co.id

Yang perlu anda ingat, Membeli Laptop Second (bekas) yang Bagus tersebut tentu tidak bisa menjamin anda akan selalu mendapatkan produk yang bagus. Semua tergantung bagaimana anda memilih laptop yang akan anda beli. Jangan lupa pula, dalam memilih laptop pastikan juga anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan anda apakah kegunaannya untuk untuk game, pengetikan biasa dan lain sebagainya. 

Ingat, cara memilih laptop yang benar tentu akan memberikan kepuasan anda dalam membeli produk second hand, mudah-mudahan anda bisa mendapatkan yang terbaik dari semua pilihan yang anda miliki.