Cara Mengatasi Error P03 (E3) Canon MP258

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Mengatasi Error P03 (E3) Canon MP258 - Anda mungkin pernah mengalami masalah ini dan bingung bagaimana memecahkan masalah error yang terjadi tersebut. Jangan dulu dibongkar, jangan terburu-buru lari ke tempat servis, mungkin anda bisa membaca tutorial singkat berikut untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Memang, semua jenis printer tentu ada error-nya masing-masing, tak terkecuali juga dengan Canon MP258 ini. Saya sama sekali tidak berharap anda mengalami masalah ini dan harus mempraktikkan panduan yang akan di bahas namun jika anda sedang mengalami masalah dengan Printer Canon MP258 yang dipakai dalam kasus ini mengalami "Error P03 (E3)" maka anda bisa coba mempelajari apa yang akan disampaikan.

Pesan error ini bisa juga diindikasikan pada permasalahan Paper Jam, kalau bahasa saya masalah kertas nyelip. Sebenarnya jika anda mengalami Error P03 (E3) pada Canon MP258 yang anda gunakan hal itu tidak selalu berarti ada kertas yang tersangkut. Permasalahannya mungkin karena hal lain, tentunya anda harus memastikannya terlebih dahulu.

Jika anda mendapati Printer Canon MP258 ketika dihidupkan menampilkan error di lcd panel printer dengan kode P03 atau terkadang E3 dengan pesan yang ditampilkan di layar monitor PC/Laptop adalah pesan Paper Jam itu berarti ada kemungkinan ada masalah pada pergerakan gear printer. 

Jika tidak ada kertas yang tersangkut, Error P03 atau E3 disebabkan oleh pergerakan gear yang tidak tepat atau lancar khususnya pada bagian ASF (penarik kertas) sehingga ketika printer dihidupkan printer selalu mengira bahwa ada kertas yang masih tertinggal di dalam printer atau printer gagal menarik kertas kemudian menampilkan pesan Paper Jam pada monitor.

Untuk mengatasi Masalah Error P03 (E3) Canon MP258 tersebut, berikut langkah perbaikan yang bisa anda lakukan. 
  1. Pertama-tama, buka case atau cover printer, setelah itu buka bagian ASF yang menyatu dengan Gear Box dan Purge Unit printer. 
  2. Buka baut penutup Gear Box kemudian bersihkan bagian gear satu persatu. Bersihkan sebersih mungkin sehingga tidak ada yang menghalangi pergerakan gear-gear tersebut. 
  3. Pada kerusakan kali ini terlihat sebuah gear yang salah satu bagian gerigi-nya telah terisi dengan campuran debu dan tinta yang telah memadat dan menghalangi pergerakan gear tersebut. 
  4. Setelah pembersihan gear tersebut, pasang kembali kedalam printer dan coba di tes. 
  5. Jika setelah pembersihan Gear Box dan ternyata pesan error masih terjadi maka sebaiknya langsung ganti saja gear yang bermasalah tadi. Jika memungkinkan sebaiknya ganti Gear Box dan ASF secara menyeluruh (langsung diganti satu set).

Itulah tadi sedikit mengenai Cara Mengatasi Error P03 (E3) Canon MP258, semoga dengan adanya pembahasan ini anda bisa segera mengatasi masalah yang sedang terjadi pada printer anda. Perlu anda ingat bahwa melakukan pekerjaan servis membutuhkan keahlian khusus, jadi jika anda ingin mencoba langkah di atas pastikan anda benar-benar memahaminya. 


Cara Mengatasi Error P03 (E3) Canon MP258

Resiko kerusakan karena salah prosedur mungkin akan lebih parah jadi jika tidak yakin lebih baik anda bawa ke tempat yang lebih berpengalaman. Karena apapun yang dilakukan, semua kerugian yang mungkin timbul menjadi tanggungan anda sendiri.