Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak - Pada awal-awal belajar komputer, dulu sering sekali merubah-rubah berbagai setting atau pengaturan yang ada pada komputer bahkan pada pengaturan printer pun tak luput menjadi bahan uji coba. Karena penasaran akhirnya rasa ingin tahu ini memaksa terus menggerakkan mouse.

Saat itu saya ingat entah dari mana membuka dialog pengaturan printer yang digunakan, lelah akhirnya selesai karena semua berjalan normal meski telah diotak-atik.

Beberapa jam kemudian saat iseng mencari gambar-gambar yang menarik akhirnya memutuskan untuk mencetak beberapa gambar hasil telusur tadi, masalah pun terjadi. Printer dihidupkan seperti biasa, menyala dan normal namun setelah melakukan pencetakan dokumen ternyata ditunggu tidak ada reaksi dan cetakan pun tidak keluar.

Sontak Masalah Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak ini pun membuat pusing dan takut. Jangan-jangan printer rusak. Dalam keadaan panik akhirnya dilakukan beberapa langkah yaitu antara lain:

1. Mematikan printer dan menghidupkannya kembali (tidak ada hasil)
2. Mematikan printer dan mencabut semua kabel dan menghidupkannya kembali (tidak ada hasil)
3. Me-restart komputer (tidak juga ada hasil)

Setelah tiga langkah tersebut dilakukan nyatanya tidak juga membuahkan hasil, printer masih dalam keadaan sama seperti tadi, tidak mencetak apapun.

Itulah gambaran kejadian kenapa timbul masalah atau eror printer tidak dapat mencetak meski semua indikator lampu menyala dan normal. Setelah mencoba tenang dan mengamati semua kemungkinan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa printer tidak rusak namun ada sesuatu hal yang menghalanginya untuk mencetak.

Jika anda juga mengalami hal yang sama seperti pada cerita di atas maka anda bisa belajar bagaimana menyelesaikan masalah printer eror tersebut dengan panduan singkat berikut.

Disini anda akan diajak mengetahui bagaimana Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak seperti pada kasus di atas. Sebelum anda memastikan penyebab dan juga cara mengatasi masalah ini coba anda cek kondisi printer anda sebagai berikut:
  1. Printer yang dalam kondisi normal (lampu power hidup normal) 
  2. Kabel usb terhubung dengan baik antar CPU dengan Printer
  3. Tidak ada pesan eror di layar
Jika anda tidak dapat mencetak dengan kondisi printer seperti di atas maka kemungkinan besar printer yang anda gunakan tidak rusak. Masalah tidak bisa mencetak bisa disebabkan pada kondisi setting printer yang berada pada posisi paused atau ditunda. Anda bisa melihat status printer ini apakah paused atau tidak dengan membuka cpanel, dengan langkah sebagai berikut:

1. Buka explore
2. Pilih Control Panel
3. Pilih Printer and Fax

Setelah itu anda bisa melihat status printer yang terpasang pada perangkat komputer atau laptop yang anda gunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak

Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak


Pada gambar di atas printer yang terpasang dalam status offline, status tersebut akan berbeda sesuai dengan status printer yang anda gunakan. Jika anda mendapati status paused maka anda telah mengetahui Masalah Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak yang dialami. 

Untuk mengatasi masalah tersebut langkah yang harus dilakukan adalah merubah setting printer menjadi ready atau siap digunakan.Untuk melakukannya klik kanan pada nama printer anda kemudian pilih pause printing. Silahkan lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Cara Memperbaiki Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak
  1. Klik Start - Printer and Fax
  2. Perhatikan Status Printer pada bagian bawah nama Printer (Ready atau Paused).
  3. Klik menu Printer dan hilangkan tanda centang pada Paused untuk mengubah status printer menjadi Ready.
  4. Klik menu Printer dan berikan tanda centang pada Pause Printing untuk mengubah status printer menjadi Paused.

Cukup mudah bukan bagaimana langkah untuk mengatasi Printer Normal Tapi Tidak Bisa Mencetak tersebut. Sekarang anda bisa menggunakan printer anda untuk mencetak dengan normal. Jika anda membutuhkan panduan lain atau ingin mendalami berbagai masalah printer yang umum terjadi anda bisa membaca beberapa panduan yang ada di bawah. Itu saja, semoga bermanfaat.