Cara Reset Printer Canon Pixma MP258

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Reset Printer Canon Pixma MP258 - Kalau anda sudah lama bergerak di bidang cetak mencetak mungkin istilah "Reset" sudah tidak asing lagi bagi anda. Proses ini seringkali harus dilakukan manakala printer mendapatkan pesan eror dan tidak dapat mencetak seperti sedia kala.

Sebenarnya apa yang menyebabkan printer harus reset dan bagaimana cara melakukannya? Kondisi eror printer tidak semuanya mengharuskan proses reset ini.

Proses reset printer dilakukan jika terdapat pesan eror yang mengindikasikan bahwa media penyimpanan tinta buangan telah penuh atau yang biasa lebih dikenal dalam istilah "Ink Absorber Full".

Dalam kondisi inilah anda bisa melakukan reset, tentunya jika ada tahu bagaimana melakukannya. Sebelum lebih jauh membahas masalah ini perlu diingatkan bahwa Reset Printer Canon Pixma MP258 ini tentu tidak sama dengan reset pada printer Canon versi lama, pada versi lama.

Misalnya Canon ip1980 atau ip2770 bisa dilakukan reset sementara (temporary reset) dan sudah langsung bisa digunakan. Untuk printer Canon Pixma MP258 ini setelah reset sementara tadi harus dilakukan proses reset dengan menggunakan resetter.

Jika anda mengalami hal di atas sehingga anda harus melakukan reset para perangkat printer, sebelum melakukannya ada baiknya anda perhatikan beberapa catatan berikut:

1. Pastikan bahwa kode eror bisa di atas dengan resep (cek arti kode eror printer)
2. Masing-masing proses reset berbeda antara satu printer dengan lainnya
3. Kesalahan dalam proses reset bisa mengakibatkan printer mati total (rusak)
4. Jangan lakukan reset jika anda tidak paham caranya
5. Lakukan reset printer Canon jika printer terbaca dengan baik
6. Jika ragu, silahkan bawa saja ke tempat servis yang lebih berpengalaman

Dengan memperhatikan beberapa catatan di atas setidaknya anda bisa mengurangi resiko kerusakan yang lebih parah pada perangkat printer anda.

Jika anda ingin mencoba atau belajar reset printer canon khususnya untuk tipe Pixma MP258 anda bisa membaca sedikit penjelasan tentang bagaimana melakukannya di bawah ini. Untuk anda yang ingin belajar, berikut adalah cara reset printer Canon Pixma MP258 tersebut.

Cara Reset Printer Canon Pixma MP258

Jika anda ingin melakukan reset printer ini pertama anda harus memiliki resetter-nya terlebih dahulu. Software resetter untuk printer Canon Mp258 seperti pada gambar di bawah dapat anda cari di google, kemudian install pada komputer anda. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Matikan printer (kalau sedang On)
  2. Tekan dan tahan tombol Stop/Reset (jangan dilepas)
  3. Tekan tombol power (jangan dilepas)
  4. Lepas tombol Stop/Reset, kemudian tekan tombol Stop/Reset 2 kali
  5. Lepas kedua tombol
  6. Printer akan melakukan proses instalasi ulang driver printer Canon MP258.
  7. Jalankan software resetter Canon MP 258
  8. Klik Main (tunggu sesaat, printer mencetak selembar kertas berisi cetakan D:000.0)
  9. Klik EEPROM Clear
  10. Klik EEPROM (tunggu sesaat, printer mencetak kembali 1 lembar kertas dengan berbagai kode)
  11. Matikan printer dan hidupkan kembali
  12. Printer sudah siap digunakan
Cara Reset Printer Canon Pixma MP258

Anda bisa belajar untuk melakukan reset dengan panduan yang dijelaskan pada Cara reset printer Canon Pixma MP 258 tersebut di atas. Perlu diingat, jika proses berjalan dengan baik maka printer akan langsung bisa digunakan namun jika ada hal lain yang menjadi kendala maka sangat mungkin proses akan gagal.

Harap diingat bahwa resep printer yang salah mungkin saja bisa mengakibatkan kerusakan permanen jadi berhati-hatilah karena resiko ditanggung oleh anda sendiri.

Jika anda ingin belajar melakukan reset berbagai jenis printer lain anda bisa mempelajari berbagai panduan yang sudah dibahas sebelumnya. Silahkan pelajari beberapa panduan tersebut di bagian bawah tutorial ini. Itu saja, semoga masalah printer anda bisa segera teratasi. Trims