Cara Mengatasi Error 6A80 Pada Canon IP3680 Blinking

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Masalah Error 6A80 bisa anda temui khususnya pada penggunaan Printer Canon IP3680. Jika anda mengalami pesan error seperti ini anda bisa membawanya ke tempat servis atau berusaha mengatasinya sendiri. Tidak begitu sulit jika anda ingin belajar bagaimana mengatasi error 6A80 tersebut, pertama anda cari tahu permasalahannya baru setelah itu anda bisa menentukan penanganannya bagaimana. 

Untuk tanda kerusakan, biasanya printer yang mengalami error seperti ini akan tiba-tiba berhenti bergerak atau mencetak dan ditandai dengan blinking (berkedip) 12 kali antara led orange dan hijau sedangkan pada layar monitor muncul pesan error 6A80.

Jika anda mengalami hal seperti ini jangan panik, anda bisa mengatasinya sendiri atau jika ingin mudah anda bisa membawanya ke tempat servis saja.

Sebelum anda melakukan perbaikan sendiri terhadap masalah ini kami ingatkan bahwa anda harus benar-benar paham bagaimana melakukannya, atau jika tidak anda lebih baik menyerahkannya langsung kepada yang lebih ahli. Keluar uang sedikit asal cepat jadi tidak apa-apa dari pada anda harus membongkar sendiri tanpa tahu atau mengerti yang harus dilakukan.

Memperbaiki Error 6A80 Canon IP3680 seperti ini disarankan hanya untuk anda yang sudah terbiasa melakukan bongkar pasang dengan mesin printer. Atau anda bisa melakukannya untuk belajar dan uji coba sepanjang anda berani menerima resiko kerusakan yang lebih parah jika penanganan anda tidak sukses.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk membongkar dan mengatasi sendiri masalah ini ada baiknya anda pertimbangkan hal-hal berikut:

1. Untuk mengatasi masalah ini anda harus benar-benar teliti dan mengerti bagaimana melakukannya
2. Kesalahan pada proses perbaikan bisa saja mengakibatkan printer rusak dan tidak dapat digunakan
3. Jika anda membongkar printer tersebut itu berarti anda menghilangkan garansi yang ada
4. Tidak ada jaminan anda sukses melakukannya tanpa belajar terlebih dahulu

Perhatikan benar bahwa untuk Mengatasi Error 6A80 yang terjadi memerlukan keahlian khusus dan tidak semua orang dapat melakukannya. Meski begitu, jika anda ingin coba-coba atau belajar melakukan perbaikan dengan kerusakan atau error yang ada maka tidak salah jika anda mempelajari langkah-langkahnya.

Jika anda berniat memperbaiki sendiri Cara Mengatasi Error 6A80 Pada Canon IP3680 Blinking berikut mudah-mudahan bisa berguna bagi anda. Silahkan ikuti langkah perbaikan yang bisa anda lakukan dibawah ini.
  1. Langkah awal sebaiknya langsung matikan dulu printer selama beberapa menit jika perlu cabut kabel listrik/powernya kemudian hidupkan kembali printer. 
  2. Jika langkah diatas tidak berhasil, berarti terjadi masalah pada bagian dalam printer khusunya pada bagian mekanik/purge unti/gearbox printer, seperti yang terjadi pada printer yang saya kerja kali ini. 
  3. Bongkar atau buka case printer kemudian perhatikan disebelah kanan pada bagian mekanik printer. Ada sebuah gear atau tuas gear yang selain berputar ke atas & ke bawah juga bergerak ke arah samping kiri & kanan. Jika ada masalah pada pergerakan gear ini maka akan muncul error 6A80. 

Untuk anda ketahui, tuas gear ini dilengkapi dengan dua buah per/pegas. Kencangkan per nomor 2 dengan cara memelarkan/menariknya kemudian beri sedikit oli atau minyak secara merata pada bagian gear ini untuk memuluskan pergerakan gear. Jangan terlalu keras pada saat menarik per karena akan membuat per semakin panjang dan susah untuk dipasang kembali. 

Setelah itu pasang kembali kemudian tes printer. Biasanya printer akan normal kembali. Jika memungkinkan sebaiknya ganti gear yang bermasalah tadi atau langsung mengganti unit mekaniknya saja untuk menghindari error ini datang kembali. 

Pada beberapa kasus, error ini terkadang muncul jika lama dipakai mencetak akan tetapi, jika printer dimatikan beberapa saat dan dihidupkan lagi maka printer bisa normal kembali. Olehnya itu sebaiknya langsung ganti unit mekaniknya saja.

Cara Mengatasi Error 6A80 Pada Canon IP3680 Blinking

Karena panduan ini tidak disertai dengan Gambar Cara Mengatasi Error 6A80 Pada Canon IP3680 Blinking maka anda bisa melihat beberapa gambar yang barkaitan dengan mencarinya langsung di google. Ada banyak referensi yang bisa anda temukan di sana, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan dapat segera mengatasi masalah pada printer yang anda miliki.