Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tercampur

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Mengatasi Tinta Printer Tercampur - Jika anda menggunakan printer dengan sistem isi ulang tinta manual mungkin anda pernah mengalami hal ini, saat pengisian tinta warna tercampur atau ter-tukar pengisiannya.

Biasanya kesalahan mengisi tinta ini terjadi jika anda melakukan pengisian secara manual dengan menggunakan suntikan, misalnya warna merah diisikan pada warna kuning dan sebagainya. Jika terjadi salah mengisi tinta seperti ini maka apa yang harus kita lakukan?

Panik, takut, itulah hal yang pasti dirasakan jika anda salah memasukkan tinta warna yang ada pada printer yang dimiliki. Apakah printer akan rusak jika salah mengisi tinta seperti itu?

Bisa jadi, tapi hal ini bisa dihindari jika anda bisa mengatasi kesalahan pengisian tinta tersebut dengan langkah yang tepat. Lalu bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesalahan tersebut?

Berdasarkan pada pengalaman, kesalahan seperti ini sebenarnya tidak mengakibatkan kerusakan pada tinta. Masalah yang timbul dari kesalahan ini hanya terdapat pada hasil pencetakan warna yang tidak akan sesuai dengan gambar asli pada layar monitor anda.

Misalnya anda salah mengisi warna merah dengan warna biru maka saat anda mencetak objek dengan warna merah maka yang akan keluar adalah warna biru.

Dari pengalaman, khususnya yang terjadi pada printer Canon Ip2870 selain hal itu tidak ada masalah lain yang ditimbulkan, printer tetap dapat mencetak dengan normal meski warnanya tercampur. Sekarang masalahnya bagaimana kita mengembalikan printer ini dalam keadaan seperti semula.

A. Masalah Warna Tinta Printer yang Tercampur

Dari kesalahan yang terjadi saat melakukan pengisian tinta secara manual maka printer akan mengalami masalah pada pencetakan warna yang tidak sesuai, seperti yang sudah disinggung di atas. Selain masalah pada pencetakan warna yang tertukar printer tetap bisa digunakan seperti biasa dan tidak ada kendala lain yang terjadi.

Hal ini didasarkan pada hasil pengalaman kesalahan pengisian yang saya lakukan beberapa tahun lalu dimana saat itu pengisian dilakukan dengan sistem suntik. Warna merah di isi dengan tinta biru, untung tidak meledak.

Nekat memasang catridge yang warnanya sudah tercampur dan ternyata masih bisa digunakan untuk mencetak. Awalnya warna masih normal karena mungkin masih ada tinta merah yang tersisa setelah itu warna mulai berubah dan hasil cetakan warna akhirnya berantakan.

Dengan keadaan seperti itu, vonis ganti baru susah saya tetapkan karena saya beranggapan sistem sudah eror dan tidak lagi mengenali tinta yang terpasang. Sebelum melakukan penggantian tak lupa saya bertanya kepada beberapa rekan akan masalah tersebut.

Dari beberapa nasehat ternyata sebenarnya dalam beberapa kasus tidak akan terjadi kerusakan printer pada saat terjadi kesalahan mengisi tinta.

Kesimpulan akhir adalah salah mengisi tinta tidak berakibat rusaknya printer hanya terjadi masalah pada hasil cetak warna saja.

Untuk tambahan, setelah terjadi kesalahan isi tinta, printer dihidupkan dan digunakan untuk mencetak beberapa gambar dan tetap bisa mencetak dengan hasil warna yang kacau.

Sampai beberapa lembar pencetakan tidak diteruskan jadi jika anda mengalami masalah ini sebaiknya atasi terlebih dahulu masalah tinta tersebut sebelum catridge digunakan lagi.

Hal ini untuk menghindari kerusakan lain yang mungkin terjadi pada printer atau catridge printer anda. Untuk mencegah tinta tertukar anda bisa menggunakan printer dengan sistem infus yang sudah banyak beredar di pasaran, dengan demikian anda tidak perlu repot dalam mengisi tinta.

B. Cara Mengatasi Tinta Printer Tercampur Karena Salah Isi

Dari diagnosa dan kesimpulan yang diambil di atas akhirnya keputusan untuk mengatasi masalah ini akan diambil dan diterapkan pada catridge yang tinta-nya tercampur tersebut.

Karena masalahnya hanya pada tertukarnya warna tinta sehingga hasil cetak warna tidak sesuai dengan gambar maka solusi mengatasi tinta tercampur tersebut adalah dengan membuang dan membersihkan tinta yang sudah tercampur.

Pertanyaannya adalah apa yang harus kita lakukan untuk membersihkan tinta tercampur tersebut? Ya, pasti ada jalan, untuk mengatasi masalah ini yaitu untuk membersihkan tinta tercampur kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu sebagai berikut.

Menyedot tinta dengan suntikan
Untuk cara ini yang harus anda lakukan yaitu menyedot tinta yang ada pada catridge sampai habis dengan menggunakan suntikan. Anda bisa melakukannya dengan langkah sebagai berikut:

- Siapkan suntikan dan tisu
- Dari lubang tempat mengisi tinta, sedot tinta dengan menggunakan suntikan, lakukan perlahan sampai habis
- Tempatkan tisu pada bagian head (bagian yang keluar tinta) untuk menghabiskan sisa tinta
- Ulangi langkah di atas sampai tinta tidak keluar dari head saat diberi tisu
- Lakukan pengisian ulang sesuai warna yang ada

Dalam melakukan hal di atas anda harus benar-benar berhati-hati, lakukan pengedotan tinta secara perlahan agar tidak terjadi kerusakan pada head. Selain itu bagian chip berwarna kuning pada catridge jangan sampai tersentuh tangan.

Membersihkan tinta dengan membuka catridge
Selain melakukan penyedotan seperti langkah di atas anda juga bisa membuang tinta yang sudah tercampur tersebut dengan membongkar atau membuka catridge dan membersihkan tintanya dari dalam yaitu dengan mengambil busa yang ada di dalam catridge dan membersihkannya. Langkah untuk cari ini adalah sebagai berikut:

- Siapkan cutter atau pisau yang tipis
- Congkel bagian penutup catridge dengan pisau tersebut (bagian atas yang dilubangi untuk mengisi tinta)
- Ambil busa yang ada di dalam catridge dan bersihkan menggunakan air panas
- Keringkan busa, setelah itu masukkan kembali busa tersebut pada tempatnya
- Isi dengan tinta secukupnya dan tutup kembali bagian yang dibongkar tadi
- Untuk merekatkan tutup yang dibongkar gunakan saja lakban atau isolatip dan jangan gunakan lem

Dalam melakukan langkah di atas pastikan anda tidak mengotori bagian chip catridge karena jika chip kotor maka catridge tidak akan terbaca.

Setelah langkah-langkah di atas anda bisa memasang kembali catridge tersebut pada printer anda. Untuk tambahan, pengalam ini sudah diterapkan pada beberapa printer canon misalnya Ip2870 dan Ip2770.

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tercampur

Itulah tadi beberapa Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tercampur, mudah-mudahan anda bisa menggunakan tips tersebut sebagai bahan referensi dan belajar. Dalam melakukan langkah perbaikan tersebut ada beberapa poin yang harus anda perhatikan yaitu:

1. Kami tidak bertanggungjawab atas kerusakan yang terjadi dengan menerapkan langkah perbaikan di atas
2. Kesalahan dalam menerapkan panduan di atas bisa saja mengakibatkan kerusakan lain
3. Jika ragu sebaiknya minta saja pertolongan yang lebih mengetahui
4. Pastikan anda mencari referensi penunjang lain jika dibutuhkan

Sedikit dari ulasan tersebut diharapkan bisa menyelesaikan masalah tinta tercampur yang anda temui. Semoga saja anda tidak harus melakukan langkah ini karena kesalahan pengisian. Itu saja, jangan lupa baca juga panduan printer lainnya di bagian akhir tulisan ini.