Printer Khusus Foto, Epson Stylus Photo R3000

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Printer Khusus Foto, Epson Stylus Photo R3000 - Memiliki kapasitas atau kemampuan yang cukup memadai untuk kebutuhan profesional, jenis printer yang satu ini memang termasuk yang banyak dipilih. 

Untuk kualitas hasil cetak, khususnya untuk pencetakan foto, Printer Epson Stylus Photo R3000 ini memang bisa kita jadikan solusi dan alternatif media cetak yang lumayan. Spesifikasinya seperti apa kira-kira, terus bagaimana juga dengan harga printer nya?

Apa yang harus kita lihat dulu jika kita ingin membeli sebuah printer baru? Apakah tepat jika kita hanya memilih jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan saja? 

Ya, memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan tentu adalah jalan yang paling tepat tetapi kebanyakan dari kita melakukan kesalahan dengan hanya mempertimbangkan kebutuhan yang sekarang sementara kebutuhan esok tidak sama sekali dipertimbangkan. 

Maka dari itu, saat kita hendak memilih Epson Stylus Photo R3000 ini maka lebih baik jika kita perhitungkan semua aspek termasuk kebutuhan kita sampai beberapa tahun ke depan.

Dari beberapa sumber dan dari cerita beberapa rekan yang sudah menggunakan, printer dari Epson yang satu ini memang cukup mumpuni kinerjanya. 

Hal ini bisa dilihat sekilas dari spesifikasi dan juga harga printer tersebut di pasaran. Lalu sebenarnya bagaimana kualitas printer ini, mari kita simak penjelasan berikut!

A. Detail Spesifikasi Epson Stylus Photo R3000

Hasil pencetakan dari printer ini akan sangat tergantung pada jenis kertas yang digunakan. Untuk pencetakan dokumen biasa sebagai contoh, printer ini juga mempunyai hasil yang lumayan bagus meski kecepatan cetaknya agak sedikit lambat. 

Wajar saja, jenis printer ini sesuai namanya memang diperuntukkan untuk jenis pekerjaan dokumen foto yang mana biasanya kecepatan cetak memang lebih lamban agar menghasilkan mutu cetakan yang bagus. 

Printer ini dalam pengoperasian telah menggunakan layar lcd warna terpadu yang memungkinkan kita melakukan pengaturan yang lebih cepat. Lalu bagaimana dengan kecepatan cetak? 

Ya, Printer Epson Stylus Photo R3000 ini untuk mode draft tidak semua yang cepat pada 5.4ppm dan menghasilkan teks abu-abu dengan tepi agak bergerigi. 

Sedangkan untuk teks mono printer ini bisa mencetak dengan kecepatan 2.3 ppm dan 1.6 ppm untuk cetak warna. 

Memang kalau kita tinjau dari hasil cetak khususnya untuk dokumen biasa, printer ini cukup memberikan hasil yang bagus. 

Namun karena kecepatannya yang kurang cepat maka sangat mungkin ini akan menjadi salah satu kelemahan bagi anda yang menginginkan pencetakan dokumen yang lebih cepat. 

Wajar saja namun untuk foto, kualitasnya tidak perlu diragukan apalagi jika kita menggunakan mode pencetakan dengan kualitas maksimal. 

Selain itu, printer ini dapat mencetak foto resolusi tinggi, dengan cetak A3 muncul dalam sembilan menit dan empat detik yang bisa dikatakan termasuk lambat. 

Untuk foto 6 x 4 in bisa menghabiskan waktu cetak selama dua menit dan 14 detik sedangkan 10 x 8 in empat menit masing-masing. 

Hasil cetak tersebut jika dibandingkan dengan R2000 misalnya banyak yang mengunggulkan Stylus Photo R3000 ini dengan hasil yang lebih halus dan detail.

Lihat juga: 

Dari beberapa gambaran di atas bisa kita simpulkan bahwa printer ini memang pantasnya di desain untuk kepentingan cetak foto yang dapat menghasilkan cetakan cukup. 

Masih di katakan wajar, karena saya pribadi juga masih percaya bahwa Epson lebih terpilih untuk jenis pekerjaan ini. Lalu bagaimana dengan harganya, kita lihat saja di bawah!

B. Kisaran Harga Printer Epson Stylus Photo R3000

Kalau berbicara mengenai harga atau uang yang harus dikeluarkan untuk memboyong merk ini ke rumah mungkin anda akan sedikit kaget. Untuk ukuran kebutuhan sehari-hari Harga Epson Stylus Photo R3000 ini bisa dikatakan cukup mahal. 

Tapi sekali lagi jika kita bandingkan dengan hasil maka dapat dikatakan sesuai dengan harganya. Masih ingat pepatah bukan, "harga menentukan kualitas", begitulah setidaknya dari printer ini. 

Kita juga dapat mengetahui bahwa harga juga memberikan dampak yang serius bagi kemampuan sebuah perangkat pencetak. 

Nyatanya, printer dengan kemampuan direkomendasikan ini dijual dengan harga kisaran sekitar 10 juta rupiah, cukup mahal untuk kebutuhan sehari-hari.

Kalau di lihat dari sisi harga, printer ini sudah cocok untuk kalangan profesional untuk kebutuhan pekerjaan atau hobi dan bisnis lain. Dengan berbekal Printer Epson Stylus Photo R3000 ini tentunya diharapkan kita bisa mendapatkan kepuasan dengan hasil maksimal.

Untuk yang berminat dengan produk ini jangan lupa melihat juga perbandingan produk ini dengan lainnya dan jangan lupa juga untuk mencari referensi tentang harga termurah dan juga harga termahal.


Agar lebih yakin, kita bisa juga mencari review yang lebih detail agar dapat mengetahui informasi mengenai Kelemahan Epson Stylus Photo R3000 dan juga kelebihannya.

Terakhir, setelah mendapatkan berbagai informasi tersebut alangkah baiknya kita baca juga beberapa ulasan printer lain di bagian bawah. Itu saja, salam hangat dari kami.