Bagian Komponen pada Printer

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Bagian Komponen pada Printer - Setiap hari kita berurusan dengan printer namun terkadang kita tidak memiliki cukup waktu untuk mengenal printer lebih jauh misalnya saja mengenai bagian - bagian printer atau komponen yang ada di dalam mesin printer.

Nah, situs khusus printer kali ini akan mengajak kita semua untuk mengetahui lebih jauh mengenai perangkat yang sangat penting tersebut. Di sini kita akan mempelajari detail yang lebih jauh agar kita dapat lebih paham mengenai printer sehingga nantinya jika ada masalah dengan printer kita maka kita dapat lebih mudah mengatasinya. 

Sebelum lebih jauh membahas mengenai Bagian Komponen pada Printer lebih baik kita ingat lagi mengenai apa yang dimaksud dengan printer tersebut. Apa si sebenarnya pengertian printer atau definisi printer?

Jika berbicara mengenai hal ini tentu dapat kita katakan bahwa printer adalah salah satu jenis output device yang berfungsi untuk mencetak suatu dokumen dengan menggunakan tinta pada media lain seperti kertas. Perangkat ini bekerja sebagai piranti pendukung untuk perangkat komputer.

Printer ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting dalam mendukung kegiatan kita. Kegunaan printer adalah untuk mencetak file yang kita inginkan dari sebuah perangkat komputer. Dengan adanya printer ini kita dapat mencetak banyak file mulai dari dokumen kerja, gambar, grafis, foto dan lain sebagainya.

Baca juga: 
1) Mengatasi printer tinta warna tidak keluar
2) Laptop acer aspire v5 123 murah
3) Berburu toshiba c600 1013u c2d p7570
4) Harga fujitsu lifebook ah532

Saat ini, printer yang ada memiliki begitu banyak jenis baik dari segi merk maupun dari fungsi yang dimiliki. Printer juga terdiri dari banyak ukuran mulai dari printer kecil seukuran kantong sampai printer yang besarnya hampir sama dengan mesin foto copy.

Dari sisi fungsi ada printer yang khusus untuk mencetak foto, printer khusus untuk mencetak pada media kain dan sebagainya. Ada juga printer yang khusus digunakan untuk mencetak dokumen hitam putih. Lalu apa saja bagian-bagian printer yang dapat membuatnya berfungsi untuk mencetak? Nah, berikut akan kita bahas mengenai berbagai bagian printer dan fungsinya. Penjelasan selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Secara umum perangkat printer memiliki dua bagian utama yaitu hardware dan software. Hardware printer adalah perangkat keras printer yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh, kalau dalam bahasa motor kita biasa menyebutnya "sparepart".
Software printer adalah driver yang digunakan untuk proses install printer pada perangkat komputer atau laptop. Detailnya, berikut berbagai bagian - bagian printer tersebut.

Ink Tank Printer
Dalam bahasa kita sehari-hari, ink tank ini sering kita sebut dengan tabung tinta. Ink Tank adalah suatu tempat untuk menyimpan persediaan tinta pada printer.

Fungsi ink tank ini adalah untuk penampung tinta yang akan digunakan dalam proses pencetakan dokumen pada printer. Bagian printer yang satu ini dapat kita lihat dengan jelas pada jenis printer yang sudah di modifikasi (printer infus). 

Paper Tray Printer
Apa yang dimaksud dengan paper tray pada printer? Paper Tray merupakan suatu tempat untuk menyimpan kertas yang akan di print biasa nya terletak di bagian atas printer.

Paper tray ini yang biasa kita gunakan untuk meletakkan kertas yang akan kita cetak. Umumnya, untuk bagian ini kita sering menyebutnya sebagai penampung kertas atau dudukan kertas.

Scanner Printer
Scanner merupakan suatu alat tambahan yang di gunakan printer untuk menscan/membaca suatu gambar, prinsip nya sama seperti hal nya mesin foto copy. Tidak semua printer terdapat bagian scanner ini karena bagian ini hanya terdapat pada jenis printer all in one atau printer print scan copy. 

Pembuangan Tinta Printer
Pembuangan Tinta ini adalah suatu tempat untuk membuang tinta kotor yang tak terpakai lagi pada saat proses print terjadi. Untuk bagian ini biasanya kita harus membuat nya sendiri menggunakan botol kosong karena biasanya printer tidak dilengkapi langsung dengan tempat pembuangan tinta tersebut. 

Selang Printer
Selang merupakan alat untuk mengalirkan tinta dari tabung tinta ke cartridge maupun dari mesin pembuangan ke tabung pembuangan. 

Cartridge Printer
Cartridge merupakan suatu alat bagian dalam printer yang mengeluarkan tinta pada saat proses print dokument yang di cetak pada media kertas. 

Rumah Cartridge Printer
Rumah Cartridge merupakan suatu tempat untuk cartridge baik untuk jenis cartridge hitam maupun warna (colour). Cartridge berfungsi untuk menghubungkan antar chip cartridge dengan chip rumah cartridge untuk mendeteksi ada nya cartridge yang terhubung langsung pada bagian mesin printer atau mainboard.

Head Cartridge Printer
Head Cartridge merupakan bagian dari cartridge yang mengeluarkan tinta dari dalam cartridge atau sering kita sebut seperti mata pena. 

Roll Paper Printer
Roll Paper merupakan alat untuk menarik kertas pada mesin printer. Bagian ini biasa nya terletak di bawah paper tray.

Mainboard Printer
Mainboard adalah perangkat yang fungsinya sama dengan motherboard pada komputer. Mainboard ini adalah mesin-nya printer.

Driver Printer
Driver Printer merupakan sebuah software bawaan dari pabrik yang berisi installan agar Agan bisa menggunakan PRINTER secara keseluruhan


Bagian Komponen pada Printer

Dengan mengetahui lebih banyak mengenai Bagian Komponen pada Printer tersebut maka kita akan lebih mengenal perangkat printer dan pada akhirnya hal ini dapat kita manfaatkan jika terjadi masalah pada printer yang kita gunakan. Untuk informasi seputar komponen printer ini biasanya kita juga akan mencari beberapa artikel yang berkaitan yaitu antara lain sebagai berikut:

- bagian bagian printer canon ip 2770
- bagian bagian printer laserjet dan fungsinya
- bagian printer laser

Sekarang, kita sudah tahu lebih banyak mengenai perangkat printer yang sangat penting dalam pekerjaan kita sehari-hari. Semoga apa yang kita pelajari kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai mesin printer sebagai salah satu output device komputer. Sampai bertemu pada pembahasan berikutnya.