Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar - Satu masalah printer yang sering kita temui adalah Tinta Warna Tidak Keluar saat mencetak. Tentu saja, hal ini sangatlah mengganggu dan menghambat pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Bahkan, untuk printer tertentu, ada kasus dimana tinta warna pada printer masih penuh tetapi saat mencetak tetap saja warnanya tidak keluar sama sekali. Kenapa bisa demikian, apa sebenarnya yang terjadi pada printer kita itu? Ada beberapa sebab untuk masalah ini dan ada beberapa alternatif solusi untuk mengatasi masalah tinta warna yang tidak keluar tersebut.

Pada artikel-artikel sebelumnya sebenarnya sudah banyak kita bahas mengenai berbagai permasalahan pencetakan pada mesin printer kita. Namun situs khusus printer memang belum membahas masalah yang satu ini secara lebih rinci.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan mencoba membahas seputar permasalahan tentang Printer Tinta Warna Tidak Keluar tersebut. Penting untuk kita mengetahui berbagai latar belakang yang mengakibatkan mesin printer kita tidak dapat bekerja secara normal seperti ini, karena hal ini akan berkaitan dengan cara mencegah printer mengalami masalah yang sama di kemudian hari.

Untuk masalah yang satu ini biasanya ada beberapa jenis kasus yang bisa kita alami. Pada beberapa printer, masalah warna tidak keluar ini bisa terdiri dari beberapa jenis yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Warna merah tidak keluar
2. Tinta warna biru tidak keluar
3. Tinta warna kuning tidak keluar
4. Semua warna tinta tidak keluar
5. Hasil cetak warna tercampur (merah jadi biru, hijau jadi kuning, coklat jadi ungu dan sebagainya)

Dari berbagai tipe masalah tersebut ada yang mengharuskan kita melakukan penanganan yang berbeda dan ada juga yang dapat di atasi dengan menggunakan satu langkah saja. Lalu apa solusi untuk masalah tinta warna tidak keluar tersebut?

A. Penyebab Tinta Warna pada Printer Tidak Keluar

Untuk dapat menentukan langkah apa yang tepat maka kita sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan tinta warna yang ada pada perangkat printer kita tidak dapat keluar saat digunakan untuk mencetak. Karena itu kita harus mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya sebelum melakukan perbaikan. Masalah seperti ini dapat di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut:

a) Tinta telah habis
b) Tinta tersumbat
c) Cartridge rusak

Berbagai indikator penyebab terjadinya masalah pada printer tersebut di atas bisa saja terjadi karena kelalaian kita atau bisa juga karena faktor lain. Agar lebih jelas mari kita lihat satu persatu penjelasan di bawah ini.

Tinta telah habis
Kadang karena panik dan kurang begitu mengerti mengenai printer hal ini bisa terjadi yaitu tinta pada printer telah habis namun masih digunakan untuk mencetak. Tentu saja, karena tinta sudah habis maka saat kita mencetak maka warna tinta tersebut tidak akan keluar. Baca juga: mengatasi hasil cetak bergaris printer

Untuk mengetahuinya kita dapat memperhatikan beberapa ciri pada hasil cetakan sebelumnya. Ciri tinta printer habis biasanya akan didahului dengan hasil cetakan yang bergaris dan semakin pudar. Hal ini dapat terjadi pada semua warna yang ada.

Contohnya, kalau tinta merah habis maka cetakan warna merah lama kelamaan akan bergaris dan memudar, jika yang habis tinta biru maka hasil cetakan warna biru pun akan memudar dan bergaris dan seterusnya. Lebih jelasnya, hasil cetakan dibagian atas kertas masih normal kemudian bagian tengah akan mulai pudar dan bergaris dan bagian akhir kertas akan semakin tidak jelas dan kabur.

Tinta tersumbat
Tinta tidak keluar bisa juga di sebabkan karena tinta tersumbat. Ada beberapa kemungkinan penyumbatan yang bisa terjadi, pertama bisa tersumbat di bagian selang tinta (jika memakai infus) atau bisa juga tersumbat pada cartridge printer-nya.

Gejala untuk penyumbatan ini juga menghasilkan hasil cetakan yang tidak sempurna yaitu bergaris, pudar dan bahkan tidak ada warna apapun yang keluar. Yang membedakan hasil cetakan tinta tersumbat dan tinta habis ini juga tidak begitu kentara apalagi jika kita tidak terbiasa dengan masalah cetak mencetak.

Untuk membedakan hasil cetakan tinta habis dan tersumbat kita dapat melihat dengan teliti kertas cetakan yang ada. Jika warna pudar dan bergaris secara merata dari awal sampai akhir maka akan cenderung ke penyumbatan tinta.

Cartridge rusak
Kalau tinta tidak keluar bisa juga dikarenakan komponen printer kita yang bermasalah, dalam hal ini cartridge yang sudah rusak atau aus. Kalau cartridge rusak biasanya hasil cetakan akan pudar seluruhnya atau bergaris seluruhnya atau bahkan tidak keluar seluruhnya.

Jika ketiga atau salah satu penyebab tersebut terjadi pada printer yang kita gunakan maka sudah jelas bahwa hasil cetak pada printer akan mengalami masalah.

B. Cara Mengatasi Tinta Warna Tidak Keluar

Di atas telah dipaparkan secara rinci apa saja yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan printer ini. Sekarang dengan latar atau bekal analisa penyebab kerusakan tersebut kita dapat menentukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini.

Langkah atau cara untuk mengatasi masalah tinta printer ini dapat kita bagi ke dalam 3 langkah sesuai dengan gejala dan penyebab yang ada.

Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar jika Tinta telah habis
Jika kita mengalami masalah ini maka langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memeriksa dan memastikan bahwa tinta pada printer yang kita gunakan masih ada dan belum habis. Kita dapat memastikan tinta tersebut belum habis dengan memperkirakan berat cartridge yang ada.

Jika penyebabnya karena tinta yang telah habis maka solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan mengisi lagi warna tinta yang sudah habis tersebut.

Setelah mengisi tinta, pertama kita bisa melakukan cleaning atau deep cleaning terlebih dahulu baru setelah itu mencobanya kembali.

Jika setelah di isi dan setelah dilakukan cleaning (pembersihan) pada cartridge namun masalahnya belum teratasi maka kemungkinan besar penyebabnya memang bukan karena tintanya yang habis. Jika demikian maka kita bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu memeriksa saluran tinta.

Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar jika Tinta tersumbat
Setelah mengalami masalah ini pertama kita bisa melakukan langkah pertama di atas yaitu memastikan tinta masih cukup dan belum habis. Jika sudah dipastikan dan masalahnya belum teratasi maka selanjutnya kita bisa melakukan cek pada saluran tinta.

Kita bisa cek dan memastikan bahwa saluran tinta tidak ada yang tersumbat khususnya jika kita menggunakan printer yang telah di modifikasi atau printer infus.

Cara untuk mengetahui tersumbat atau tidaknya tinta kita bisa cek pada selang tinta pada printer infus. Jika menggunakan printer standar maka yang kita cek adalah cartridge printer-nya. Untuk selang infus kita bisa mengurutnya dari awal sampai akhir dari ujung penampung sampai pada bagian cartridge. Sedangkan untuk cartridge kita bisa melakukan deep cleaning untuk mengetahuinya.

Jika selang normal maka kemungkinan besar penyumbatan terjadi pada cartridge pada printer. Kalau cartridge-nya yang tersumbat maka yang harus kita lakukan adalah menghilangkan sumbatan yang ada. Cara menghilangkan sumbatan pada cartridge ada beberapa versi yaitu:

1) Melakukan deep cleaning
2) Mengelap kepala cartridge (tempat keluar tinta) dengan tisu yang dibahasi dengan air hangat
3) Merendam kepala cartridge dengan air hangat

Masalah sumbatan yang terjadi pada cartridge merupakan masalah yang paling sering terjadi dan paling sulit untuk di atasi apalagi jika sumbatan tinta tersebut telah parah.

Jika kita mengalami hal ini kita dapat mencoba mengatasinya dengan beberapa cara di atas namun sebaiknya kita mencari referensi yang lebih lengkap mengenai langkah-langkah mengatasi cartridge tersumbat yang lebih detail. Baca di: Cara mengatasi cartridge tersumbat (buntu)

Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar jika Cartridge rusak
Kalau yang satu ini tentu solusinya paling gampang dan paling jelas. Apa solusi-nya jika cartridge sudah rusak? Jelas solusinya adalah menggantinya dengan yang baru. Tetapi hal ini bisa saja tidak berlaku bagi kita yang mampu mengatasi kerusakan tersebut seperti seorang teknisi.

Jika rusaknya karena tersumbat atau tinta beku atau tinta kering yang tidak bisa lagi di atasi dengan cara-cara di atas maka masih ada satu jalan lagi yang sedikit ekstrem. 

Caranya yaitu dengan membongkar penutup bagian atas cartridge dan membersihkan sumbatan dengan pembersih. Langkahnya, pertama buka tutup cartridge, kedua ambil busa yang ada di dalam lalu rendam dengan air hangat bersihkan dan keringkan, setelah itu bersihkan sumbatan pada ujung cartridge dengan alat pembersih tinta yang disedot, pasang kembali memakai perekat dan bisa di coba. 

Untuk kerusakan yang belum parah cara tersebut biasanya berhasil dan cartridge bisa digunakan kembali namun ada juga yang tidak. Dalam melakukan cara ini tentunya resikonya sangat besar, tidak dianjurkan untuk kita yang belum terbiasa karena bisa merusak cartridge.

Memang, terkadang kita terjepit dan harus kreatif dalam memecahkan masalah. Jika kita mengalami masalah seperti ini jika bisa belajar Mengatasi Printer Tinta Warna Tidak Keluar tersebut jika waktunya luang dan ada bahan untuk praktek.


Tutorial atau panduan ini bukan dimaksudkan untuk menggurui, informasi yang ada hanya sebatas untuk berbagi ide dan pengalaman saja. Tidak ada niat untuk menganjurkan atau memberi saran kepada pembaca siapapun itu, untuk itu jika ingin mencoba langkah-langkah di atas harap perhatikan benar bahwa kerusakan yang bisa terjadi adalah tanggung jawab masing-masing.