Penyebab Printer Hasil Print Merah

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Penyebab Printer Hasil Print Merah - Pernah mengalami hasil print yang keluar hanya warna merah saja? Ya, masalah ini sering terjadi, dan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai Penyebab Printer Epson Hasil Print Merah agar nantinya kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah hasil cetak printer tersebut. Sebenarnya kejadian seperti ini bisa terjadi pada beberapa merk printer antara lain printer Canon dan juga Epson. Jika mengalami hal ini maka kita harus mencari penyebabnya terlebih dahulu baru bisa tahu bagaimana solusi masalah cetakan tersebut.

Cara paling sederhana untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dari masalah hasil print warna merah adalah dengan mengingat-ingat kembali apa yang kita lakukan sebelum mengalami masalah ini. Sebagai contoh bisa saja hal ini terjadi setelah kita melakukan pengisian tinta, jadi mungkin saja ada salah pengisian tinta yang telah kita lakukan. Contohnya jika semua warna tinta kita isi dengan merah yang menyebabkan warna tercampur maka sudah dapat dipastikan warna cetakan printer akan kacau.

Kalau di awal-awal tidak terjadi permasalahan, dan kita dapat memastikan hal itu maka ada kemungkinan penyebab lain. Dari pengalaman yang pernah di temui, Penyebab Printer Epson Hasil Print Merah ini adalah tinta pada cartridge banjir khususnya untuk warna merah sehingga hasil cetak warna lainnya akan tertutup dengan warna tinta yang banjir tersebut.

Selain itu ada juga kasus dimana hal ini disebabkan adanya kerusakan pada cartridge khususnya pada bagian head warna lainnya. Bagian head yang masih normal hanya yang untuk warna merah saja jadi setiap kali kita mencetak gambar berwarna maka yang keluar hanya warna tersebut. Bisa juga terjadi sumbatan yang sudah
parah pada bagian head cartridge. Untuk mengatasi masalah ini coba lakukan beberapa langkah berikut:

1. Buka cartridge, jika ada tinta yang menggenang pada head bersihkan segera
2. Coba isi tinta yang tidak keluar, supaya memastikan tinta tidak habis
3. Lakukan deep cleaning 3 kali setelah mengisi tinta
4. Printer tidak mengeluarkan hasil cetakan

Kita dapat mencoba satu persatu langkah di atas dan memastikan semuanya berjalan dengan normal. Terkadang apabila tinta terlalu encer atau terlalu banyak tekanan udara maka bisa saja tinta menggenangi bagian head, hal ini bisa mengakibatkan warna keluar tidak maksimal atau bahkan tidak keluar sama sekali. Jika terdapat banyak tinta pada head maka solusinya bersihkan dengan tisu halus, setelah itu coba untuk mencetak lagi.

Jika masalah tidak teratasi kita bisa melakukan langkah kedua yaitu dengan memastikan tinta pada cartridge terisi penuh. Bisa saja salah satu warna tinta sudah habis dan jika tetap digunakan maka yang keluar hanya warna tertentu contohnya warna merah saja, misalnya cara mengatasi hasil cetak photo warna merah.

Selain dua langkah di atas kita juga dapat melakukan deep cleaning untuk membersihkan head yang tersumbat. Mungkin saja salah satu bagian head ada yang tersumbat jadi perlu dilakukan cleaning. Lakukan cleaning tersebut dua atau tiga kali setelah itu coba untuk mencetak lagi. Kalau tidak berhasil maka kemungkinan besar head memang sudah buntu alias mampet. Jika sudah begini maka jalan terakhir adalah mengganti cartridge tersebut dengan yang baru.

Demikianlah tadi sedikit mengenai Penyebab Printer Hasil Print Merah, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan kita dalam menyelesaikan atau mengatasi masalah yang sedang terjadi pada printer kita. Sebagai tambahan silahkan baca juga beberapa langkah perbaikan lainnya di bagian bawah.