Cara Merawat Printer agar Awet

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Merawat Printer agar Awet - Printer yang tahan lama dan tidak cepat rusak adalah dambaan kita. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara merawat printer yang kita miliki tersebut agar tetap awet sampai batas umur penggunaan yang disarankan. Dalam merawat printer agar awet kita harus melakukan berbagai upaya menyeluruh mulai dari perawatan pencegahan, perawatan kerusakan kecil sampai pada langkah pemeliharaan yang terus menerus. Selain hal-hal tersebut pemilihan printer juga akan mempengaruhi awet tidaknya printer yang kita gunakan.

Umumnya, dengan printer yang ada kita hanya memakai dan memakai saja tanpa pernah memikirkan berbagai macam hal. Selalu saja begitu apalagi untuk kita yang belum terlalu lama berukuran dengan mesin printer ini. Wajar jika selanjutnya kita sering mengalami kendala-kendala yang mengakibatkan kita tidak dapat menggunakan printer yang ada untuk mencetak. Jika dibiarkan berlarut maka bukan tidak mungkin printer yang kita miliki tersebut tidak awet dan gampang rusak. Untuk menghindari hal itu dan untuk merawat printer agar awet maka kita sebenarnya perlu melakukan beberapa langkah perawatan.

Berbicara mengenai perawatan biasanya orang akan berfikir mengenai berbagai hal yang merepotkan padahal tidak demikian adanya. Merawat printer sebenarnya tidak selalu merepotkan, apalagi jika kita mau belajar bagaimana melakukannya. Berikut, situs khusus printer akan berbagi berbagai kiat dalam melakukan perawatan tersebut.

Cara Memilih Printer agar Awet

Apakah cara memilih perangkat printer juga berpengaruh pada awet tidaknya printer? Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh si, namun tetap saja cara kita memilih printer yang sesuai kebutuhan tentu akan mempengaruhi juga umur printer tersebut. Sebagai contoh, saya bandingkan antara printer single function dan multi dimana kebanyakan - menurut pengalaman - printer multi lebih cepat mengalami kerusakan dari pada printer yang single.

Lalu bagaimana sebaiknya kita memilih printer yang akan kita gunakan? Lebih tepatnya bukan bagaimana tetapi dalam pemilihan printer ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar printer yang di pilih nantinya bisa lebih bagus, awet dan sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih mesin printer tersebut ada hal-hal yang sebaiknya kita perhatikan. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan printer yaitu antara lain sebagai berikut:
  1. Jenis printer yaitu dot-matriks, inkjet atau Laser, Multi fungsi (printer, fax dan scanner) 
  2. Resolusi Printer (dot per inchi ) yaitu tingkat kehalusan dan kecepatan printer dengan nilai makin tinggi makin baik 
  3. Hasil cetakan yaitu teks, gambar, hitam putih, berwarna 
  4. Harga printer disesuaikan dengan kebutuhan 
  5. Cara pemakaian disesuaikan dengan petunjuk dalam pemakaian 
  6. Keandalan dan ketahanan printer 
  7. Konektivitas dan dukungan purna jual (after sales) 
  8. Dukungan media, kompatibilitas terhadap beberapa jenis komputer 
Hal terbaik jika kita hendak memilih sebuah produk printer adalah dengan memperbanyak referensi. Kita dapat membaca berbagai review printer yang hendak di beli selain itu kita juga bisa mencari informasi mengenai ketahanan produk tersebut. Selain itu, kita juga dapat terlebih dahulu mempelajari berbagai fitur yang diberikan, kita sebaiknya mempelajari spesifikasi lengkap dari printer tersebut untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Dalam mencari informasi di atas kita dapat membaca berbagai literatur yang ada di internet khususnya dari pengguna yang lebih dulu menggunakan printer yang seperti yang akan kita pilih. Dengan memperbanyak referensi seperti itu maka kita akan mengetahui lebih dalam mengenai produk yang akan kita pilih tersebut.


Tips Merawat Printer agar Awet

Setelah membeli printer dengan berbagai pertimbangan di atas apakah kita masih perlu melakukan perawatan? Tentu iya, perawatan ini akan kita lakukan untuk menjaga printer selalu dalam keadaan prima dan maksimal sampai akhir atau batas penggunaannya. Untuk merawat printer agar awet pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menghindari berbagai kesalahan dalam penggunaan atau dalam pemakaian printer sehari - hari. Kesalahan dalam pemakaian printer yang paling sering dilakukan antara lain sebagai berikut:
  • Penyebab printer hasil print merah
  • Menggunakan data swich manual 
  • Memakai kertas melampaui ketebalan yang di izinkan 
  • Mengunakan pita yang buram (dalam printer dot-matriks) 
  • Menghubungkan dan mencabut kabel data pada saat printer dalam keadaan on (menyala) 
  • Mengganti pita, tinta, toner yang tidak bisa di pertanggung jawabkan (palsu) 
  • Melepas kertas yang tersangkut menggunakan benda tajam 
  • Tidak dapat mendeteksi kerusakan printer di hardware atau software 
  • Sering mematikan menghidupkan printer 
  • Melepas tinta printer dari tempatnya dalam keadaan menyala atau dengan paksa 
Dengan menghindari berbagai kesalahan yang biasa dilakukan di atas secara tidak langsung kita sudah melakukan sebagian langkah pencegahan dan akan mencegah atau mengurangi resiko kerusakan pada printer yang digunakan. Selanjutnya, selain menghindari berbagai hal di atas kita juga dapat melakukan perawatan sebagai pencegahan kerusakan. Berbagai perawatan printer yang umum dapat dilakukan yaitu antara lain seperti di bawah ini.
  • Untuk perbaikan terlebih dahulu printer dimatikan 
  • Bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada printer 
  • Periksa dan bersihkan tempat masuk keluarnya kertas 
  • Ganti pita, tinta, toner jika telah habis 
  • Lakukan pengujian pencetakan untuk memperoleh hasil yang bagus 
  • Sebelum mencetak kembalikan penutup printer ke tempat semula 
  • Yakinkan di pasang kembali dalam posisi dan tempat semula 
Selain langkah-langkah di atas kita juga dapat melakukan langkah pemeliharaan lanjutan untuk mencegah dan menghindari kerusakan. Bagaimana caranya, cara memelihara dan merawat printer dapat dilakukan secara mudah, langkah langkah pemeliharaan lanjutan tersebut yaitu:
  1. Hidupkan printer setidaknya tiga hari sekali 
  2. Jika hasil cetak menurun, lakukanlah cleaning (maksimal 2 kali) 
  3. Disarankan untuk tidak mengganti/mencabut cartridge jika tinta belum habis 
  4. Usahakan agar tinta menyentuh CHIP CSIC yang terdapat pada cartridge 
  5. Pastikan printer bebas dari debu terutama pada tempat penarik kertas 
  6. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan area penarik kertas 
  7. Bersihkan bagian luar printer dengan menggunakan kain basah 
  8. Lakukan update driver printer 
Dengan melakukan berbagai langkah pemeliharaan di atas maka diharapkan perangkat printer yang kita miliki bisa selalu dalam kondisi baik. Namun tetap saja perlu kita catat bahwa langkah di atas tentu tidak bisa menjadi jaminan bahwa printer kita tidak akan cepat rusak karena mungkin saja ada kesalahan atau faktor lain yang bisa terjadi.

Cara Mengatasi Kerusakan Kecil pada Printer
Langkah pencegahan dan perawatan tentu belum cukup, untuk memastikan printer yang kita miliki dalam keadaan prima maka kita juga perlu belajar untuk mengatasi berbagai kerusakan kecil atau masalah ringan yang sering terjadi pada printer. Dengan cepat tanggap pada berbagai kerusakan kecil tersebut kita akan mampu mencegah kerusakan yang mungkin bisa lebih parah.

Apa saja kerusakan kecil yang bisa terjadi pada printer? Biasanya yang sering terjadi adalah roller yang kotor sehingga kertas bisa terlipat. Untuk masalah ini kita bisa melakukan perawatan dari properties printer dengan membersihkan roller. Selain itu ada juga masalah penyumbatan pada cartridge. Untuk masalah ini kita bisa mencoba menangani sendiri sebelum terjadi penyumbatan yang parah dan harus ganti cartridge. Untuk cara mengatasi Penyumbatan pada lubang penyemprotan cartridge yaitu sebagai berikut:
  1. Ambillah selembar kertas "tissue". 
  2. Basahkan kertas "tissue" dengan sedikit air hangat. 
  3. Tekan atau lap kertas 'tissue' basah pada head (lubang penyemprotan tinta). 
  4. Apabila ada tanda tinta pada kertas 'tissue', berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta/tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair. 
  5. Bersihkanlah head (lubang penyemprotan tinta) dengan kertas "tissue" kering. 
  6. Pasanglah cartridge pada Printernya dan cobalah mencetak. 
  7. Apabila hasil cetak memuaskan, kami mengucapkan selamat kepada Anda, karena Anda telah berhasil mengisi ulang cartridge Tinta yang semula sudah dianggap tidak berguna lagi. 
  8. Apabila hasil cetak belum memuaskan, ulang cara diatas beberapa kali. 
  9. Apabila hasil cetak masih belum juga memuaskan setelah 5 - 6 kali melakukan pembersihan di atas, berarti Cartridge mengalami "Penyumbatan Berat". 
Informasi pada artikel ini diharapkan akan memberikan kita ide dan gambaran bagaimana melakukan pemeliharaan untuk perangkat printer yang kita miliki. Semoga dengan adanya pembahasan tentang Cara Merawat Printer agar Awet tersebut printer yang kita miliki bisa lebih awet, berkualitas dan tidak mudah rusak.