Canon LBP3300

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Spesifikasi Printer Canon LBP3300 dan Harga - Biasanya kita membicarakan harga printer yang biasa; printer kecil dengan harga di bawah satu juga. Kalau yang ini adalah printer Canon dengan harga dua jutaan. Printer Canon LBP3300 ini merupakan jenis printer mono yang dapat memenuhi kebutuhan pribadi kita bahkan sekaligus bagus untuk kebutuhan kantor kecil dan menengah.

Untuk usaha, printer ini cukup cocok untuk usaha warnet atau pengetikan. Kira-kira seberapa bagus printer tersebut, kita akan mengetahuinya setelah melihat detail spesifikasi yang ada.

Sedikit mahal si printer ini, tapi kalau kita mencari printer monocrom yang bagus sepertinya printer ini bisa jadi pertimbangan. Printer ini dapat dikatakan merupakan printer yang cocok untuk usaha warnet. Apa biasanya yang kita per-hitungkan dalam memilih sebuah perangkat printer?

Jika berhubungan dengan Printer LBP3300 (Canon i-SENSYS LBP3300) ini maka ada beberapa poin catatan yang bisa kita pertimbangkan. Setidaknya, printer dari Canon ini akan memenuhi beberapa kebutuhan kita seperti misalnya:

1. Waktu pencetakan yang cukup cepat
2. Desain sederhana dan kecil
3. Harga printer yang terjangkau

Dari pengamatan kami, Printer Monocrom Canon LBP3300 ini memang cukup unggul pada beberapa poin tersebut. Hal itu tentu cukup memberikan poin tambahan bagi kita yang sedang mencari produk dengan kinerja kecepatan yang bisa cukup diandalkan.

Nah untuk tambahan saja, sebelum kita masuk ke spesifikasi detail dari produk printer dari produsen Canon tersebut jangan lupa lihat juga beberapa review print lain sebagai berikut:

- Harga dan spesifikasi printer canon mp237
- Harga dan spesifikasi printer canon mp287
- Harga dan spesifikasi printer canon mg2570
- Harga dan spesifikasi printer canon e500

Review beberapa printer tersebut juga disiapkan berhubungan dengan seri printer yang akan kita pelajari kali ini. Jadi paling tidak nantinya bisa juga kita jadikan bahan perbandingan dalam menentukan pilihan mana yang paling cocok untuk kebutuhan yang kita miliki. 

A. Spesifikasi Detail 

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak akan menggunakan printer ini. Oleh sebab itu kita akan berusaha mengenal printer ini lebih dekat dengan melihat berbagai spesifikasi yang ada. Seperti kita ketahui, printer Canon LBP3300 ini adalah salah satu produk printer laser monokrom single function dari Canon yang beredar di Indonesia.

Printer yang di tawarkan oleh Canon tersebut jika di lihat dari spesifikasi lebih mengutamakan kualitas dan efisiensi. Itu berarti dengan printer ini kita dapat memiliki kecepatan tinggi dalam mencetak. 

Printer ini bentuknya tidak terlalu besar, namun memiliki kualitas cetak cepat untuk penggunaan di kelas Small Office dan Medium Business. Jika dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki, printer ini dapat dikatakan memiliki ukuran fisik yang cukup kecil dan sederhana. Kita akan leluasa menempatkan printer ini di sisi manapun di bagian ruang kerja yang ada. Coba kita lihat beberapa poin berikut:

- Dimensi fisik 369.7 x 257.7 x 375.7 mm 
- Berat sekitar 11 kg
- Waktu warming up kurang dari 9 detik
- Paper tray menampung hingga 250 lembar kertas

Coba kita lihat, Printer Mono Canon LBP3300 ini memiliki dimensi yang cukup kecil bukan, bahkan beratnya hanya sekitar 11 kilogram, berat yang cukup ringan jika kita melihat kemampuan yang ia tawarkan.

Yang membuat printer ini banyak di pakai adalah waktu pemanasan nya yang cukup singkat, coba saja, hanya membutuhkan waktu kurang dari 9 detik untuk warming up, cukup cepat bukan?

Kapasitas paper tray bisa mencapai 250 lembar, jelas sekali bahwa printer ini bukan printer untuk kebutuhan rumahan saja.

Umumnya kita tahu bahwa pengguna rumahan hanya akan menggunakan printer dengan daya tampung paper tray yang kecil. Ini juga di buktikan dengan adanya pilihan paper cassete yang di jual terpisah, cukup lumayan sepertinya? Perhatikan beberapa fitur lain berikut!
  • Kecepatan cetak 21 ppm (kerta A4)
  • Fitur auto duplex printing dengan kecepatan 12 ppm
  • Resolusi cetak 600 x 600 dpi.
  • Teknologi CAPT 2.1 dari Canon
  • Mencetak melalui jaringan ethernet
  • Printer canon wifi pixma ip7270 murah

Lihat saja, printer laser canon ini mampu mencetak dokumen di kertas berukuran A4 dengan kecepatan 21 ppm, dan sudah dilengkapi fitur automatic duplex printing (mencetak dua sisi sekaligus) dengan kecepatan hingga 12 ppm. Lalu bagaimana dengan dukungan kertas yang mampu di gunakan pada printer ini?

Tenang saja, printer ini mampu mencetak dengan media kertas plain paper ukuran A4, Letter, Legal, US Folio, Officio, JIS B5, ISO B5, Executive, A5, A6; Multipurpose Tray: A4, Letter, Legal, US Folio, Officio, JIS B5, ISO B5, Executive, A5, A6; Envelopes (Monarch, No. 10, DL, C5, C6); Custom size (76 x 127mm to 216 x 356mm).

Resolusi cetak printer ini mampu mencapai 600 x 600 dpi. Printer ini sudah dilengkapi teknologi CAPT 2.1 dari Canon. Canon mengklaim bahwa dengan memanfaatkan kekuatan Percetakan Canon Advanced Technology (Capt) dan Hi-SCoA (High Smart Compression Architecture), printer ini mampu memproses data gambar yang lebih cepat dibandingkan printer konvensional.

Yang Hi-ScoA lakukan adalah mengompresi data cetak ke ukuran yang lebih kecil untuk mentransfer cepat dari komputer ke printer dengan Capt. Hasilnya adalah kecepatan cetak yang baik tanpa ada upgrade memori printer yang cukup mahal. Mari kita lihat detailnya di bawah ini.

Spesifikasi Detail Canon Laser Shot LBP3300
Tipe Printer
Laser Printer
Metode Printing
On-Demand Fixing
Resolusi Maksimum
2400 x 600dpi equivalent (Automatic Image Refinement)
Toner Catridges
Toner Cartridge 308 (Approx. 2,500 pages)
Toner Cartridge 308 II, Optional (Approx. 6,000 pages)
Kecepatan Cetak
Mono 21ppm (A4 / plain paper) 
Bahasa Percetakan
CAPT2.1 (Canon Advanced Printing Technology)
First Print Out Time (FPOT)
Approx. 9 seconds or less (A4 / outputting face-down) 
Waktu Pemanasan (saat printer dihidupkan)
0 second (152 seconds when the printer is turned on) 
Kapasitas Kertas
·         Cassette feeder     : 250 sheets x 1
·         Paper Feeder (Optional): 250 sheets x 1
·         Manual feeder: 1 sheet
Ukuran Kertas
A4, B5, A5, LTR, Executive, Envelope C5 / COM10 / DL, Monarch, B5, Index Card, Custom paper (Lebar76.2 - 215.9mm; Panjang: 127.0 - 355.6mm)
Tipe Kertas
Plain paper, Heavy Paper, Transparency, Label, Index card, Envelope
Duplex Printing
Standard
Memori
8MB Standard (no additional memory required) + Hi-SCoA 
Uraian Bahasa
PCL5e/6, UFR
Interface
USB: USB2.0 Hi-Speed
Network: 10Base-T / 100Base-TX
Expansion: Slot x 1
Konsumsi Daya
·         Printing 120V: Approx. 446W
               220V: Approx. 436W
·         Standby 120V: Approx. 4W
               220V: Approx. 4W
·         Maximum 120V: Approx. 790W
                220V: Approx. 806W or less 
Sistem Operasi
·         Windows 98, ME, 2000, XP
·         Linux
Dimensi (W x D x H)
369.7 x 257.7 x 375.7mm
Berat
Approx. 11kg (diluar cartridge)

B. Kisaran Harga Printer Canon LBP3300

Produk dari Canon yang satu ini di bandrol dengan harga sekitar dua jutaan rupiah. Harga tersebut tentu akan sebanding jika kita mengingat bahwa mencetak melalui jaringan ethernet dimungkinkan dengan standar jaringan printer built-in untuk mudah mencetak cepat dalam kelompok kerja kecil di kantor untuk printer ini.

Mengingat fungsinya, dengan harga yang diberikan tentu printer laser monokrom Canon ini dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan usaha kecil dan skala menengah, UKM, serta instansi yang memiliki kebutuhan cukup tinggi dalam mencetak dokumen monokrom. Semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user dan pilihan untuk menggunakan printer yang sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi Canon LBP3300 dan Harga
Kisaran Harga Canon LBP3300
Rp. 2.500.000,-

Bagaimana, apakah Spesifikasi Printer Canon LBP3300 dan Harga yang ditawarkan cukup sesuai dengan kebutuhan yang ada? Tenang saja, pastinya untuk harga produk pasti sesuai dengan kemampuan yang dimiliki bukan?

Agar memiliki gambaran yang lebih mantap jangan lupa untuk membandingkan produk ini dengan beberapa produk lain. Beberapa merk dan seri printer lain yang sepadan bisa kita lihat di bagian akhir tulisan ini.