Printer HP LaserJet Enterprise 600 M603dn

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Printer HP LaserJet Enterprise 600 M603dn - Untuk ukuran usaha menengah Printer HP LaserJet ini mungkin akan menjadi pilihan yang tepat bagi kita karena printer ini memang di desain untuk kebutuhan skala usaha menengah ke atas. Itu berarti printer ini memang memiliki kemampuan yang lebih jika kita bandingkan dengan jenis printer standar untuk kebutuhan pribadi. Seperti apa spesifikasi dari printer ini dan berapa harga yang harus kita bayar? Ulasan lengkap mengenai hal itu bisa kita dapatkan dari penjelasan yang akan di berikan di bawah ini.

Kriteria seperti apakah printer yang kita butuhkan untuk kebutuhan bisnis atau usaha skala yang sedikit lebih besar? Jika kita akan membeli printer maka kita harus tahu benar mengenai apa yang kita butuhkan tersebut. Ini penting agar apa yang kita pilih nantinya bisa benar-benar mencukupi kebutuhan yang kita miliki. Karena itu kita harus memperhatikan benar dari aspek kemampuan printer yang akan dipilih ketimbang hanya mempertimbangkan dari sisi pengeluaran yang dibutuhkan. Setidaknya, dalam memilih printer yang cocok untuk usaha menengah kita hendaknya mempertimbangkan hal berikut:

1. Kebutuhan perusahaan
2. Spesifikasi produk printer
3. Fitur dan kemampuan penunjang
4. Ketahanan, suku cadang dan layanan servis

Tanpa memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan bisnis atau usaha kita maka kita akan sangat mungkin membeli produk yang kurang dapat memenuhi apa yang diharapkan. Karena itu sebelum membeli printer baru kita harus mengetahui apa kebutuhan tersebut. Contoh sederhananya kita bisa memperkirakan seberapa banyak cetakan yang kita butuhkan setiap bulannya, dengan begitu kita bisa memilih printer dengan kemampuan cetak (duty cycle) yang dapat mencukupi kebutuhan tersebut.

Selain itu kita juga tentu harus mengetahui produk macam apa yang dibutuhkan. Kita nantinya bisa mempelajari lebih jauh mengenai spesifikasi printer yang akan dibeli, apakah sesuai atau tidak dengan yang diharapkan. Fitur juga menjadi hal penting yang akan menunjang kebutuhan kita oleh karena itu baik juga untuk mempelajari berbagai fitur printer yang akan di beli.

Ketahanan dan suku cadang serta layanan servis terkadang luput dari perhatian kita saat membeli produk baru. Padahal hal tersebut sangat penting untuk kita pertimbangkan mengingat kita pasti tidak mau mendapatkan masalah karena sulitnya mencari suku cadang yang dibutuhkan ketika printer mengalami masalah.

Spesifikasi HP LaserJet Enterprise 600 M603dn

Jenis printer dari HP ini memang digadang-gadang cukup bagus untuk kalangan instansi dan usaha menengah karena mampu menopang kebutuhan yang cukup banyak. Nyatanya, HP LaserJet Enterprise 600 M603dn ini memang merupakan salah satu printer laser enterprise yang bisa memenuhi kebutuhan kita. Printer laser ini merupakan printer jenis monokrom A4 yang memang cocok bagi instansi lembaga maupun perusahaan dengan kebutuhan cetak yang cukup banyak. Printer ini bukan saja diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan cetak yang tinggi namun juga akan memberikan kecepatan cetak yang tinggi pula. Lalu seperti apakah spesifikasi dari printer usaha tersebut?

Berbicara mengenai spesifikasi, ada beberapa poin yang di awal bisa menjadi pertimbangan kita semua dalam memilih printer ini. Beberapa poin yang bisa kita pertimbangkan tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Kualitas yang lumayan
b. Kecepatan cetak yang bagus
c. Kemampuan cetak yang tinggi

Kalau kita melihat dari berbagai review yang ada, banyak pengguna yang sepakat bahwa printer ini memang mengutamakan kualitas dan efisiensi waktu. Hal ini dibuktikan dengan kondisi bahwa printer ini memiliki kecepatan tinggi yang didukung dengan duty cycle tinggi. Hampir sama dengan yang lain, HP LaserJet Enterprise 600 Series yang satu ini juga memiliki bentuk dan desain sederhana.

Bagaimana dengan fisiknya, apakah cukup bagus? Kalau di lihat dari sisi fisik, printer ini memang ukurannya dapat di katakan besar di atas ukuran printer lain, apalagi jika melihat bahwa printer ini hanya memiliki fungsi tunggal. Memang, meski ukuran printer cukup besar sebagai printer single function tapi kita tidak mungkin mempermasalahkan hal itu mengingat printer ini memang mengedepankan kualitas dan juga kecepatan cetak. Dengan ukuran yang besar tersebut printer ini memberikan:

a) kualitas cetak cepat
b) kapasitas toner besar
c) kapasitas kertas yang banyak

Kalau melihat yang diberikan maka ukuran tadi pasti bisa kita maklumi apalagi pertimbangan kita yang utama pasti bukan masalah ukuran melainkan masalah kemampuan yang bisa diberikan oleh printer tersebut. Bagaimana dengan hal lainnya? Beberapa poin lain yang bisa kita cermati dari printer ini adalah seperti di bawah ini.

  • Layar LCD 4 line 
  • Berat sekitar 26,3 kg
  • Dimensi fisik 415 x 508 x 398 mm
  • Processor Arm Cortex 800 Mhz
  • Memory standar 512 Mb
  • Duty cycle hingga 275.000 halaman perbulan
  • Printer sistem infus epson eco tank

Status kerja printer bisa kita monitor dari layar LCD 4 line yang ada di bagian atas. Hampir mirip mesin foto copy memang. Kalau dilihat dari berat dan ukuran atau dimensi fisik maka printer ini memang cukup besar jadi wajar saja kalau penggunaannya juga banyak digunakan oleh kalangan usaha menengah ke atas. Meski dengan ukuran yang besar namun karena desainnya yang sederhana printer ini bisa dengan mudah kita tempatkan di sisi ruangan di kantor.

Yang cukup bisa diandalkan adalah printer ini memiliki kemampuan cetak yang bisa sampai 275.000 halaman perbulan. Meski begitu di situs resminya, HP hanya merekomendasikan penggunaan 5000 hingga 20.000 halaman saja setiap bulannya. Alasannya mungkin jelas karena untuk pemeliharaan dan agar printer lebih awet dan tidak cepat rusak karena selalu bekerja dengan beban penuh.

Baki kertas atau cassette tray standar printer ini mampu menampung hingga 550 lembar kertas, dan terdapat optional paper tray yang dijual terpisah. HP LaserJet Enterprise 600 M603dn mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan hingga 62 ppm atau 62 halaman per menit dengan letter dan 60 ppm dengan mode kertas A4. Dengan resolusi cetak up to 1200 x 1200 dpi berkat teknologi HP FastRest 1200. Hasil cetak sangat tajam untuk teks dan karena ini printer laser, hasil cetakannya akan bertahan sangat lama. Printer ini pun sudah didukung fitur automatic duplex printing agar bisa mencetak dua sisi kertas sekaligus.

Toner cartridgenya memiliki kapasitas yang cukup besar. Printer ini menggunakan toner cartridge seri HP 90A dengan pageyield hingga 10.000 halaman kertas untuk kebutuhan standar. Terdapat pula versi HP 90X dengan pageyields hingga 24.000 halaman untuk kebutuhan cetak yang lebih tinggi. Printer laser ini juga dilengkapi dengan 10/100/1000 Ethernet sehingga mempermudah pencetakan jaringan jika digunakan secara bersama dalam suatu kelompok kerja kecil di kantor. Itu juga belum ditambah dengan berbagai fitur yang juga disematkan dalam printer ini. Fitur lain yang ada pada printer mono dari HP ini yaitu sebagai berikut:

- Fitur Auto-On/Off
- Fitur Instant-on
- Fitur Energy Star
- Fitur auto-duplex
- Fitur HP FutureSmart
- Fitur ePrint
- Fitur HP Access Control
- Fitur HP Web JetAdmin
- Fitur HP Universal Print Driver

Kalau mengukur dari kemampuan printer ini memang memiliki kemampuan yang cukup untuk mendukung kerja yang lebih tinggi dari kebutuhan biasa. Wajar memang karena printer ini memang untuk kalangan bisnis yang membutuhkan sebuah produk dengan kemampuan yang bisa diandalkan. Pertanyaannya, apakah Printer HP LaserJet Enterprise 600 M603dn tersebut benar seperti kriteria yang kita butuhkan? Jawabannya tentu sesuai dengan pengguna masing-masing.

Harga HP LaserJet Enterprise 600 M603dn

Pengguna pribadi pasti akan tercengang jika membicarakan mengenai harga printer ini. Benar saja, karena printer ini untuk kalangan usaha maka sesuai dengan kemampuan yang ditawarkan printer ini di jual dengan harga yang cukup tinggi. Harga Printer HP LaserJet Enterprise 600 M603dn berkisar sampai 20 juta rupiah, sebuah harga yang cukup menawan untuk produk yang bisa diandalkan, benarkah demikian?

Jika melihat dari kemampuan yang di tawarkan memang harga tersebut dapat di katakan sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan. Untuk ukuran bisnis yang perlu di perhatikan bukan hanya masalah harga tersebut melainkan lebih pada sisi kemampuan atau spesifikasi dari produk yang ditawarkan.


Kalau kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan baik maka harga tidak akan menjadi masalah yang serius. Karena dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut usaha yang kita jalankan akan lancar dan itu juga berarti bahwa keuntungan yang bisa kita peroleh pun akan lancar juga. Terakhir, untuk mendapatkan informasi harga terbaru printer ini maka akan sangat disarankan untuk kita cek langsung harganya ke distributor atau penjual resmi printer ini. Harga di atas hanya harga kisaran yang tentu saja bisa berbeda dengan yang ada di toko.