Memilih Laptop untuk Game

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Memilih Laptop untuk Game - Pemilihan laptop memang akan didasarkan pada kebutuhan yang dimiliki, lain kebutuhannya maka lain juga laptop yang harus dibeli. Sebenarnya tidak harus juga si namun untuk memaksimalkan kinerja dan mendukung semua kebutuhan yang ada memang laptop harus sesuai. Laptop untuk permainan atau game tentu berbeda  dengan laptop untuk bekerja. Karena memilih laptop untuk game perlu pertimbangan tersendiri sesuai kebutuhan game yang akan dimainkan.

Perbedaan pemilihan laptop ini terletak pada spesifikasi laptop yang akan dibeli. Kalau laptop untuk bermain game tentu spesifikasi yang dimiliki jelas berbeda dengan laptop untuk kegiatan bisnis. Dari sisi ini memang ada kecenderungan produk dengan spesifikasi yang berbeda-beda misalnya:

1. Laptop yang mengedepankan sisi desain
2. Laptop bisnis untuk kebutuhan mobile
3. Laptop untuk kebutuhan akses internet cepat
4. Laptop untuk main game yang berat

Masing-masing tentu memiliki kemampuan dan spesifikasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh laptop dengan harga di bawah 5 juta biasanya hanya cocok untuk kebutuhan komputerisasi sehari-hari seperti kebutuhan program pengolahan kata dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan laptop gaming?

Apa saja sebenarnya yang harus kita pertimbangkan untuk memilih laptop yang akan digunakan untuk bermain game? Untuk kebutuhan game cara yang tepat untuk memilih laptop adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan kemampuan yang dapat diberikan oleh laptop dalam menjalankan berbagai game berat. Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita ingin membeli laptop untuk game yang bagus. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Processor
  2. Kartu Grafis
  3. RAM maksimal
  4. Storage (HDD – SSD)
  5. Layar
  6. Baterai
  7. Kenyamanan pakai
  8. Lihat juga harga fujitsu lifebook bh 531 dan spesifikasi

Dari sisi processor, jika kita ingin membeli khusus untuk gaming maka hendaknya kita mempertimbangkan spesifikasi prosesor dengan teknologi yang terbaru. Misalnya saja pada processor Intel kita dapat memilih yang sudah menggunakan Ivy Bridge agar dapat mendukung berbagai fitur yang lebih baik. Untuk urusan prosesor ini tentunya sangat penting bagi kenyamanan kita.

Dalam hal kartu grafis yang penting untuk kita pertimbangkan adalah kekuatan grafis yang diberikan. Hal ini berkaitan dengan versi VGA yang ada. Sedangkan dari segi kecepatan maka sebaiknya kita pertimbangkan juga masalah kapasitas RAM yang mampu ditampung dalam laptop tersebut. Semakin besar tentu akan semakin baik untuk mendukung kegiatan kita.

Untuk dapat memaksimalkan kebutuhan akan game maka kita harus membeli produk laptop yang kapasitas penampungannya besar. Bisa dibayangkan, biasanya kita akan menyimpan file game mentah yang belum diinstal dengan ukuran yang cukup lumayan, belum lagi dengan file instalasinya. Untuk itu setidaknya kita bisa memilih paling sedikit dengan kapasitas storage sebesar 500 GB. Selain itu kita juga dapat mempertimbangkan juga untuk kemungkinan updgrade hard disk ke SSD. Memang sih yang sekarang beredar masih berkapasitas kecil. Tapi kecepatan dan keiritan daya yang ditawarkannya sangat menggoda. 

Lalu bagaimana dengan masalah layar-nya? Untuk ukuran layar tentu akan sangat tergantung pada selera masing-masing, tidak ada ukuran yang pas. Kita dapat menentukan mana yang paling nyaman digunakan. Sekedar rekomendasi, diagonal 15,6 inchi itu nyaman dan lega banget untuk main game.

Dalam memilih laptop game tidak hanya mempertimbangkan berbagai hal di atas saja, masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan misalnya mengenai daya tahan baterai laptop. Jika dibandingkan dengan komputer desktop, memainkan game di laptop memang kendala terbesarnya adalah pada kebutuhan daya yaitu baterai. Kita tidak bisa sepuas jika menggunakan komputer, karena itu kita bisa memilih yang baterainya lumayan.
Cara Memilih Laptop untuk Game

Yang patut ditimbang selanjutnya adalah dari sisi kenyamanan pakai. Untuk kebutuhan game maka kita dapat mempertimbangkan untuk memilih laptop dengan fitur back-lit keyboard. Dan, jangan lupa juga untuk melihat fitur lainnya seperti misalnya keberadaan koneksi Bluetooth, kenyamanan keyboard, letak panel-panel dan juga masalah port yang tersedia.

Penentuan pilihan seperti ini memang sangat tergantung pada pribadi masing-masing. Setiap orang akan menekankan pilihan pada sisi yang berbeda. Mudah-mudahan setidaknya info tentang Cara Memilih Laptop untuk Game ini bisa jadi bahan renungan kita bersama yang sedang mencari produk laptop khusus game.