Cara Install Scanner di Komputer Mudah

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Panduan Cara Install Scanner di Komputer yang Mudah - Memasang sarana alat pendukung pada perangkat komputer sebenarnya langkahnya tidak begitu sulit. Namun demikian jika kita belum pernah sama sekali melakukannya tentu kita tetap membutuhkan panduan dan arahan yang jelas bagaimana melakukannya. Nah, untuk panduan komputer kali ini kita akan belajar memasang alat scanner di komputer yang kita miliki. Di sini akan dipandu langkah demi langkah sampai proses instal perangkat tersebut sukses dan siap untuk digunakan.

Sudah tahu scanner bukan, tidak perlu di bahas banyak mengenai pengertian atau definisi scanner ya. Seperti kita tahu scanner adalah alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda. Dengan alat ini kita dapat memindai berbagai macam benda mulai dari yang bentuknya berupa dokumen dan sebagainya. Biasanya dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan alat ini untuk scan foto, dokumen, buku dan sebagainya.

Seperti kita ketahui, alat yang terhubung dengan komputer sebelum digunakan harus di instal terlebih dahulu, baru setelah itu alat tersebut bisa terbaca dan dapat digunakan sesuai fungsinya. Scanner pun demikian, setelah kita beli kita harus melakukan instalasi terlebih dahulu untuk menghubungkan alat scanner tersebut dengan perangkat komputer yang akan digunakan. Caranya tidak sulit, pertama kita tinggal menghubungkan kabel yang ke komputer, menghidupkan scanner lalu melakukan instalasi driver scanner tersebut. Agar lebih jelas, cara instal scanner di komputer seperti langkah-langkah di bawah ini.

1) Hidupkan scanner
2) Klik dialog found new hardware
3) Masukkan cd program
4) Install scanner
5) Klik finish

Pertama pasang kabel power di stop kontak listrik, setelah itu pasang juga kabel ke komputer. Setelah semua terpasang lalu hidupkan scanner tersebut. Sekarang ini kebanyakan perangkat telah menggunakan teknologi plug and play, begitupun dengan scanner. Karena itu setelah kita menghidupkan scanner maka akan tampil kotak pesan Found New Hardware pada taskbar komputer kita.

Setelah ada tampilan kotak notifikasi silahkan Klik Notifikasi Found New Hardware yang muncul tersebut. Setelah itu akan tampil jendela baru, selanjutnya klik Yes, this time only lalu klik Next. Beberapa saat proses instalasi akan berlangsung, setelah itu kita akan diminta untuk memasukkan CD driver bawaan dari mesin scanner tersebut. Jadi setelah itu masukkan CD tersebut dan install. Proses instalasi ini akan memakan waktu beberapa menit hingga selesai. Setelah semua proses selesai maka kita tinggal klik finish untuk mengakhiri instalasi tersebut.

Selain melakukan instalasi dengan cara di atas kita juga bisa melakukan instalasi manual melalui control panel. Caranya yaitu masuk ke control panel, pilih Scanners and Cameras lalu klik tombol Add. Dengan proses ini maka kita akan menginstal scanner menggunakan Scanner and Camera Installation Wizard.

Pada tahap selanjutnya kita tingga klik Next, setelah itu kita bisa memilih jenis dan model scanner yang akan di pasang tersebut dari daftar. Jika tidak ada di daftar kita bisa juga memilih menu have disk untuk melakukan proses selanjutnya menggunakan CD driver bawaan scanner. Kemudian langkah terakhir tinggal klik tombol Finish untuk mengakhiri instalasi. Selesai, scanner kita sudah siap untuk digunakan.


Jika dilihat sekilas langkah-langkahnya memang agak sedikit ribet namun sebenarnya tidak. Sementara waktu kita bisa melakukan instalasi menggunakan panduan di atas, lain waktu akan disiapkan juga video cara instal scanner agar lebih mudah lagi.

Demikian untuk panduan komputer kali ini. Semoga dengan adanya sedikit pembahasan mengenai cara install scanner di komputer ini kita semua yang hendak memasang alat scanner pada komputer bisa terbantu. Sebelum lupa, langkah-langkah di atas adalah proses instalasi untuk scanner asli bukan scanner gabungan dengan printer. Kalau scanner yang ada pada printer cara instalasinya tentu berbeda dengan scanner yang ini. Itu saja, semoga berkenan!