Bagaimana Cara Pasang Infus Printer Merk HP

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Pasang Infus Printer HP - zaman sudah berubah. Printer semakin banyak pilihan baik dari segi model, harga bahkan fitur. Apa kira-kira infus printer secara manual masih dibutuhkan ya? Mungkin ya mungkin juga tidak. Tergantung kondisi dan keadaan serta kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk jenis printer merk hp sudah ada yang langsung dengan fitur infus. Bukan hanya merk hp sih, epson dan lainnya juga sudah menyediakan printer yang seperti ini. Disebutnya adalah hp ink tank. Pada printer jenis ini sudah dilengkapi dengan wadah tinda diluar printer yang memudahkan pengguna untuk mengisi ulang tinta.

Itu yang terbaru. Dengan printer ini pengguna tidak akan repot lagi seperti dulu. Tapi masalahnya itu yang terbaru. Bagaimana jika kita masih memiliki printer lawas yang masih berfungsi dengan baik. Sementara printer tersebut belum dilengkapi sistem infus. Pasang infus printer sendiri dong ya?

Ya, kembali seperti yang sudah disinggung diawal. Sesuai kebutuhan, kadang perlu kadang juga tidak. Tidak usah dibahas yang ink tank. Kita bahas saja yang membutuhkan infus printer secara manual. Bagi yang ingin mencoba, bisa mempelajari caranya disini.

A. Persiapan pasang infus printer hp sendiri

Kalau memang dibutuhkan, kita bisa memasang infus tinta pada printer yang kita miliki. Meski sebenarnya kalau masih bagus agak sayang tetapi demi kenyamanan dan kemudahan bisa juga dipertimbangkan.

Ada kelebihannya jika dipasang infus. Yang jelas kalau sudah dipasang tidak akan susah lagi dalam mengisi ulang tinta. Biasanya kan agak repot kalau tinta habis. Bahkan kadang harus belepotan dengan tinta.

Kalau mau diinfus bagaimana caranya, apa saja yang harus dipersiapkan ya? Kita bahas satu - satu dulu. Mulai dari yang harus disiapkan. Untuk persiapan infus printer perlu dipersiapkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut.

1. Tabung Tinta (Ink Tank)
2. Gunting atau silet.
3. Selotip.
4. Bor 

Dimana mendapatkan alat dan bahan tersebut? Bahan - bahan dan alatnya bisa disiapkan sendiri. Kalau tabung tinta infus bisa didapat di toko komputer ya. Biasanya banyak yang jual tabung tinta yang dibutuhkan.

Gunting, silet, selotip atau bor bisa disiapkan di rumah. Yang agak sulit mungkin bor karena tidak semua orang punya bor. Untuk apa sih pakai bor segala? Ya pokoknya dipakai deh. Kita persiapkan saja semua. Setelah itu lanjut ke langkah-langkah pemasangannya. 

B. Langkah pemasangan infus printer

Terus, bagaimana sih memasang infus printer sendiri? Pada prinsipnya proses pemasangan ini tidaklah sulit. Meski begitu dalam pemasangan harus diperhatikan dan sangat hati-hati. Hal ini karena infus printer termasuk sensitif dan tidak bisa sembarangan atau asal dipasang saja.

Pada intinya hanya beberapa tahap kok. Pertama menyiapkan perangkat printer beserta catridge yang dibutuhkan. Yang kedua membuat lubang catridge. Memasang selang tinta dan yang terakhir merapikan selang yang sudah dipasang. Untuk lebih jelas perhatikan penjelasan dibawah ini.

1) Siapkan printer
Pertama tentu kita siapkan terlebih dahulu printer yang mau digarap. Pastikan printer dalam kondisi normal. Bisa hidup dan bisa mencetak dengan sempurna. Jika perlu silahkan bersihkan printer agar tidak kotor.

Kabel - kabel juga bisa dilepas terlebih dahulu agar lebih mudah. Setelah itu bawa printer ke tempat yang nyaman untuk melakukan pemasangan infus. Pilih tempat yang terang dan jauh dari gangguan anak - anak ya.


Kalau printer sudah siap maka kita tinggal siapkan alat lain yang dibutuhkan. Tabung, selang dan alat lain yang dibutuhkan bisa diletakkan di tempat yang mudah dijangkau saat pengerjaan nanti. Supaya tidak mondari - mandir.

2) Pembuatan lubang catridge
Langkah kedua adalah membuat lubang untuk pemasangan selang infus. Yang dibuat lubang pada catridge-nya ya, bukan dibadan printer. Pertama kita lepas dulu catridge dari printer. Setelah itu gunakan bor untuk membuat lubang pada catridge.

Pembuatan lubang bisa ditempat lubang kecil pengisian tinta yang sebelumnya sudah ada. Lubang selang ini jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil ya. Pastikan lubangnya pas untuk memasukkan karet selang.

Pas benar, jangan ada longgar sedikitpun. Silahkan buat lubang dengan bor untuk semua warna pada catrige. Hati-hati ya, kalau sampai salah akibatnya bisa runyam. Harus hati - hati dalam pengerjaannya.

Setelah lubang siap, jangan lupa untuk memasang karet selang, karet selang ini untuk memastikan tidak ada kebocoran udara pada sambungan selang ke catridge tersebut. 

3) Pemasangan selang
Setelah karet dipasang, silahkan pasang selang catridge dengan hati-hati. Sebelum memasang selangnya pastikan tinta pada selang sudah terisi sampai di ujung. Kalau belum silahkan sedot dengan suntikan atau lainnya. Setelah tinta terisi baru selang dipasang pada catridge.


Setelah selang terpasang, jangan lupa untuk membuat jalur untuk selang tintanya. Setelah semua terpasang dengan baik maka kita bisa lanjut ke proses berikutnya.

4) Merapikan instalasi
Setelah selesai coba pasang catridge pada tempatnya. Setelah itu pekerjaan selanjutnya adalah merapikan selang. Selang yang terpasang harus dirapikan. Kita tempelkan sedemikian rupa sehingga catridge bisa leluasa bergerak dan tidak menghalangi jalur catridge.

Pastikan selang tadi tidak sampai terlipat atau nyangkut pada saat catridge bergerak. Anda bisa merapikan selang ini menggunakan selotip. Lebih jelas silahkan lihat contoh instalasi selang infus dibawah.


Setelah terpasang dengan rapih maka bisa coba dihidupkan terlebih dahulu. Bisa dilihat dan dicek ulang apakah catridge bisa bergerak normal seperti biasa. Setelah itu coba untuk mencetak. Kalau tidak ada masalah, printer sudah selesai dipasang infus tinta.

Selesai. Setelah semua beres anda bisa meletakkan perangkat printer pada tempat yang sudah disiapkan. Tapi, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasangan infus printer ini. 

Jangan lupa, pastikan letak Ink Tank sejajar dengan printer. Jika diletakkan terlalu tinggi, apalagi di atas printer, tinta pada selang bisa mengalir berlebihan. Hal itu bisa membuat catridge banjir.

Bahkan bisa jebol. Berikutnya, jangan lupa untuk membuka ink tanker ketika printer digunakan untuk mencetak. Itulah tadi sedikit pembahasan kita tentang proses pemasangan infus pada printer. 

Perlu diingat bahwa printer HP umumnya agak sulit jika diinfus. Biasanya catridge sering bocor karena tidak sanggup menahan tekanan tinta dari tabung. Jika terjadi, anda bisa menggunakan dumper untuk mengatur aliran tinta. Itu saja ya, jangan lupa hati - hati. Kesalahan ditanggung sendiri ya!