Bagaimana Cara Memperbaiki Cartridge Printer Inkjet?

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Memperbaiki Cartridge Printer Inkjet - perbaikan dilakukan jika kondisi alat atau komponen mengalami kerusakan. Cirinya, penurunan fungsi dari alat atau komponen tersebut. Pada perangkat cetak seperti printer yang paling banyak dikeluhkan memang masalah cartridge printer.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer

Bicara mengenai cartridge rusak sebenarnya agak berat juga sih. Coba saja lihat bentuknya. Bukan dirangkai dengan kabel yang jelas terlihat yang jika putus kabelnya bisa dengan mudah disambung. Apalagi mengingat kerusakan cartridge umumnya terjadi pada bagian yang agak sulit atau mungkin tidak bisa diperbaiki.

Yang paling umum, kerusakan cartridge biasanya terjadi pada dua bagian. Yang pertama adalah dibagian head dan yang kedua dibagian chip atau contacts. Dibagian head biasanya karena tersumbat dan terbakar/gosong. Dibagian chip biasanya tidak terbaca pada printer.

1) Cara memperbaiki cartridge printer yang tidak terbaca 
2) Cara memperbaiki cartridge printer canon yang bergaris 
3) Cara memperbaiki cartridge printer yang kering 
4) Cara memperbaiki cartridge printer canon yang bocor 
5) Cara memperbaiki cartridge printer yang rusak 
6) Cara memperbaiki cartridge printer hp deskjet 1000 
7) Cara memperbaiki cartridge printer canon mp237 
8) Cara memperbaiki cartridge printer canon ip 2770

Melihat kasus-kasus yang banyak terjadi tersebut maka sangat penting untuk menjaga cartridge agar bisa berfungsi maksimal dan tahan lama. Menjaga atau memelihara cartridge agar awet lebih mudah untuk diterapkan agar cartridge tidak cepat rusak.

Apa yang bisa dilakukan agar cartridge bisa berfungsi secara maksimal dengan durasi pemakaian yang cukup? Ada banyak yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips supaya catridge printer lebih awet:
  1. Jangan melakukan pencetakan dalam jumlah banyak secara sekaligus. Misal jika anda mencetak 100 lembar, maka sebaiknya dibagi menjadi 2-4 kali perintah cetak.
  2. Jangan biarkan jika tinta habis, hentikan proses cetak dengan meng-cancel perintah cetak memalui komputer, atau dengan mengambil kertas dari paper feed, kemudian batalkan perintah cetak. Kemudian segera isi/refill cartridge Anda.
  3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai mencetak) lebih dari 5 -7 hari. Usahakan dalam 1 minggu minimal Anda mencetak sekali (black & color). Atau jika Anda bingung harus mencetak apa, cukup hidupkan printer. Karena setiap kali printer dihidupkan, maka printer akan membuang sedikit tinta untuk membasahi print head.
  4. Jangan sembarangan memilih merk tinta, apalagi ganti merk tinta isi ulang yang digunakan. Percampuran tinta berbeda merk dapat mengakibatkan penggumpalan yang dapat menyumbat head printer. 
  5. Pilih tinta isi ulang dengan kualitas bagus. Karena kualitas tinta yang buruk dapat mengakibatkan penyumbatan karena adanya residu/endapan tinta.
  6. Gunakan juga kertas dengan kualitas bagus. Jika kertas yang digunakan kurang baik, maka debu dari kertas dapat meyumbat print head.
  7. Untuk printer infus/CISS, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat. Jika terjadi masalah masuk angin atau tinta tidak mengalir, segera perbaiki.
  8. Jangan mengisi tinta terlalu penuh karena dapat menyebabkan banjir tinta atau bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit.

Kita sudah melakukan perawatan cartridge secara maksimal. Anggap saja begitu. Tetap saja, ada masanya dimana cartridge akan mengalami masalah. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki cartridge yang rusak?

Cara memperbaiki komponen printer ini tentu saja harus sesuai dengan keadaan kerusakan yang terjadi. Ada banyak cara. Maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan adalah menidentifikasi kerusakan tersebut dengan teliti. Untuk gambaran, berikut mari kita bahas beberapa kasus yang terjadi.

1. Cartridge mengalami penyumbatan

Masalah kerusakan paling umum yang sering terjadi pada printer inkjet adalah penyumbatan pada cartridge. Cartridge yang tersumbat ini juga bisa berbeda-beda kondisinya. Ada yang ringan, sedang dan berat. Yang ringan dan sedang kemungkinan masih bisa ditangani.

Untuk penyumbatan yang berat cartridge sudah harus pensiun atau diganti yang baru. Lalu, bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki cartridge mampet? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cartridge mampet ringan bisa diatasi dengan menggunakan cleaning dan deep cleaning melalui menu maintenance pada properties printer. Silahkan buka print properties, pilih tab maintenance dan lakukan cleaning.

Jika cleaning tidak memberikan hasil memuaskan kita bisa menggunakan deep cleaning sampai dua atau tiga kali. Jika head cartridge hanya tersumbat sedikit maka cara ini biasanya akan berhasil masalah cartridge tersebut.

Bagaimana jika cartridge mampet sudah agak berat? Pada kejadian seperti ini resiko cartridge tidak bisa dipakai memang sudah besar. Bahkan, biasanya meski dilakukan penanganan khusus banyak cartridge yang akhirnya harus diganti.

Tapi tidak ada salahnya mencoba. Caranya, ambil tisu. Celupkan ke air hangat. Tempelkan ke head sampai beberapa detik. Tinta akan keluar melalui tisu tersebut. Lakukan beberapa kali dan coba lihat hasilnya. Beberapa sumbatan yang belum parah bisa ditangani dengan cara ini. Asal dilakukan dengan sangat hati-hati.

Kalau mampet-nya sudah parah bagaimana. Sudah tidak keluar tinta sama sekali. Masih ada satu cara yang bisa dicoba. Tapi resikonya juga berat. Caranya yaitu dengan menyelupkan head ke dalam air hangat sampai beberapa kali.

Fungsi air hangat ini diharapkan dapat mencairkan tinta yang kering di head cartridge. Untuk langkah ini tingkat keberhasilannya kecil karena biasanya head juga sudah pernah over head dan rusak.

2. Cartridge tidak terbaca

Masalah berikutnya yang juga sering terjadi pada cartridge printer inkjet adalah cartridge tidak terbaca. Ada dua penyebab yang bisa membuat hal itu terjadi. Pertama karena masalah yang terjadi pada sensor rumah cartridge. Yang kedua ada masalah pada sensor atau chip yang ada di cartridge.

Masalah yang berkaitan dengan dua hal tersebut sering terjadi karena hal ringan maupun hal berat. Hal ringan misalnya karena ada kotoran yang membuat chip pada cartridge tidak bisa terhubung dengan sempurna.

Kalau masalah kotoran - biasanya percikan tinta - cara mengatasinya tidak sulit. Tinggal gunakan tisu lembut dan lap bagian chip dengan cara mengusapnya perlahan-lahan dengan satu arah. Cara ini cukup efektif dan berhasil untuk mengatasi percikan tinta yang sampai mengotori chip cartridge.

Berikutnya, cartridge tidak terbaca bisa juga disebabkan karena pemasangan cartridge yang kurang sempurna. Untuk mengatasi hal ini silahkan buka lalu pasang lagi cartridge dengan baik.

Yang paling berat, cartridge tidak terbaca karena adanya kerusakan pada komponen rumah cartridge. Kalau sudah kena yang seperti ini yang paling mudah tentu kita bisa membawanya ke tempat servis. Karena untuk melakukan perbaikan pada masalah ini kita perlu membongkar printer.

3. Cartridge salah isi tinta

Selain dua hal di atas cartridge printer inkjet juga bisa mengalami masalah jika si pemilik salah melakukan pengisian tinta warna. Misalnya saja bagian yang untuk warna merah (magenta) diisi dengan warna kuning.

Meski terdengar sederhana, kesalahan ini cukup fatal untuk hasil cetak dari perangkat printer yang kita miliki. Bagaimana tidak, kesalahan warna ini tentu akan langsung berpengaruh pada hasil cetak warna yang dilakukan.

Warna hasil cetak akan kacau atau tidak sesuai dengan warna pada gambar sebenarnya. Lalu, jika sudah terlanjur terjadi kesalahan apa yang bisa dilakukan?

Untuk mengatasi salah isi warna pada cartridge printer inkjet yang paling gampang adalah dengan terus menggunakannya sampai tinta habis. Gunakan seperti biasanya sampai beberapa hari. Setelah tinta habis segera lakukan pengisian tinta di tabung yang sesuai. Jangan sampai salah lagi.

Setelah tinta yang salah tadi sudah habis dan diisi dengan tinta warna yang seharusnya maka perlahan hasil cetak akan bisa kembali seperti biasa. Cara seperti ini saya anggap paling mudah dan resikonya kecil.

Selain menggunakannya seperti biasa, sebernya kita juga bisa menguras isi cartridge yang warnanya salah. Tetapi prosesnya agak repot dan rawan menyebabkan chip cartridge kotor. Untuk itulah kalau sekedar salah warna lebih baik dibiarkan saja.

Demikianlah tadi sedikit gambaran berbagai permasalahan yang bisa terjadi pada cartridge printer inkjet. Tidak menutup kemungkinan masih ada hal lain yang bisa terjadi. Paling tidak beberapa solusi untuk memperbaiki cartridge printer di atas bisa dijadikan bahan rujukan.

Silahkan lakukan penanganan sesuai dengan kondisi mesin printer yang dimiliki. Tapi ingat, segala hal yang dilakukan hendaknya dilakukan dengan hati-hati dengan memperhitungkan resiko yang bisa dihadapi.

Kalau tidak mau menanggung resiko lebih baik kerusakan yang ada diserahkan saja kepada tenaga servis printer yang sudah berpengalaman. Itu saja untuk pembahasan kita kali ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Salam.