Cara Menggunakan Laptop Second

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Bagaimana cara menggunakan laptop? Pertanyaan itu sering ada dalam pikiran kita tetapi jarang ditanyakan langsung. Apalagi untuk kita yang belum pernah memegang laptop sama sekali. Susah dijawab karena memang kita belum terbiasa dengan teknologi yang satu ini.


Tapi jangan bingung, apalagi takut. Bersama situs belajar-komputer-laptop-printer.blogspot.com ini kita bisa mendalami ilmu komputer dan juga laptop. Paling tidak untuk kebutuhan sendiri. Kebutuhan sehari-hari yang sering dijumpai.

Memang, yang namanya belum tahu ya bingung dan takut. Tidak bisa disalahkan. Bahkan dulu ada salah satu sahabat yang benar-benar bingung. Ia kemudian bertanya bagaimana cara menggunakan laptop second Acer 4750z. Yang kebetulan baru ia beli.

Percaya tidak. Saya membuktikannya. Dengan sedikit pemahaman dan kesabaran. Dalam hitungan jari ia sudah bisa mengoprasikan laptop miliknya itu. Bahkan sampai ia datang ke rumah sambil membawa gula kopi sebagai ucapan terima kasih.

Anda pun bisa. Dari yang tidak tahu menjadi tahu. Belajar laptop itu gampang. Benar - benar gampang. Kalau anda benar-benar butuh. Syaratnya anda mau saja.

Kuncinya begini. Pertama, jangan takut salah. Jangan takut rusak. Menggunakan laptop itu sama saja dengan menggunakan komputer. Bahkan tidak jauh berbeda dengan handphone. Apalagi smartphone yang biasa kita pegang. 

1) Acer aspire 4750z
2) Acer aspire 4750z driver for windows 8
3) Acer aspire 4750z driver for windows 7 64 bit
4) Acer aspire 4750z wifi driver
5) Acer aspire 4750z spesifikasi
6) Acer aspire 4750z driver download
7) Acer aspire 4750z driver windows 7 32 bit
8) Acer aspire 4750z spec

Saya rasa kalau terlalu panjang lebar dijelaskan nanti tambah pusing dan bingung. Lebih baik kita langsung mulai dengan sesuatu yang nyata saja. Bisa langsung diterapkan.

Untuk menggunakan perangkat ini tentu yang pertama harus dipahami adalah cara menghidupkan dan mematikan laptop. Sudah tahu caranya? Sedikit berbeda dengan televisi.

Meski sama-sama elektronik namun cara menghidupkan dan mematikannya berbeda. Supaya lebih jelas langsung kita bahas saja satu persatu apa dan bagaimana caranya. Baca pelan-pelan saja ya. Kalau bisa langsung dicoba.

1) Cara menghidupkan laptop

Sebelum digunakan kan harus dihidupkan terlebih dahulu. Saya anggap sudah banyak yang tahu. Tapi bagi yang belum tahu tidak usah panik. Caranya gampang kok. Tidak sulit seperti mengikuti ujian cpns.

Bagaimana caranya? Caranya, cari tombol power. Lalu pencet saja. Pencet dan tahan satu atau dua detik lalu lepaskan tombol power. Biasanya layar laptop akan segera menyala. Setelah itu tinggal tunggu saja sampai layar menampilkan gambar.

Bagaimana kalau setelah ditekan tombol powernya tetapi tidak hidup? Untuk laptop second ada kemungkinan baterai sudah tidak berfungsi dengan baik. Kalau terjadi seperti itu jangan panik. Ambil charger laptop. Pasang kabel yang ke laptop, kemudian colokkan ke listrik.


Setelah charger terpasang, laptop dalam kondisi di cas, tekan tombol power seperti tadi. Jangan salah ya. Tombol power ada logonya sendiri. Lihat pada gambar di atas agar lebih jelas. Letak tombol power ini kadang tidak sama, tergantung laptopnya. Makanya yang perlu dicari logo seperti gambar di atas.

Setelah laptop menyala, tunggu sebentar. Biarkan sampai lampu indikator berwarna merah berhenti menyala. Setelah lampu tersebut hanya berkedip-kedip sesekali maka laptop siap digunakan. Tinggal mau digunakan untuk apa, terserah anda.

2) Cara menggunakan laptop

Berikutnya adalah bagaimana menggunakan perangkat laptop untuk kebutuhan yang kita inginkan. Setelah dihidupkan dengan cara di atas maka laptop siap digunakan. Nah, kalau anda bertanya bagaimana cara menggunakan laptop maka saya bertanya balik. Mau digunakan untuk apa?

Nah, perlu diketahui. Laptop itu perangkat elektronik yang canggih, multi fungsi. Bisa digunakan untuk banyak hal. Laptop bisa apa? Banyak, bisa untuk menghitung, menulis, mendengarkan musik, memutar video. Banyak lagi.

Anda mau menggunakan laptop untuk apa? Mari kita bahas yang ringan dulu saja. Kita akan belajar mendengarkan musik, melihat video, mengetik dan juga internetan dengan laptop yang kita miliki. Caranya, kita ikuti penjelasan berikut!

Menggunakan laptop untuk mendengarkan musik
Yang paling gampang tetapi asyik. Laptop bisa digunakan untuk mendengarkan musik. Apa saja, ada dangdut, rege, pop, musik barat dan lain sebagainya. Lagu apapun bisa diputar asal sudah ada di dalam laptop kita. Caranya bagaimana, berikut langkah-langkahnya.

- hidupkan laptop
- pilih menu windows
- pilih winamp
- pilih menu file
- pilih menu play folder
- cari folder musik di laptop kita
- klik tombol OK

Menggunakan laptop untuk melihat video, film dll
- pilih menu windows
- pilih program vlc player/windows media player
- cari menu open file/folder
- cari folder video
- klik tombol OK

Menggunakan laptop untuk mengetik dokumen
- pilih menu windows/start
- pilih program ms office word
- mulai mengetik

Menggunakan laptop untuk internetan
- hidupkan laptop
- sambungkan laptop dengan modem/lan
- buka google crome/mozila firefox
- mulai berselancar/ketik yang ingin dicari

Bagaimana, tidak begitu sulit ya? Mungkin masih ada yang kesulitan karena penjelasannya hanya melalui tulisan. Untuk melengkapi panduan ini lain waktu akan diberikan contoh langsung bagaimana menggunakan laptop untuk berbagai kebutuhan.

3) Cara mematikan laptop

Setelah menggunakan laptop kita harus mematikannya. Mematikan perangkat laptop atau komputer tidak sama dengan cara menghidupkannya. Tidak sama dengan tv atau lainnya dimana tombol power yang digunakan.

Untuk mematikan laptop yang paling baik adalah dengan menggunakan menu shut down. Sebenarnya menggunakan tombol power yang untuk menghidupkan juga bisa tetapi kadang tidak disetting dengan baik sehingga kurang baik.

Langkah yang benar untuk mematikan laptop adalah dengan menggunakan menu shut down tersebut. Cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

- tutup semua program yang sedang berjalan
- pilih menu start/menu windows
- klik tombol shut down
- laptop akan segera mengahiri sesi kerja dan mati

Apapun itu, bahkan untuk laptop yang belum pernah dipelajari pun sebenarnya tidak terlalu susah. Asal kita mau mencari tahu dan mempelajarinya. Menggunakan laptop baik baru maupun second sama saja dan tidak sulit. Mudah-mudahan panduan singkat ini bisa membantu.