Mengatasi Printer Tidak Baca Cartridge

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Printer yang tidak bisa baca cartridge termasuk salah satu kendala yang cukup sering terjadi pada perangkat pencetak seperti misalnya printer inkjet. Sering kali meski cartridge sudah dipasang tetapi tidak bisa digunakan.

Printer Tidak Baca Cartridge

Mungkin ada yang pernah mengalaminya, bingung bagaimana cara ngatasin printer epson t13 yg tdk bisa bca catrik. Itu salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi pada perangkat printer. Bukan hanya epson, pada printer canon pun bisa juga terjadi eror yang seperti ini.

Masalah cartridge yang tidak terbaca ini ada dua penyebab utama yang bisa dianalisa. Yang pertama, ada masalah pada dudukan cartridge dan yang kedua adanya masalah pada cartridge itu sendiri. Lebih jelas mari kita bahas satu per satu.

1. Masalah pada dudukan cartridge (rumah cartridge)

Jika mengalami masalah cartridge seperti ini tentu kita harus mengurut atau mencari terlebih dahulu sumber masalahnya dimana. Yang pertama, perlu kita cari tahu terlebih dahulu apakah ada masalah pada rumah cartridge.

Saya menggunakan istilah rumah cartridge ini agar lebih mudah untuk dipahami. Seperti kita tahu, cartridge dipasang pada bagian khusus di dalam sebuah printer. Di bagian tersebut chip cartridge akan terhubung dengan perangkat printer.

Sebuah printer tidak dapat mendeteksi atau mengenali cartridge itu berarti ada masalah pada koneksi tersebut. Yang pertama bisa dilihat adalah apakah ada gangguan atau kerusakan pada dudukan cartridge tersebut.

Untuk mengetahui apakah ada kerusakan, cara paling mudah adalah dengan mencoba memasangkan cartridge baru. Lihat apakah cartridge bisa terbaca dengan baik atau tidak. Jika dengan cartridge baru tetapi tetap tidak terbaca maka kemungkinan ada masalah pada dudukan tersebut.

Adanya masalah pada dudukan ini tentu bisa mengakibatkan cartridge tidak bisa terhubung dengan benar. Oleh karena itu akhirnya printer tidak dapat mengenali cartridge yang terpasang.

Lalu, bagaimana jika memang terjadi masalah pada dudukan tempat cartridge berada? Apa yang bisa dilakukan? Lihat dulu masalahnya. Kadang hal kecil bisa jadi persoalan. Misalnya saja terdapat percikan tinta yang membuat kotor. Jika ini yang terjadi maka tinggal dibersihkan saja dengan tisu halus.

Bisa juga memang ada komponen yang sudah tidak berfungsi. Tentu kalau ini yang terjadi maka solusinya dibongkar dan diganti dengan part yang baru.

2. Masalah pada chip cartridge

Jika terjadi masalah pada chip cartridge juga bisa membuat cartridge tidak bisa dikenal. Ini juga sering terjadi. Yang paling umum biasanya chip kotor akibat tinta. Atau kotor karena sentuhan jari tangan yang berminyak.

Sebelum melihat yang lebih jauh, jika terjadi masalah cartridge tidak dapat dikenali maka sebaiknya dicek juga bagaimana kondisi chip cartridge. Pastikan kondisi chip bersih dan bisa konek dengan baik.

Jika dilihat ada kotoran, bercak tinta atau lainnya bisa segera dibersihkan menggunakan tisu yang lembut. Setelah dibersihkan lalu coba pasang kembali cartridge dan lihat hasilnya. Biasanya jika hanya kotor maka setelah dibersihkan cartridge bisa dibaca lagi.

Saat membersihkan chip cartridge jangan lupa juga untuk memastikan rumah cartridge atau dudukan cartridge juga bersih dan tidak ada kotoran yang mungkin menghalangi atau mengganjal cartridge. Karena kebanyakan cartridge tidak terdeteksi karena masalah ringan tersebut.

3. Cartridge tidak terpasang dengan benar

Selain dua hal di atas, masalah ini juga bisa terjadi karena ada halangan yang membuat cartridge tidak terpasang dengan baik. Misalnya, ada sobekan kertas yang terselip diantara cartridge dan dudukan cartridge.

Bisa juga terjadi jika cartridge tidak terpasang dengan baik. Misalnya kurang ditekan yang pas sehingga chip tidak menempel pada tempatnya.

Saat mengalami masalah ini yang pertama bisa dilakukan adalah coba lepas dan pasang kembali cartridge dengan hati-hati. Baru setelah itu coba hidupkan printer. Saya sering mengalami hal ini karena memang cartridge tidak terpasang dengan baik sehingga tidak terbaca.

Itulah tadi beberapa masalah yang menyebabkan cartridge tidak terbaca. Semoga saja dengan apa yang disampaikan di atas printer bisa segera digunakan kembali seperti biasa. Jangan lupa, apapun masalahnya jika tidak yakin maka solusi terbaik adalah dengan membawanya ke servis yang berpengalaman.