Panduan Cara Servis Canon MP287 tidak Menyala

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Tiba-tiba tidak bisa dihidupkan, Canon MP287 tidak mau hidup meski tombol power telah ditekan berkali-kali. Jika anda mengalami hal ini mungkin anda perlu membaca sedikit panduan berikut. Disini anda mendapatkan penjelasan cara servis Canon MP287 tidak menyala. Mungkin anda bisa belajar hal baru dari kasus atau masalah printer yang sedang dialami.

Mengalami hal yang sangat mengganggu dan mungkin bisa saja membuat anda stress, jika anda sedang mengalami masalah printer yang satu ini yang perlu anda lakukan pertama kali adalah tetap tenang.

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi dengan keadaan printer tersebut. Baiknya anda mengikuti penjelasan ini sampai habis.

Tanda kerusakan yang dimaksud pada kasus ini adalah printer tiba-tiba tidak mau menyala meskipun tombol power telah ditekan berkali-kali. Jika anda mengalami hal seperti maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:
  1. Bagaimana dengan arus listrik, pastikan normal
  2. Mungkin kabel tidak terpasang dengan benar, pastikan semua kabel terpasang dan berfungsi dengan benar
  3. Mungkin kerusakan hardware, anda harus membongkar untuk pengecekan
  4. Lihat juga printer epson l355 sistem infus

Sebelum anda lebih jauh menganalisa kerusakan yang mungkin terjadi pada Canon MP287 tersebut maka hal pertama pastikan bahwa sumber dan aliran listrik berfungsi normal. Cek terlebih dahulu listrik, kemudian kabel apakah sudah terpasang dengan benar.

Jika anda sudah memastikan bahwa tidak ada masalah dengan hal tersebut baru anda bisa melangkah ke proses selanjutnya.

Dengan kondisi Printer Canon MP287 tidak menyala dan tidak ada tanda-tanda bahwa printer akan hidup setelah menekan tombol power sedangkan printer masih sempat digunakan beberapa hari yang lalu.

Maka ada kemungkinan masalah terjadi di dalam printer tersebut, bisa kerusakan hardware maupun kotoran. Untuk mengatasi Canon MP287 tidak Menyala yang bisa anda lakukan yaitu seperti pada langkah di bawah ini.
  1. Jika printer kotor dan tercium bau kurang sedap dari dalam printer maka kemungkinan besar ada kecoa atau serangga yang bersarang di bagian dalam printer. Seringkali terjadi serangga seperti semut dan kecoa masuk ke printer dan bersarang di dalamnya. Bongkar printer yang bermasalah.
  2. Bersihkan semua bagian dalam printer tersebut, pastikan semua bersih dari kotoran apapun.
  3. Bersihkan semua bagian dalam printer termasuk yang paling penting adalah membersihkan mainboard-nya yang sangat kotor. Bersihkan sebersih mungkin dengan menggunakan tinner atau air dicampur sabun kemudian jemur mainboard untuk mengeringkannya. Kemungkinan besar mainboard yang kotor inilah yang menyebabkan printer tidak mau menyala. 
  4. Jika ada kerusakan pada komponen silahkan diganti.
  5. Setelah semuanya selesai, rangkai kembali semua bagian menjadi utuh lagi. Cek semua kembali komponen dan kabel yang terpasang dan pastikan sudah benar pasangnya. 
  6. Coba untuk hidupkan printer, biasanya printer akan menyala. 
  7. Pasang catridge atau infusnya kemudian kencangkan semua baut dan casingnya lalu lakukan tes print. 
  8. Jika tes print berhasil maka printer sudah bisa digunakan kembali. 

Pada kasus ini, masalah yang terjadi hanya karena printer kurang perawatan dan terlalu kotor sehingga ada serangga yang mengotori bagian dalam printer termasuk mainboard printer. Untuk itu, jika anda tidak menemukan indikasi kerusakan lain maka setelah dirakit kembali Canon MP287 tersebut akan normal kembali.
Cara Servis Canon MP287 tidak Menyala

Jadi catatan penting hari ini adalah jangan terburu-buru dalam memperbaiki kerusakan printer, pastikan anda menganalisa semua kemungkinan karena mungkin saja sebenarnya tidak ada masalah serius yang terjadi. Demikianlah, mudah-mudahan Panduan Cara Servis Canon MP287 tidak Menyala yang Mudah di atas bisa menjadi bahan referensi belajar kita semua.

Untuk masalah lain silahkan baca juga panduan cara perbaikan printer yang ada di bagian bawah. Untuk memudahkan anda dalam mencari berbagai informasi tentang printer silahkan catat alamat website ini.