Mengatasi Epson L110 Tinta Warna Tidak Keluar (Bocor)

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Hari ini kita belajar Mengatasi masalah Printer Epson L110 dimana Tinta Warna Tidak Keluar (Bocor). Untuk yang ingin belajar otak-atik printer sendiri bisa coba mempelajari sedikit ilustrasi servis yang akan diterangkan disini.

Selain sebagai solusi masalah yang sedang terjadi anda bisa mempelajari panduan ini untuk jaga-jaga agar saat tertimpa masalah tinta tidak keluar bisa tahu cara memperbaiki-nya. 

Prosedur kerjanya tentu akan dimulai dari mengidentifikasi masalah yang terjadi, dalam hal ini kita akan mencari penyebab kebocoran dan letaknya dimana agar bisa menentukan langkah perbaikan selanjutnya. Kita mulai saja dengan mengenal tanda kerusakan yang terjadi. 

Pada error ini "Printer Epson L110" bisa mencetak akan tetapi warna yang keluar hanya warna hitam saja tanpa warna lain. Kemungkinan kerusakan juga bisa terjadi pada head printer namun untuk memastikannya harus dibongkar.

Untuk masalah ini ternyata selang infus di bagian dalam printer bocor. Dengan masalah ini lalu bagaimana Mengatasi Epson L110 Tinta Warna Tidak Keluar (Bocor) tersebut?

Jika anda mengalami masalah kebocoran pada selang tinta seperti ini maka yang harus dilakukan adalah menyambung atau mengganti selang tersebut. Untuk itu cara perbaikan ini bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Putar pengunci aliran tinta yang ada pada tabung infus agar tinta tidak mengalir ketika dibongkar. 
  2. Setelah printer dibongkar, bersihkan semua bagian dalam printer yang dipenuhi oleh tumpahan tinta. 
  3. Setelah bersih, putus/potong selang infus yang bocor kemudian sambung dengan selang infus biasa yang ukurannya lebih kecil dari selang infus bawaan printer Epson L110. Potong selang yang kecil ini secukupnya sehingga bisa disambung dengan selang selang infus epson. 
Buka kembali aliran tinta di tabung infus supaya tinta bisa mengalir kembali ketika disedot. 
  1. Sedot tinta dari lubang bawah catridge dengan menggunakan suntikan agar tinta bisa mengalir memenuhi bagian dalam catridge dan nantinya menuju ke head. 
  2. Sedot semua catridge jika tidak ada tinta di dalam catridge atau hanya sedikit saja. 
  3. Pasang semua catridge kemudian rangkai semua kembali menjadi satu. 
  4. Infus dipasang kembali setelah dibersihkan
  5. Lakukan cleaning pada printer agar tinta bisa mengalir dan memenuhi bagian head. 
  6. Setelah cleaning, lakukan nozle check dan semestinya tinta warna sudah keluar semua. Jika tinta yang tercetak kelihatan putus-putus lakukan cleaning kembali sampai tinta tercetak dengan baik. 
Sampai pada langkah di atas maka Masalah Tinta Warna Tidak Keluar sudah bisa teratasi. Dengan begitu anda dapat menggunakan kembali printer tersebut seperti biasanya. Pendek saja, mudah-mudahan apa yang diutarakan di atas mengenai Cara Mengatasi Epson L110 Tinta Warna Tidak Keluar dapat bermanfaat bagi anda semua. 

Baca juga:
  1. Harga laptop murah asus x452ea vx026d
  2. Update harga laptop asus a43s core 13
  3. Harga notebook asus taichi 21 dan eeepc
  4. Daftar harga laptop murah kurang dari 3 juta
  5. Harga asus k43u vx070d lima jutaan

Untuk mendapatkan panduan servis printer lainnya anda bisa melanjutkan membaca beberapa panduan yang ada di bagian bawah tulisan ini. Semakin sering anda belajar dan mencoba maka sangat mungkin anda bisa menjadi teknisi printer yang handal, atau paling tidak untuk kebutuhan anda sendiri sudah cukup.

Mengatasi Epson L110 Tinta Warna Tidak Keluar (Bocor)

Jangan lupa, prosedur atau langkah perbaikan di atas bisa saja tidak sama jika diterapkan beda orang jadi pastikan anda memahami dan mencari rujukan lain agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Itu saja, sampai jumpa lain waktu.