Cara Mengatasi Error Pada Printer Epson TX111

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Kita akan belajar Cara Mengatasi Error khususnya pada Printer Epson TX111 yang mengalami beberapa masalah. Disini akan kita coba cari solusi dari beberapa kerusakan atau masalah yang sering terjadi pada printer tersebut. Tentu saja, kita akan mencari tahu penyebab error dan cara mudah memperbaiki error tersebut.

Dengan diberikan pembahasan mengenai hal seperti ini admin sendiri sama sekali tidak berharap anda mengalami hal ini, dan tentu akan sangat menyenangkan jika anda tidak perlu mempraktekkan apa yang di paparkan disini karena itu berarti anda tidak mengalami masalah dengan "Epson TX111" yang digunakan. Bila anda mengalami Masalah Pada Printer Epson TX111 maka anda bisa cari pemecahannya disini.

Bisa karena umur pemakaian bisa juga karena kesalahan perawatan, yang jelas error pada printer ini bermacam macam yang di indikasikan dengan blinking merah pada led kertas dan tinta dan blinking pada keduanya. Agar lebih jelas berbagai permasalahan tersebut akan kita bahas satu-persatu. 

A. Blink pada gambar kertas
Jika blinking pada kertas berarti kertas tidak dapat masuk atau biasanya disebut paper jam. Kerusakan ini biasanya disebabkan karet paper loading (entah apa namanya) nya sudah lemah atau ada sesuatu yang mengganjal jalannya kertas.

Untuk masalah ini pemecahannya tidaklah terlalu rumit, jika anda mengalaminya silahkan lakukan beberapa penanganan berikut:
- Jika ada yang mengganjal cobalah putar manual dengan kertas diletakkan pada paper tray.
- Jika karet paper loading udah lemah ganti dengan yang baru atau putar karetnya setengah lingkaran

Selain masalah tersebut, ada beberapa permasalahan atau error lain yang sering terjadi. Silahkan anda cermati beberapa penjelasan selanjutnya.

B. Blink pada gambar tinta, tinta minta direset
Untuk mengatasi Error Printer Epson TX111 yang satu ini, cara pertama ganti catridge yang ditunjuk bermasalah. Selain itu, cara kedua masuk ke driver printernya, klik kanan klik properties klik printing preference klik maintenance klik ink catrid replacement.

Tunggu sampai pada posisi catrid bisa dilepas / diambil. Lalu ambil catridge yang ditunjuk bermasalah atau ambil semuanya tunggu beberapa saat lalu pasang kembali dan teruskan perintah yang disediakan pada ink catridge replacement tadi. 

C. Blink pada gambar kertas dan tinta
Pada awalnya pergerakan printer ini normal normal saja. tapi pada saat warmingup scaner tiba tiba bunyi trek trek trek trek terus lalu blink gambar kertas dan tinta. ini terjadi karena scaner sudah lemah dan sudah tidak mampu membaca sensor jadi langsung aja ganti dengan yang baru (harga scaner aja mungkin sekitar 300 ribuan) atau cari kanibal.

D. TX111 tidak detect catridge

1. Catridge lama balik ke tempat semula
Ini dikarenakan aliran listrik menuju pin catridge terputus, coba cek pada main board cari tulisan F1 dan F2 ( F = Fuse ) F1 dan F2 adalah Fuse atau sekring berbentuk R (resistor). cek mnggunakan avo meter jika scala menunjukkan tersambung berarti fuse bagus dan jika menunjukkan putus ganti aja dengan fuse yang lain atau ganti dengan R dengan nilai yang kecil.

2. Port Scaner
Kalau port scaner dilepas berarti scaner tidak bekerja dan lampu indikator akan blinking. Kalo port scaner dipasang dan printer tidak bisa membaca (detect) catridge maka lampu indikator power dan tinta menyala. jadi scaner printer untuk kasus diatas adalah normal dan scanernya baik-baik saja.

Beberapa masalah di atas biasanya sering terjadi, jika anda mengalami error tersebut anda bisa belajar mengatasi Error Printer Epson TX111 tersebut seperti yang dijelaskan di atas. Jangan lupa, dalam melakukan perbaikan perlu anda ketahui bahwa melakukan perbaikan haruslah hati-hati. Kesalahan dalam prosedur perbaikan bisa saja mengakibatkan printer mati total.

Cara Mengatasi Error Pada Printer Epson TX111

Cukup itu saja, semoga apa yang dipaparkan di atas tidak perlu anda praktekkan pada printer di rumah. Silahkan baca juga beberapa panduan servis printer lainnya di bagian bawah tulisan. Mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.