Spesifikasi Printer Brother DCP-1510 dan Harga

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Anda yang membutuhkan Printer Brother DCP-1510 pastinya membutuhkan spesifikasi dan harga printer tersebut. Untuk kepentingan itulah kali ini akan dibahas mengenai detail spec untuk produk printer Brother tersebut.

Pada review Brother DCP-1510 tersebut tentu anda akan mendapatkan gambaran mengenai kelebihan dan juga kelemahan printernya. Penasaran ingin tahu lebih banyak mengenai mesin pencetak ini?

Yaps, Brother yang satu ini adalah produk khusus untuk pengguna rumahan serta SOHO (small office home office). Printer Brother DCP-1510 ini merupakan salah satu dari perangkat printer laser multifungsi monokrom ini dilengkapi dengan fitur print, scan, dan copy.

Dengan satu perangkat anda bisa melakukan tiga pekerjaan sekaligus yaitu mencetak, scan data dan copy dokumen, lumayan bukan? Untuk gambaran printer ini berikut beberapa poin umum untuk printer tersebut.

a. Bentuk simple
b. Kualitas cetak cepat
c. Desain compact & simple
d. Control panel di bagian depan printer dan terlihat sangat sederhana
e. Duty cycle hingga 1800 halaman perbulan

Sesuai untuk kebutuhan anda bukan? Coba lihat gambaran di atas, bentuk yang simpel tentu biasanya memaksimalkan fungsi selain itu untuk pencetakan sudah bisa dibilang cepat dengan dukungan desain compact dan sederhana.

Apalagi dengan dukungan panel yang sederhana tentunya akan memudahkan pengoprasiannya bukan?

Anda bisa menghitung kira-kira dengan printer ini anda bisa menghasilkan berapa keuntungan jika dipergunakan untuk usaha cetak, satu bulan kurang lebih seribu delapan ratus halaman, cukup banyak?

A. Spesifikasi Printer Brother DCP-1510

Gambaran umum di atas tentu saja tidak cukup, masih banyak yang harus kita ketahui misalnya saja prosesornya bagaimana, berat printernya berapa dan juga kecepatan cetaknya. Baiklah, silahkan anda lihat juga spesifikasi detail Printer Brother lainnya berikut!

1. Processor 200 Mhz 
2. Berat printer 7 kg
3. Dimensi 385 x 340 x 255 mm
4. Membutuhkan sekitar 10 detik untuk cetakan pertama sejak dinyalakan
5. Kecepatan hingga 20 ppm untuk kertas mode letter dan 21 ppm dengan kertas mode A4
6. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi 
7. Teknologi Elektrophotographic Laser technology dengan mode pencetakan monokrom kertas A4. 

Dari beberapa poin di atas tentunya anda sudah mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kemampuan dan juga kapasitas printer besutan Brother tersebut. Sekarang coba anda lihat beberapa fitur yang ditawarkan dari spek di atas. Berikut rangkuman fitur Brother DCP-1510 tersebut.

Fitur
- Fitur Poster Printing
- Watermark Printing
- Booklet Printing, dan N-up Printing

Tiga fitur di atas merupakan fitur yang ditawarkan khusus untuk urusan pencetakan, sekarang coba kita lihat lebih dekat mengenai fitur scan dan juga copy para printer tersebut.

Scan 
- Resolusi scan hingga 600 x 1200 dpi
- Kecepatan memindai sekitar 10 detik per halaman atau 
- 6 halaman per menit untuk file hitam putih 
- sekitar 3 halaman per menit untuk memindai file warna
- Maksimal ukuran kertas A4 dengan scanner jenis flatbed

Copy 
- Kecepatan meng-copy hingga 20 cpm (copy per minute) 
- Resolusi hingga 600 x 600 dpi. 
- Maksimum mode sampai dengan 99 halaman sekali perintah

Tentunya semua sudah bisa anda pertimbangkan baik tidaknya setelah melihat penjelasan dari Spesifikasi Printer Brother DCP-1510 di atas. Tinggal menganalisa kelebihan dan juga kekurangan dari printer ini. Bagaimana, masih tertarik mengenal lebih jauh printer murah berkualitas tersebut?

B. Kisaran Harga Brother DCP-1510 

Sebelum mempertimbangkan masalah uang mari kita tengok sebentar mengenai keunggulan dan juga kelemahan atau kekurangan.

Dari sisi spek printer sebenarnya anda sudah dapat mempertimbangkan dan mengetahui dimana sisi lebih dan sisi kurang dari produk ini, namun begitu agar lebih mudah berikut beberapa catatan mengenai kelebihan dan juga kelemahan printer tersebut.

Kelebihan (mengurangi paper jam)
  • Penggunaan paper guide yang lebih panjang
  • Sistem dual roller dengan bahan antidebu 
  • Jalur kertas yang lebih pendek yakni 220 mm
  • Paper tray menampung hingga 150 lembar kertas

Printer ini sudah dilengkapi toner save mode sehingga semakin menghemat penggunaan toner nya dan meningkatkan produktifitas cetak. Printer ini juga memiliki fitur Energy Star sehingga cukup hemat daya.

Brother DCP-1510 menggunakan jenis cartridge toner yang terpisah antara toner dan drum unitnya, sehingga harga consumable tonernya akan semakin terjangkau. Sayangnya, kapasitas tonernya terbilang kecil untuk ukuran printer laser multifungsi. 

Kemungkinan hal ini dilakukan untuk menekan ongkos produksi dan harga consumable nya. Standar tonernya memiliki page yield hingga 1000 halaman dengan standard 5% coverage area cetak monokrom. Sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 10.000 halaman, artinya paling tidak drum unitnya akan diganti setelah 10 kali tonernya diganti. 

Kelemahan
Hal yang paling mengganggu adalah kenyataan bahwa fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (auto duplex) belum dibenamkan dalam printer laser ini, jadi anda harus menggunakan manual duplex saat melakukan pencetakan dua sisi. Selain itu printer ini juga belum terdapat ADF (auto document feeder).

Selebihnya, dari catatan poin lebih dan kurang printer ini masih tergolong yang direkomendasikan. Tentu semua tergantung pada kebutuhan dan kegunaan yang anda miliki. Pastikan semua kebutuhan pencetakan bisa anda penuhi baru anda bicara mengenai harga. 

Spesifikasi Printer Brother DCP-1510 dan Harga
Kisaran Harga Printer Brother DCP-1510
Rp. 1.187.000,-

Jauh-jauh menelusuri detail printer sekarang waktunya bagi anda untuk mempertimbangkan masalah biaya. Berapakah harga printer ini? Dengan semua fitur yang ditawarkan, printer ini masih tergolong murah, coba cek di beberapa reseller-nya, Printer Brother DCP-1510 harganya hanya 1 juta lebih sedikit. Sangat terjangkau dengan kondisi kebutuhan pribadi bukan?

Dengan beberapa fitur andalan anda bisa memaksimalkan pencetakan dengan hanya menghabiskan uang sedikit. Bagaimana, berminat mencoba printer ini? Jangan buru-buru, pastikan anda membandingkan produk ini dengan produk lain di bagian bawah.