Cara Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Reset Canon IP2770 saja tidak gampang, terkadang ada saja masalah yang sulit untuk di atasi apalagi jika kita belum terbiasa melakukannya. Kali ini untuk yang mengalami masalah blinking orange pada printer pixma Ip2770 bisa ikut mempelajari pengalaman bagaimana mengatasi error saat mereset printer khususnya printer pixma ini. Untuk yang belum tahu cara reset juga bisa belajar.

Proses reset printer pada umumnya terdiri dari dua tahap yang harus dilalui yaitu yang pertama membawa printer dalam keadaan mode perbaikan dan yang kedua melakukan reset. Dua langkah ini merupakan satu kesatuan yang mana yang pertama adalah syarat untuk dilakukannya proses kedua. Sebelum lebih jauh membahas masalah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Untuk anda yang belum begitu terbiasa dengan proses mereset printer anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:
1. Sebelum reset pahamilah terlebih dahulu cara mereset printer anda
2. Anda harus memiliki software resetter yang dibutuhkan
3. Kesalahan bisa berakibat fatal

Untuk menghindari berbagai kemungkinan kerusakan maka sangat bijak jika sebelum anda reset sendiri anda mempelajari cara reset printer sesuai merk yang anda miliki. Masing-masing printer mungkin berbeda cara dan proses yang harus dilakukan, jadi cara referensi terlebih dahulu. Selain itu proses ini juga membutuhkan software, jadi selain bisa anda juga harus mempunyai software-nya.

Cara Reset Printer Canon Pixma IP2770

Baiklah, jika anda sudah memahami beberapa kemungkinan terburu yang mungkin bisa terjadi sekarang waktunya kita mulai belajar bagaimana proses reset tersebut. Untuk anda yang belum tahu bagaimana melakukannya silahkan baca tutorial Mereset Printer Canon IP2770 di bawah ini.

Sebelum melakukan reset anda harus masuk mode perbaikan (service mode) pada printer yang akan direset. Cara masuk service mode printer ip2770 ini yaitu sebagaimana dijelaskan pada langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Pastikan bahwa Printer Canon IP 2770 / IP 2700 anda dalam keadaan off (Mati) Namun kabel power (listrik) terpasang.
  2. Tekan tombol RESUME selama kurang lebih 2 detik
  3. Setelah itu tekan tombol POWER sampai lampu hijau menyala (saat menekan tombol POWER, tombol RESUME jangan dilepaskan dulu)
  4. Kemudian lepaskan tombol RESUME, namun jangan lepas tombol POWER.
  5. Sambil tombol POWER masih tertekan, tekan tombol RESUME 6 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange. 
  6. Lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
  7. Led akan blink sebentar kemudian akan nyala HIJAU.
  8. Komputer akan mendeteksi device baru, abaikan saja
  9. Keadaan ini menunjukkan printer IP 2770 dalam keadaan SERVICE MODE dan siap direset.

Pada posisi ini anda bisa mulai melakukan reset dengan menggunakan software (program resetter) yang cocok untuk jenis printer ini. Program reset ini ada dua versi yang banyak beredar silahkan download terlebih dahulu dua program tersebut melalui tautan di bawah ini.

Download Resetter Canon IP2770

Jika anda sudah mendownload program di atas berarti tinggal proses reset-nya. Langkah-langkah reset dengan software ST-V1074 sebagai berikut:
  1. Jalankan Aplikasi / Software Resetter versi ST-V1074
  2. Klik “MAIN”, maka printer akan berproses, kemudian iP2770 akan print satu halaman dengan tulisan "D=000.0"
  3. Klik "EEPROM Clear"
  4. Kemudian klik "EEPROM", dan printer akan print hasil Resetter iP2770. Salah satu barisnya tulisannya sbb: "TPAGE(TTL=00000)"
  5. Setelah itu Matikan Printer dan hidupkan kembali.
Jika tidak ada kendala maka sampai pada proses tersebut anda sudah bisa menggunakan printer anda sebagaimana biasanya. Mudah-mudahan langkah di atas sukses dan mengatasi masalah error yang terjadi.

Cara Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770
Cara Reset IP2770 dengan Resetter ST-V1074

Cara Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770
Reset Printer IP2770 dengan Restter v3400
Pastikan anda melakukannya dengan benar, jika semua sudah benar dan masih tidak sukses maka anda bisa mencoba resep ip2770 dengan resetter Versi v3400. Caranya hampir sama, agar lebih jelas silahkan anda perhatikan perbedaan tampilan software tersebut pada gambar yang disertakan.

Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770

Ada kalanya untuk melakukan reset khusus printer ini prosesnya tidak berjalan dengan baik. Semua langkah sudah dilakukan namun pada saat proses reset yang didapat software resetter error (not responding). Mendapati masalah ini beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan install ulang pada driver printer
2. Memastikan driver terinstal bukan versi copy

Jika anda menggunakan panduan reset di atas menggunakan software pertama (Versi ST-V1074) dan mengalami masalah "resetter not responding" alias program resetter tidak berjalan atau eror maka kemungkinan besar program tersebut tidak cocok untuk printer yang anda miliki.

Solusi mengatasi error reset tersebut anda bisa mencoba menggunakan program kedua (Versi v3400). Software kedua - berdasarkan pengalaman - bisa mengatasi masalah reset printer yang terjadi dan bahkan dapat mengatasi error 5b00 pada printer canon ip2770 ini.

Dengan pembahasan mengenai Cara Mengatasi Error Saat Reset Canon IP2770 ini mudah-mudahan printer anda yang selalu berkedip lampu orange saat akan mencetak dapat kembali normal. Jika ada yang tidak jelas silahkan lihat beberapa uraian lainnya di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat, terima kasih!