Merawat Printer Inkjet

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Cara Merawat Printer Inkjet agar Awet - Semua orang mungkin mampu membeli printer sendiri untuk kebutuhan di rumah namun tidak semua orang mampu menjaga printer yang di miliki agar bisa tahan lama dipakai. Tidak semua, tapi umumnya memang begitulah kenyataannya.

Untuk printer inkjet misalnya, merupakan salah satu printer yang terjangkau namun sering kali memberikan kendala. Kendala pada jenis printer ini khususnya untuk kita pengguna rumahan sehingga sering rusak.


Meski dengan harga murah namun sering kali kita terpaksa harus membeli printer baru karena mengalami masalah tersebut. Itu karena kita sebenarnya kurang paham tentang bagaimana merawat printer agar awet sehingga printer yang kita gunakan cepat rusak.

Jenis printer inkjet murah ini dipilih bukan tanpa alasan. Tentu saja, selain dari sisi harga yang terjangkau, printer ini memiliki beberapa keunggulan lain sehingga banyak menjadi pilihan kita semua. Beberapa alasan mengapa Printer Inkjet ini dipilih antara lain:

1. Harga terjangkau
2. Sederhana dan mudah digunakan
3. Perawatannya lebih mudah
4. Dukungan servis memadai

Tapi masalahnya bukan itu, yang akan kita bahas adalah berbagai kiat untuk memperlambat proses kerusakan printer yang kita miliki tersebut. Tentu saja yang dirawat dengan baik dan yang tidak dirawat akan jauh berbeda ketahanan-nya.

Untuk alasan itulah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara merawat printer tersebut yaitu khusus printer jenis yang ini. Perangkat printer sebenarnya bisa di rawat dengan mengacu pada petunjuk penggunaan yang telah diberikan masing-masing merk.

Tapi tentu saja tidak semua dari kita sempat membaca berbagai informasi yang diberikan. Nah, berikut ini ada beberapa kiat dalam melakukan perawatan printer yang kita miliki. Di bawah ini beberapa tips untuk merawat printer inkjet kamu yang bisa kita lakukan.

  1. Jangan pernah biarkan printer inkjet Anda tidak terpakai terlalu lama. Penggunaan secara periodik, setidaknya 2 kali seminggu, akan membuat tinta yang terdapat pada nozzle head tidak sampai kering. Kalau tinta tersebut kering, maka akan terjadi penyumbatan pengeluaran tinta yang tentunya dapat merusak printer Anda.
  2. Biasanya, dalam paket printer inkjet sudah mendapatkan software bernama clean head. Gunakan kemampuan clean head untuk membersihkan nozzle head. Pastikan Anda melakukannya secara periodik, minimal sebulan sekali, disarankan sebulan 2 kali.
  3. Debu dan kotoran luar juga bisa merusak printer. Apabila Anda melihat ada benda asing seperti debu dan kotoran terjatuh dalam printer, bersihkan langsung. Pastikan Anda tidak menggunakan lap yang basah atau banyak air saat membersihkannya. Air akan merusak printer dengan cepat.
  4. Ketika Anda ingin mematikan printer, pastikan untuk menggunakan tombol power, bukan dengan mencabut kabel printer. Apabila Anda mematikan dengan mencabut kabel printer, maka head printer belum sempat kembali ke posisi awalnya. Dampaknya? Tinta printer akan cepat mengering.
  5. Ketika mencetak dokumen, pastikan bahwa kertas tidak terlipat. Lebih baik menggunakan kertas yang halus. Apabila sampai kertas tersangkut pada printer, maka roller printer bisa rusak.
  6. Jangan menyentuh bagian elektrik cartridge printer dengan jari, terutama pada bagian chip dan head. Listrik statis tubuh Anda bisa merusak komponen printer. Apabila Anda harus membersihkan bagian tersebut, gunakan kertas tissue berkualitas. Tissue berkualitas jelek malah akan meninggalkan kotoran tambahan.
  7. Gunakan tinta refill berkualitas baik dan pastikan mengisi cartridge tidak terlalu penuh. Pengisian terlalu penuh berpotensi kebocoran cartridge. Dampak terparahnya? Motherboard printer juga bisa rusak!
  8. Jangan pernah membiarkan printer tidak berisi cartridge dalam jangka waktu terlalu lama. Print headbisa kering apabila cartridge tidak terisi. Pastikan juga wastepad tidak meluber di dalam printer.
  9. Jangan pernah merasa jago dengan membuka casing printer. Ingatlah bahwa komponen printer hanya bisa di servis oleh orang yang sudah ahli. Anda hanya perlu melakukan perawatan, bukan mencoba untuk memperbaiki.
Sedikit perduli dengan alat yang kita gunakan tentu bisa menghemat pengeluaran. Tidak ada salahnya menjaga mesin printer kita dengan baik agar bisa maksimal. Jika sudah waktunya rusak maka kita tidak akan menyesal karena usia penggunaan printer sudah maksimal.

Cara Merawat Printer Inkjet agar Awet

Dalam melakukan perawatan Printer Inkjet agar awet tersebut tentunya kita harus melakukannya secara berkesinambungan agar printer yang kita miliki benar-benar terjaga dengan baik. Kalau di rawat maka kerusakan bisa lebih dikurangi. Demikian sedikit tips perawatan kali ini. Semoga bermanfaat.