Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270 - Hasil cetak pada printer 2270 bergaris, pernah mengalami masalah tersebut? Untuk kita pengguna printer Canon 2270 mungkin pernah mengalami hal ini dan tentunya sangat mengganggu karena hasil print tidak maksimal. Situs khusus printer kali ini akan membahas mengenai permasalahan tersebut mulai dari menganalisa penyebab hasil cetak bergaris sampai pada solusi atau cara mengatasi masalah tersebut. Bukan menggurui namun hanya berbagi pengalaman saja sebagai bahan referensi.

Seperti kita ketahui, pada mesin cetak printer banyak kendala sehari-hari yang sering kita hadapi. Kendala tersebut sebenarnya bukan hanya terjadi pada jenis Printer Canon 2270 saja melainkan berbagai jenis printer lain juga bisa mengalami permasalahan hasil cetak yang tidak maksimal tersebut. Kalau untuk printer ini terkadang kita bisa mengalami Masalah Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270 selain masalah-masalah lain yang bisa terjadi.

Pada kondisi ini kita dapat mencetak dokumen atau foto dengan printer yang kita miliki namun hasilnya kurang maksimal. Hasil pada cetakan printer terlihat bergaris dan tidak penuh sehingga mengakibatkan gambar tidak begitu berkualitas. Apabila kita mengalami masalah seperti ini maka kita perlu mencari tahu terlebih dahulu berbagai penyebabnya, baru setelah kita tahu apa yang menyebabkan hasil cetak print bergaris kita dapat menentukan langkah perbaikan yang tepat.

Penyebab Cetak Foto Bergaris Printer Canon

Pada jenis Printer Canon 2270, tidak berbeda dengan printer lain, kerusakan atau masalah seperti ini juga terjadi karena ada masalah para cartridge printer yang kita miliki. Masalah pada cartridge tersebutlah yang paling banyak mengakibatkan hasil cetakan bergaris, pudar atau bahkan putus-putus. Beberapa penyebab hasil cetak foto bergaris antara lain sebagai berikut:

1. Tekanan udara pada cartridge tidak sesuai standar
2. Aliran tinta tidak lancar
3. Terjadi kerusakan pada cartridge
4. Mengatasi printer tinta hitam tidak keluar

Setidaknya ada tiga poin yang paling sering mengakibatkan masalah seperti ini. Pertama, hasil cetak dapat bergaris jika terjadi adanya tekanan udara yang tidak sesuai pada cartridge. Hal ini biasanya terjadi pada jenis print yang sudah di modifikasi menjadi printer sistem infus dimana terdapat gelembung udara pada selang infus.

Selain itu masalah tekanan udara seperti ini juga dapat terjadi pada cartridge original yang diisi dengan sistem suntik, penyebabnya biasanya karena lubang tempat pengisian tinta yang di buat pada cartridge terlalu lebar sehingga tekanan udara di dalam cartridge berbeda dengan aslinya. Meski tidak sering namun kasus seperti ini bisa juga terjadi pada printer yang kita gunakan.

Kemungkinan penyebab kedua adanya masalah ini adalah aliran tinta yang tidak lancar atau tersendat. Ini bisa terjadi karena selang tinta yang terjepit atau dapat juga terjadi karena cartridge mengalami penyumbatan. Pada beberapa kasus adakalanya selang tinta pada printer infus terjepit cover dan tidak diketahui. Meski tidak sepenuhnya mampet namun ternyata hal ini dapat mengakibatkan hasil cetakan yang tidak sempurna dan bergaris.

Kemungkinan ketiga adalah telah terjadi kerusakan pada cartridge yang digunakan. Urutan kerusakan pada cartridge dengan masalah ini yaitu pertama terjadi penyumbatan ringan, penyumbatan, sedang dan penyumbatan berat. Pada penyumbatan ringan hasil cetakan terkadang masih bisa bagus dan terkadang tidak bagus demikian pun dengan pada penyumbatan sedang. Untuk penyumbatan berat biasanya hasil cetakan sudah permanen bergaris meski digunakan untuk mencetak sebanyak apapun.

Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris

Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah ini? Solusi untuk mengatasi masalah hasil cetak bergaris seperti ini tentu akan disesuaikan dengan penyebab masalahnya. Jika kita kurang tahu pasti yang menjadi penyebab masalah tersebut tentu kita dapat melakukan cek menyeluruh terhadap sistem tinta pada printer yang kita gunakan. Secara umum cara memperbaiki cetak foto bergaris dapat kita lakukan dengan langkah-langkah seperti di jelaskan berikut:

a) Periksa aliran tinta jika menggunakan printer sistem infus
b) Perbaiki penempatan selang, jangan ada yang terjepit
c) Lakukan cleaning
d) Lakukan deep cleaning
e) Lakukan print head allignment

Pertama, kita bisa memeriksa aliran tinta pada printer yang kita miliki, khususnya untuk jenis printer yang sudah dimodifikasi dengan sistem infus. Kita dapat memeriksa posisi dan keadaan selang mulai dari tabung tinta sampai pada cartridge. Pastikan selang tidak ada yang terjepit sehingga aliran tinta lancar tanpa hambatan. Selain terjepit, kita juga bisa memeriksa kalau-kalau ada bagian selang yang terlipat atau sedikit terlipat sehingga mengganggu jalannya tinta.

Jika kita mendapati ada gangguan aliran pada selang maka kemungkinan besar penyebab masalah ini adalah aliran tinta yang tidak lancar. Setelah memperbaiki posisi selang dan memastikan aliran tinta printer tidak terhambat kita bisa mencoba melakukan pencetakan untuk mengetahui apa masalah hasil cetak tersebut sudah teratasi.

Pada beberapa kasus, masalah ini juga dapat disebabkan adanya penyumbatan pada printer, jadi solusi atau cara mengatasinya yaitu dengan melakukan cleaning. Pertama kita dapat melakukan cleaning satu atau dua kali setelah itu kita coba untuk mencetak. Jika tidak berhasil maka kita dapat melakukan deep cleaning, coba lakukan sampai 2 kali setelah itu kita coba untuk mencetak. Jika penyumbatan masih dalam kategori sedang maka seharusnya dengan langkah ini hasil cetak sudah kembali normal.

Jika setelah di cleaning tetap juga masih belum memuaskan, kita dapat mencoba membersihkan head dengan menggunakan tisu. Caranya, ambil tisu halus dan beri sedikit air hangat, tempelkan pada head beberapa detik sampai tinta membasahi tisu. Lakukan dua tiga kali setelah itu coba untuk mencetak lagi. Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi penyumbatan ringan pada cartridge printer. Untuk mengoptimalkan hasil cetakan kita juga dapat melakukan head alignment untuk mensejajarkan hasil cetakan garis pada printer kita.

Seharusnya dengan beberapa langkah di atas kita sudah dapat mengatasi atau memperbaiki masalah hasil cetakan printer yang kita miliki tersebut. Namun jika masalah belum juga terselesaikan maka ada kemungkinan memang sudah terjadi kerusakan atau penyumbatan yang parah pada cartridge yang kita miliki. Solusi terakhir untuk masalah ini tentu saja dengan mengganti cartridge yang telah rusak tersebut.

Dengan adanya pembahasan mengenai Cara Perbaiki Cetak Foto Bergaris di Printer Canon 2270 tersebut mudah-mudahan kita semua yang sedang mengalami masalah hasil cetakan printer khususnya yang hasil cetakannya bergaris dapat terbantu dan masalahnya segera dapat diperbaiki. Untuk beberapa alternatif langkah atau cara mengatasi masalah ini kita bisa melihat pembahasan lain di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!