Printer Tidak Mengeluarkan Hasil Cetakan

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Mengatasi Printer Tidak Mengeluarkan Hasil Cetakan - Pernah mengalami masalah printer seperti ini, sangat menjengkelkan bukan? Karena itulah khusus printer akan membahas masalah hasil cetakan printer tersebut lebih rinci agar kita dapat mengatasi masalah yang terjadi. Printer Tidak Mengeluarkan Hasil Cetakan bisa disebabkan beberapa faktor, jadi cara mengatasinya juga ada beberapa cara atau langkah. Supaya jelas kita akan membahas satu per satu mulai dari mencari penyebab masalah tersebut dan juga mengenai bagaimana langkah perbaikan yang bisa kita lakukan.

Kasus Printer Tidak Mengeluarkan Hasil Cetakan bisa terjadi di berbagai merk printer namun yang paling sering adalah beberapa merk Canon terdahulu. Indikasi masalah seperti ini bisanya terjadi penurunan kualitas cetak sampai akhirnya hasil cetakan tidak ada sama sekali. Kertas yang keluar dari printer masih bersih, putih polos tanpa setitik tinta pun yang tertulis. Yang bikin terkadang kita bingung adalah printer baru saja di gunakan dan hasilnya bagus. Lalu apa sebenarnya yang terjadi sehingga printer tidak mengeluarkan tinta sama sekali?

Jika kita mengalami masalah seperti ini sebaiknya kita periksa terlebih dahulu apakah kita bisa mengatasi sendiri atau tidak. Jika masalahnya dapat diketahui dan solusinya jelas tentu akan lebih menyenangkan dari pada kita harus membawa printer yang kita miliki ke tempat servis, tahu sendiri kan kalau harga servis printer tidaklah murah. Jadi mari kita coba pelajari terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi pada printer kita tersebut, siapa tahu kita dapat menangani sendiri kerusakan yang ada.

Masalah printer yang tidak dapat mengeluarkan tinta atau tidak mengeluarkan hasil cetakan bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa faktor kemungkinan penyebab masalah ini yaitu sebagai berikut:

1. Tinta habis
2. Cartridge tersumbat
3. Cartridge sudah rusak

Pertama, printer tidak mengeluarkan hasil cetakan sesuai harapan bisa saja karena printer tersebut tintanya sudah habis terpakai semua. Jadi, saat kita gunakan untuk mencetak tidak akan ada hasilnya karena memang sudah tidak ada tinta di dalam printer tersebut. Untuk mengetahui apakah penyebabnya karena tinta habis kita dapat melihat ke cartridge printer kita, atau kita juga bisa memastikan tintanya masih dengan melakukan isi ulang tinta terlebih dahulu. Baca juga spesifikasi canon LBP3300 dan harga.

Jika memang penyebabnya tinta habis maka seharusnya yang habis semua tinta yaitu tinta warna dan hitam karena biasanya jika salah satu tinta saja yang habis maka warna yang habis akan digantikan dengan warna yang lain sepanjang tintanya masih ada. Jadi kita perlu mengisi semua tinta yang ada dalam printer tersebut.

Kemungkinan kedua yang menyebabkan masalah ini adalah adanya sumbatan dalam cartridge printer. Jika cartridge printer tersumbat maka meski tinta sudah di isi tetap saja printer tersebut tidak akan mengeluarkan cetakan. Sama seperti saat tinta habis seharusnya printer tetap akan bisa mengeluarkan hasil cetakan jika cartridge-nya tidak tersumbat semua. Untuk masalah yang satu ini, jika cartridge tersumbat maka kita harus menghilangkan sumbatan yang ada. Panduan lengkap tentang cara mengatasi sumbatan ini dapat di baca pada artikel terpisah yaitu cara mengatasi cartridge tersumbat.

Yang ke tiga, masalah ini juga bisa disebabkan karena cartridge sudah rusak dan tidak dapat di pakai lagi. Jelas, untuk masalah ini solusinya adalah hanya dengan mengganti cartridge dengan yang baru.

Jika ketiga hal di atas tidak dapat mengatasi masalah yang ada maka kemungkinan besar ada masalah lain. Selain ketiga sebab di atas ada juga masalah lain yang bisa mengakibatkan Printer Tidak Mengeluarkan Hasil Cetakan. Masalah lain yang bisa menjadi penyebab adalah adanya terlalu banyak tinta pada head cartridge. Jika printer tidak dapat mengeluarkan tinta sama sekali baik untuk warna atau hitam kita dapat coba cek pada bagian head. Biasanya terjadi banjir pada salah satu atau dua head cartridge. Untuk mengatasi masalah ini silahkan ikuti langkah berikut:

1. Buka penutup printer
2. Ambil cartridge dari tempatnya
3. Periksa bagian head
4. Bersihkan tinta yang banjir dengan menggunakan tisu halus
5. Pasang kembali cartridge
6. Coba untuk mencetak

Dari sekian banyak kasus seperti ini yang paling sering menjadi penyebab adalah adanya banjir pada head tersebut. Jika memang terjadi demikian maka solusi atau cara mengatasi masalah tersebut sangatlah gampang. Kita tinggal membuka dan membersihkan bagian head tersebut dengan tisu bersih dan memasangnya kembali.

Banjir pada head cartridge seperti ini bisa terjadi karena penggunaan tinta yang tidak sesuai atau bisa juga dikarenakan adanya ruang udara yang terlalu lebar pada bagian lubang yang kita gunakan untuk mengisi tinta (jika cartridge masih standar dan di isi dengan sistem suntik)

Sekarang dengan adanya panduan mengenai solusi untuk mengatasi masalah Printer Tidak Mengeluarkan Hasil Cetakan ini mudah-mudahan kita dapat segera menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Semoga di kemudian hari masalah printer seperti ini tidak akan terulang lagi. Itu saja panduan singkat kali ini, semoga bermanfaat.