Mengatasi Printer Tinta Hitam Tidak Keluar

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Mengatasi Printer Tinta Hitam Tidak Keluar - Ada kalanya kita menghadapi masalah di mana printer kita tinta hitam nya tidak keluar sehingga kita tidak dapat mencetak warna hitam dengan printer yang kita miliki. Jika masalah Printer Tinta Hitam Tidak Keluar tersebut terjadi pada kita lalu apa yang harus kita lakukan? Apakah kita bawa ke tempat servis printer atau kita perbaiki sendiri? Nah, situs khusus printer akan membahas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Pembahasan ini terinspirasi dari keluh kesah seorang sahabat yang mengaku bingung dan tidak dapat Mengatasi Printer Yang Tidak Bisa Keluar Tinta Hitam Epson L110. Memang, masalah yang ia temui khusus pada jenis printer Epson namun hal seperti ini juga bisa saja terjadi pada printer merk lain seperti Canon. Untuk masalah dengan Epson, kita dapat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya yaitu mengatasi epson L110 tinta tidak keluar.

Memang, umumnya masalah mengenai tinta ini bisa saja terjadi pada jenis printer apapun karena itu kita pada pembahasan kali ini akan memfokuskan artikel pada pembahasan secara umum mengenai permasalahan tersebut. Tidak akan di bahas secara khusus mengenai tipe atau merk printer tertentu. Sekarang sebenarnya apa penyebab dari masalah ini? Sebab adanya masalah printer tinta hitam tidak keluar tentu tidak hanya satu. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan masalah seperti ini. Beberapa penyebab tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tinta printer habis
2. Cartridge tersumbat
3. Cartridge rusak

Apa cuma tiga hal di atas yang bisa mengakibatkan masalah ini? Tentu tidak, masih ada beberapa kemungkinan yang tentunya hanya kita sendiri yang dapat mengetahuinya. Jika tiga hal di atas bukan merupakan hal yang menyebabkan printer kita error maka kita harus meneliti lagi dari berbagai hal agar mengetahui penyebab pasti dari masalah yang sedang dialami.

Tinta printer habis
Yang pertama, kita bisa cek apakah tinta nya masih ada atau tidak. Kadang masalah sepele seperti ini juga lupa kita lihat dan kita sudah takut dan berfikir yang tidak-tidak. Jadi, jika kita mengalami masalah seperti ini baiknya kita cek terlebih dahulu tinta yang ada pada printer. Pastikan tinta masih cukup untuk mencetak, kita bisa melakukan isi ulang tinta untuk memastikan hal ini.

Setelah tinta dicek kita bisa mencoba mencetak satu dua halaman untuk melihat apakah masalah tersebut telah terselesaikan atau belum. Jika sudah maka masalahnya memang hanya pada tinta habis yang telat di isi. Untuk memastikan tidak terjadi seperti ini lagi maka pastikan selalu langsung mengisi tinta jika tinta sudah terlihat mau habis.

Cartridge tersumbat
Ini yang sedikit agak parah dimana bagian head cartridge sudah ada yang tersumbat. Jika tersumbat sebagian maka masih ada hasil cetakan tetapi mungkin bergaris namun jika tersumbat semua maka biasanya tidak akan ada tinta yang keluar saat printer di gunakan. Baca juga cara merawat printer agar awet

Kalau masih ada sedikit tinta yang keluar maka masih ada kemungkinan cartridge kita perbaiki tetapi jika sudah parah maka tinggal di ganti saja. Jika sumbatan masih ringan maka kita dapat mengatasinya dengan mengelap bagian head cartridge dengan tisu yang di basahi dengan air hangat. Lakukan beberapa kali, setelah itu lakukan juga cleaning dan deep cleaning. Biasanya jika cartridge tersumbat masih ringan maka dengan cara tersebut masalah ini akan dapat teratasi.

Cartridge rusak
Yang terakhir ini sudah parah dimana terjadi kerusakan pada cartridge printer. Satu-satunya jalan untuk mengatasi hal ini tentunya hanya dengan mengganti cartridge dengan yang baru. Kerusakan cartridge ini bisa karena cartridge sudah tersumbat total dan bisa juga karena  kerusakan lain. Yang jelas cartridge sudah benar-benar tidak dapat diselamatkan.

Sedikit pembahasan mengenai Mengatasi Printer Tinta Hitam Tidak Keluar ini semoga bisa menjadi bahan bagi kita semua dalam upaya menyelesaikan masalah hasil cetakan printer. Untuk solusi lain silahkan lihat juga beberapa pembahasan lain di bagian akhir tulisan ini.