Mengatasi Hasil Print Kebanyakan Merah

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Hasil Print Kebanyakan Merah - Kesal rasanya jika sedang benar-benar dibutuhkan tapi perangkat printer kita mengalami masalah sehingga hasil cetakannya berantakan. Masih lumayan jika walaupun hasilnya jelek namun masih bisa digunakan, bagaimana kalau hasil cetak benar-benar tidak terpakai? Pasti kesal bukan? Misalnya saja kita hendak mencetak dokumen hitam putih namun ternyata yang keluar tulisannya berwarna padahal bukan gambar, pasti pusing.

Bagaimana jika hal di atas terjadi pada kita, misalnya kita mendapati hasil cetak print kebanyakan merah dan tidak bisa kita gunakan? Jika sudah begitu maka tentu kita harus berhenti menggunakan printer dan memeriksa terlebih dahulu apa yang terjadi. Kita tidak boleh tetap melanjutkan mencetak karena printer sedang dalam kondisi yang kurang sehat dan jika dipaksakan tentu bisa terjadi kerusakan yang mungkin lebih para dari yang sedang terjadi.

Masalah ini bisa terjadi karena banyak hal, pada umumnya hal ini terjadi karena salah watu warna pada printer keluar terlalu deras sehingga menyebar dan menjadikan cetakan hasil print di dominasi oleh warna tertentu dalam hal ini contohnya warna merah. Jika terus digunakan untuk mencetak kondisi ini tidak akan bisa lebih baik dan hasil cetakan akan tambah parah dan tidak bisa digunakan. Disini kita tidak akan membahas secara detail mengenai penyebab tersebut, maka dari itu untuk lebih jelas mengenai penyebabnya silahkan baca pembahasan sebelumnya mengenai penyebab printer hasil print merah

Yang jelas terjadi, jika kita mengalami masalah hasil cetakan berwarna merah seperti ini maka ada beberapa indikasi yang dapat kita lihat. Masalah ini akan menghasilkan cetakan dengan kondisi tertentu, misalnya saja:
1) Hasil cetakan apapun berwarna merah
2) Hasil cetakan terlalu basah dengan di dominasi warna tertentu
3) Terdapat bercak tinta yang menetes
4) Pada bagian tertentu hasil tidak terbaca sama sekali
5) Warna lain tidak keluar
6) Warna lain keluar tapi bercampur dan tertutup warna merah

Beberapa ciri hasil cetakan di atas merujuk pada satu kondisi yang tidak jauh berbeda yaitu adanya tinta tertentu yang terlalu lancar keluar sehingga mengakibatkan tinta tercampur di kertas. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Untuk mengatasi masalah ini perlu kita ketahui bahwa sebenarnya ini bukanlah masalah yang fatal. Masalah hasil cetak seperti ini termasuk bisa dikatakan sebagai masalah ringan yang penanganannya pun bisa kita lakukan sendiri. Meski begitu jika kita tidak terbiasa dan belum mengenal benar dengan perangkat printer maka tetap disarankan untuk membawa printer ini ke tempat servis terdekat.

Jika kita mengalami masalah ini, sebelum membawa ke tempat perbaikan kita bisa melakukan penanganan ringan di rumah. Kita bisa mengatasi masalah ini dengan cara yang cukup sederhana yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut

1. Siapkan tisu yang lembut
2. Buka cover printer dan keluarkan cartridge
3. Bersihkan tinta yang keluar pada cartridge (hati-hati jangan sentuh chip  kuningan pada cartridge)
4. Kurangi isi tinta dengan menempelkan tisu pada tempat keluarnya tinta
5. Lakukan sampai tinta keluar pada tisu
6. Isi sedikit tinta untuk warna selain merah
7. Pasang kembali cartridge dan coba untuk mencetak

Langkah di atas dimaksudkan untuk mengurangi kapasitas isi dari tinta warna merah yang terlalu banyak. Seharusnya dengan langkah di atas hasil cetakan sudah normal dan tidak hanya warna merah yang keluar. Jika setelah digunakan untuk mencetak terjadi masalah yang sama kita bisa mengulangi langkah di atas untuk mengatasinya.

Tinta merah yang keluar terlalu banyak tersebut sebenarnya bisa disebabkan karena kita mengisi tinta terlalu banyak. Maka dari itu kita harus mengurangi tinta merah atas tekanan yang pada pada cartridge berkurang sehingga tinta bisa keluar dengan normal. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi bukan hanya pada warna merah saja melainkan bisa juga terjadi pada warna lain. Maka dari itu sebagai tindakan pencegahan masalah ini sebaiknya kita mengisi tinta tidak terlalu penuh dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Demikianlah sedikit curhatan kita kali ini mengenai cara mengatasi hasil print kebanyakan merah. Semoga sedikit panduan ini bisa segera mengatasi permasalahan yang sedang kita alami. Untuk lebih mengetahui permasalahan lain seputar hasil print sebaiknya sempatkan juga untuk membaca beberapa informasi lain di bagian akhir. Itu saja, semoga bermanfaat!