Cara Mengetahui Kerusakan pada Catridge Printer Canon

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Cara Mengetahui Kerusakan Catridge - Masalah kerusakan suku cadang printer yang satu ini memang paling banyak membuat pengguna bingung dan pusing. Alasannya perbaikan untuk catridge masih sangat jarang diketahui dan harga baru catridge pun cukup mahal. Karena itu hari ini kita akan belajar mengenali berbagai jenis kerusakan yang bisa terjadi pada catridge printer khususnya untuk jenis printer Canon. Sebelum melakukan perbaikan dan sebelum mengganti dengan yang baru alangkah baiknya jika kita pelajari terlebih dahulu masalah ini dengan lebih jelas.

Nantinya, pengetahuan dasar seperti ini dapat kita terapkan dan kita coba pada catridge yang memang benar-benar sudah dalam kondisi layak ganti, jadi kita tidak perlu takut akan mengakibatkan kerusakan yang bisa membuat kita rugi. Tentunya sebaiknya kita kerjakan dengan hati-hati dan jangan dilakukan jika tidak paham dan biasa melakukan langkah yang ada.

Seperti kita tahu, dalam prinsip perbaikan tentu saja hal pertama yang kita lakukan adalah mengetahui jenis kerusakan catridge yang akan diperbaiki. Baru setelah jelas apa dan bagaimana kerusakannya kita bisa melakukan langkah perbaikan yang diperlukan. Lalu bagaimana cara mengenal jenis kerusakan catrige khususnya untuk jenis printer Canon, berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan.
  1. Pertama kita persiapkan sebuah tisu biasa. Kemudian tempelkan tisu tersebut pada ujung head catridge printer.
  2. Jika saat kita tisu cartridgenya tidak mengeluarkan tinta dengan sempurna atau tidak keluar sama sekali, ini kemungkinan head cartridge printer tersebut buntu. 
  3. Jika saat kita tisu cartridgenya dapat mengeluarkan tinta dengan sempurna, tapi saat kita gunakan untuk mengeprint tidak keluar tinta sama sekali, ini kemungkinan head cartridge printer tersebut bocor/jebol atau chip cartridge printer telah rusak. 
  4. Jika saat kita tisu cartridgenya dapat mengeluarkan tinta dengan sempurna, tapi saat kita gunakan untuk mencetak di layar monitor mengeluarkan pesan error atau muncul blingking pada lampu indikator printer dan printer tidak bisa mengeprint dokumen, maka kemungkinan disebabkan chip cartridge printer kotor atau rusak.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa ada beberapa jenis kerusakan yang bisa terjadi pada catridge printer Canon yaitu kerusakan head yang buntu atau bocor dan juga kerusakan pada chip yang diakibatkan karena rusak atau dalam kondisi kotor. Untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi maka kita bisa melakukan langkah di atas untuk masing-masing warna yang ada. 

Nah, bagaimana, ternyata tidak sulit bukan untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sebuah catridge printer Canon bukan? Dengan melakukan langkah sederhana di atas kita bisa dengan mudah mengenali kerusakan-kerusakan yang terjadi pada catridge sehingga akan lebih mudah dan lebih pasti dalam menanganannya. Dengan begitu, lebih pasti apakah catridge tersebut bisa diperbaiki, akan diperbaiki atau harus diganti dengan yang baru. 

Untuk melengkapi pengetahuan kita tentang Cara Mengetahui Kerusakan pada Catridge Printer Canon di atas jangan lupa pelajari juga beberapa artikel seputar printer lainnya yang ada di bagian bawah. Semakin banyak kita belajar berbagai teknik perbaikan printer maka akan semakin mudah pula kita dalam menangani berbagai kerusakan yang terjadi pada printer kita. Harapannya, di saat-saat darurat kita bisa melakukan sendiri penanganan printer rusak dan tidak menyebabkan pekerjaan kita terganggu dan terbengkalai. Itu saja, semoga bermanfaat!