Arti dan Fungsi Fitur Auto Duplex Printing

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Arti dan Fungsi Fitur Auto Duplex Printing - Perkembangan teknologi menjanjikan banyak kemudahan bagi penggunanya, begitupun dengan teknologi pada mesin printer. Salah satu teknologi yang sangat penting fungsinya adalah fitur auto duplex. Fitur tersebut kini semakin banyak diterapkan diberbagai perangkat pencetak printer yang dikeluarkan perusahaan printer. Ini membuat para pengguna mesin printer kita bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan mesin printer yang dimiliki.

Istilah auto duplex printing sendiri sudah cukup populer di kenal di kalangan pengguna printer. Meski begitu banyak pengguna baru yang belum mengerti dengan istilah tersebut. Banyak juga yang belum mengetahui perbedaan printer dengan auto duples printing dan printer yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Padahal fitur ini kegunaannya sangatlah penting dan berkaitan juga dengan masalah biasa cetak yang akan dihabiskan dalam mencetak dokumen. Maka dari itu kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai arti dan juga fungsi fitur auto duplex printing tersebut.

Apa sebenarnya arti kalimat "duplex printing"? Definisi duplex printing sebenarnya cukup sederhana yaitu mencetak di kedua sisi kertas. Mengapa disebut pencetakan dupleks atau duplex printing? Jika kita menggunakan printer yang dapat mencetak dua sisi secara otomatis, printer ini dilengkapi dengan unit duplex yang dapat membalikkan selembar kertas setelah sisi pertama telah dicetak. 

Pencetakan dupleks berbeda dari pencetakan biasa karena sebagian besar inkjet dan printer laser ditetapkan untuk mencetak hanya pada satu sisi kertas. Tetapi mengapa kita akan menggunakan dua lembar kertas untuk mencetak dokumen Microsoft Word atau PDF file ketika kita bisa mencetak pada kedua sisi lembar kertas?

Beberapa tahun yang lalu, duplex printing hanya populer di kalangan kantor yang sangat-sangat ingin menghemat biaya operasional hariannya dalam berbagai aspek, salah satunya mengurangi biaya cetak dan kertas. Dengan munculnya keprihatinan baru tentang lingkungan dan ekonomi, trend pencetakan dupleks semakin populer di kantor, usaha kecil dan bahkan perguruan tinggi di berbagai negara. 

Semakin banyak orang yang mulai menyadari bahwa pencetakan duplex menggunakan setengah dari jumlah total kertas, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit. Pencetakan dua sisi juga menyebabkan sedikit pohon yang akan ditebang, yang berarti secara nalar cenderung mendukung program ramah lingkungan dan baik untuk umat manusia, karena lebih banyak pohon berarti lebih banyak oksigen bagi kita untuk bernapas. Logikanya demikian. 

Pada fitur duplex printing ada dua istilah yang sering kita dengar yaitu manual duplex dan automatic atau auto duplex printing. Pada dasarnya, pencetakan dupleks manual adalah persis apa yang terdengar seperti : jika kita ingin mencetak dua sisi, kita harus secara manual membalik kertas di atas setelah mencetak sisi pertama sehingga kita kemudian dapat mengirim perintah print dokumen melalui lagi untuk mencetak sisi lain. 
Fungsi Fitur Auto Duplex Printing

Pada umumnya semua printer memiliki fitur yang membantu manual dupleks printing. Pencetakan dupleks manual pasti mengharuskan kita mendedikasikan waktu dan energi kita untuk membalikkan kertas. Apalagi jika dokumen yang akan dicetak jumlahnya sangat banyak. Namun kini produsen printer semakin banyak mengeluarkan produknya di pasaran yang memiliki fitur auto duplex printing. 

Jadi dengan fitur auto duplex printing kita tidak perlu lagi membalikkan kertas secara manual agar dua sisi dalam setiap lembar dapat dicetak dalam satu perintah print, karena sudah ada fitur auto duplex printing yang akan otomatis mencetak dokumen pada dua sisi kertas sekaligus. Lalu printer apa saja yang telah memiliki fitur bermanfaat tersebut? Sudah banyak, ada dari berbagai merk yang sudah terkenal misalnya dari Fuji Xerox. Contoh printer Fuji yang memiliki fitur auto duplex printing adalah printer Fuji Xerox DocuPrint P255dw.

Nah, sekarang tentunya kita sudah tahu apa dan bagaimana fungsi dari fitur tersebut bukan? Sekarang kita bisa mengetahui dengan jelas apakah kita membutuhkan printer dengan fitur tersebut atau tidak. Jadi tidak perlu takut salah memilih printer. Untuk melengkapi pembahasan ini jangan lupa lihat juga beberapa jenis printer yang sudah menggunakan fitur tersebut. Selengkapnya bisa dilihat di bagian spesifikasi dan harga. Itu saja, semoga bermanfaat!