Printer Kodak ESP 3.2 All in One

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Review Printer Kodak ESP 3.2 All in One - Kebanyakan pengguna memang sedang suka dengan jenis printer multi fungsi yang dapat digunakan untuk Mencetak, Memindai dan Menyalin Dokumen sekaligus. Berbagai produsen printer bahkan memiliki seri printer ini. 

Seperti jenis printer baru yang akan kita ulas kali ini yaitu Printer Kodak ESP 3.2 yang merupakan perangkat multi fungsi dari produsen kodak. Selain untuk kepentingan pencetakan dan pemindaian, printer ini juga dapat digunakan untuk faks. 

Kalau dihitung-hitung, jenis printer baru termasuk Epson memang tidak terbilang jumlahnya. Pertumbuhan printer baru ini terus saja memanjakan kebutuhan penggunanya. Lalu bagaimana dengan Printer Kodak ESP 3.2 All in One ini, apakah cukup bagus untuk kita gunakan? Mari kita lihat lebih dekat produk ini dari berbagai sisi kebutuhan dan fasilitas yang diberikan. 

Untuk jenis printer baru, apalagi yang belum pernah dipakai sebelumnya tentu kita tidak mau sembarangan dalam memilih-nya. Harus kita lihat terlebih dahulu berbagai detail yang diberikan. Untuk itu, sebelum membeli biasanya kita akan mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Fungsi dan kegunaan printer
2. Kinerja printer
3. Daya tahan dan perbaikan
4. Harga dan biaya cetak
5. Desain

Lima hal di atas biasanya selalu dipertimbangkan - setidaknya oleh saya pribadi - sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah produk khusus printer. Karena kita tentu tidak mau membeli produk yang tidak dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan kita. Sekarang mari kita perjelas detail printer tersebut.

A. Desain dan Fitur Kodak ESP 3.2

Kita mulai dari ukuran printer-nya, Kodak ESP 3.2 memiliki dimensi 16,5 x 12,4 x 7 inci dengan kemampuan multi fungsi yaitu mencetak, memindai, dan menyalin dokumen. Untuk fungsi scan kita tidak akan menemukan feeder dokumen otomatis sehingga kita harus memindai dokumen lembar demi lembar.

Untuk printer jenis ini, penampung kertas yang masuk dan keluar berada di sisi yang berlawanan. Baki kertas masuk tersebut dapat menampung 100 lembar kertas dan dapat dilipat di atas penutup scanner.

Printer ini terbuat dari plastik ringan yang memberikan nuansa perangkat yang tipis dan halus. Printer Kodak ini memiliki ukuran standar catridge, satu slot untuk tinta hitam dan satu lagi warna. Selanjutnya mari kita lihat beberapa detail lain berikut.

- Layar LCD 2,4 inci
- Tombol virtual untuk navigasi
- Pembaca kartu multimedia untuk Memory Stick, SD, dan MMC

Satu yang mungkin akan sedikit mengganggu adalah bahwa printer ini kurang port USB untuk mencetak secara langsung dari kamera digital. Lebih jauh lagi, printer ini memberikan sambungan pencetakan yang cukup bervariasi yaitu:

- Koneksi USB standar 
- Kabel Ethernet
- Wi-Fi 802.11 b/g/n.
- Kodak Pic Flick App untuk perangkat iOS, Android, dan BlackBerry
- Google Cloud Print

Selain beberapa hal di atas masih ada lagi beberapa yang ditawarkan oleh Printer Kodak ESP 3.2 All in One ini yaitu Kodak E-mail Print. Fitur ini dirancang untuk melepaskan pengguna dari belenggu driver printer dengan memberikan alamat e-mail unik untuk setiap printer yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pekerjaan langsung dari perangkat yang terhubung.

Ketika Anda mengirim e-mail ke printer, Anda dapat memilih untuk melampirkan file yang kompatibel (Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Microsoft Excel, PDF, file teks, BMP, PNG, GIF, TIFF), untuk dokumen yang diformat, atau hanya menyisipkan tubuh teks dalam bentuk biasa atau HTML untuk badan e-mail.

Kodak menyediakan alamat untuk perangkat yang Anda gunakan selama proses pemasangan nirkabel, dan petunjuk maya yang memandu Anda melalui langkah demi langkah. Bagaimana, cukup berguna bukan?

Setelah mengetahui beberapa detail di atas maka sekarang tiba giliran kita untuk beralih ke hal yang lebih serius lagi yaitu mengenai kemampuan printer atau kinerja printer tersebut. Selain itu kita juga akan mencari tahu mengenai harga yang harus kita keluarkan jika ingin menggunakan produk tersebut.

B. Kemampuan dan Harga Kodak ESP 3.2 

Kita ukur terlebih dahulu kecepatan cetak dari printer ini. Nah, untuk perbandingan saja, Epson NX430 mencetak teks dokumen Word hitam polos dengan kecepatan 14.11 pages per minute (PPM), yang tiga kali lebih cepat dari ESP 3.2 yang hanya 4.56 PPM. Itu berarti dari sisi kecepatan printer ini bisa dibilang lebih lambat kinerjanya.

Dari sisi hasil gambarnya, dari beberapa sumber menjelaskan bahwa kualitas gambar yang dihasilkan dari printer ini memang kurang tajam dan sedikit mengecewakan. Hasil cetak seperti ada noda dan warna grafisnya kurang dari segmen gradasi.

Hasil cetak juga sedikit tampak lebih kasar dan kurang alami. Keseluruhan, hasil cetak foto adalah yang terbaik dan hasil scan juga lebih bagus meski sedikit bermasalah dengan kompresi gelap.

Dengan kemampuan yang dimiliki tersebut lalu berapa harga yang ditawarkan? Untuk masalah uang, Harga Printer Kodak ESP 3.2 All in One ini yaitu $100. Harga tersebut merupakan harga kisaran dan bisa saja berbeda di masing-masing tempat. Untuk mendapatkan data terbaru dari harga tersebut sebaiknya langsung ke situs resmi.

Review Printer Kodak ESP 3.2 All in One

Segala macam pertimbangan tentu akan kita lakukan jika hendak membeli printer. Tidak hanya kualitas saja yang akan diperhatikan tetapi harga dan fitur yang sesuai kebutuhan juga akan menjadi pertimbangan kita semua.

Bagi yang ingin mencoba situs ini tetap saja disarankan untuk membuat sebuah perbandingan terlebih dahulu agar lebih yakin. Bisa membandingkan harga termurah dan harga termahal serta membandingkannya dengan printer sejenis. Mudah-mudahan pembahasan tentang review Printer Kodak ESP 3.2 All in One ini bermanfaat, trims.