Solusi Printer Tidak Bisa Mencetak

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Penyebab dan Solusi Printer Tidak Bisa Mencetak dan Solusi - Ada banyak alasan yang bisa menjadi penyebab mesin printer yang kita miliki tidak dapat mencetak. Disini khusus printer akan mencoba mengidentifikasi berbagai permasalahan yang bisa terjadi tersebut. Kita juga akan membahas mengenai solusinya seperti apa.

Sangat payah dan mengganggu jika hal seperti ini sering terjadi pada kita, apalagi jika pekerjaan kita sehari-hari selalu berkaitan dengan cetak-mencetak dokumen.

Apa saja kira-kira sumber masalah printer tersebut, kita akan membahas lengkap berbagai penyebab mengapa Printer Tidak Bisa Mencetak yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kendala tersebut.

Tidak berbeda jauh dengan kendaraan atau alat lain, jika terjadi kegagalan fungsi utama sebuah perangkat yang terjadi adalah sistem yang gagal berjalan sesuai prosedur yang ada. Pada mesin, apapun itu biasanya hal ini bisa terjadi dari berbagai penyebab, bisa dari sistem energi atau daya, bisa dari kinerja komponen yang tidak bagus atau terganggu dan lain sebagainya.

Pada perangkat printer hal ini bisa karena masalah hardware atau perangkat keras atau juga pada masalah perangkat lunak (software) printer tersebut. Lalu apa saja sebab printer tidak bisa mencetak?

Ada masalah berat dan ada masalah ringan, berharap saja printer yang sedang error dan tidak bisa mencetak (ngeprint) ini bukan disebabkan karena kerusakan yang parah. Supaya pasti mari kita periksa terlebih dahulu beberapa bagian berikut:
  1. Kita periksa kabel power printer, apakah telah terpasang dengan benar atau tidak. Jika saat kita hidupkan printer belum hidup coba kita ganti terlebih dahulu dengan kabel power yang lainnya
  2. Pastikan tombol pada power printer pada posisi ON menyala
  3. Periksa juga koneksi kabel data printer, apakah telah terhubung dengan benar di port pararel/port USB laptop atau komputer serta pada port printer.
Terkadang hal-hal sepele pada sambungan kabel yang kurang terpasang dengan benar juga dapat menyebabkan printer tidak dapat berfungsi untuk mencetak. Jadi langkah pertama jika memang printer kita tidak dapat bekerja maka kita periksa tiga poin di atas.

Pastikan dulu tiga hal di atas sudah benar yaitu printer dalam keadaan hidup, kalau tidak hidup mana bisa mencetak, benar bukan? Untuk masalah printer hidup namun tidak bisa mencetak sebaiknya baca juga artikel memperbaiki printer normal tidak mencetak

Jika setelah kita pastikan hal di atas baik namun printer tetap tidak dapat mencetak maka kita harus memeriksa printer ini lebih lanjut. Jika tidak ingin pusing kita bisa langsung membawanya ke tempat servis atau jika ingin belajar kita bisa mencoba mencari penyelesaiannya sendiri. Kalau ingin mencoba mengatasi masalah printer tersebut maka kita bisa melakukan beberapa pemeriksaan lagi. 

Kembali ke permasalahan diatas, kenapa printer tidak bisa ngeprint dan apa penyebab printer tidak bisa mencetak maka kita akan memeriksa beberapa kemungkinan lain yang terjadi. Selanjutnya, yang dapat kita lakukan adalah memeriksa bagian-bagian seperti berikut:
  1. Pastikan bahwa kita telah menginstall driver printer.
  2. Cobalah untuk mencetak sesuatu di aplikasi notepad, ketik apa saja, selanjutnya kamu coba cetak, apabila aplikasi notepad tersebut dapat mencetak, maka kemungkinan besar permasalahannya bukan pada printer.
  3. Cobalah ubah setting printer kamu menjadi Default Printer.
  4. Pastikan kita memiliki ruang penyimpanan (space hardisk) yang cukup, apabila buffer tidak mencukupi, maka data yang akan dicetak tidak akan terkirim ke printer dengan sempurna.
  5. Coba kita ubah setting pada spooler untuk printer melalui menu properties printer. Fungsi fitur spooler ini digunakan agar kita dapat menjalankan aplikasi ketika sedang mengeprint.
  6. Cek apakah ada resource yang konflik dengan port printer. Kamu dapat menggunakan bantuan hardware troubleshooter bila terjadi konflik. Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh port laptop atau printer kita sedang bermasalah. Untuk solusinya adalah cobalah untuk memindahkan koneksi port printer ke port yang lain, misalnya USB1 ke USB3 
  7. Terakhir, coba printer di laptop lain, jika tidak bisa juga bisa dipastikan printer kita dalam masalah
Printer Tidak Bisa Mencetak dan Solusi

Langkah-langkah di atas adalah cara mengecek printer yang tidak bisa mencetak, selanjutnya setelah mengetahui dengan pasti apa masalah yang terjadi kita bisa menangani masalah tersebut sesuai dengan jenis kerusakan yang ada.

Mudah-mudahan gambaran dan penjelasan mengenai penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak dan Solusi ini bisa menjadi dasar untuk melakukan servis printer kita yang sedang tidak dapat digunakan. Masalah lain bisa kita pelajari pada beberapa tutorial di bagian akhir tulisan ini.