Perbaikan Error Setelah Isi Tinta Printer

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Perbaikan Error Setelah Isi Tinta Printer - Pernah mengalami error setelah isi tinta printer, hal ini sangat memusingkan karena setelah di isi bukannya bisa digunakan malah printer error dan tidak dapat digunakan. Terjadinya masalah printer seperti ini tentu saja membingungkan apalagi jika kita belum terlalu mahir dalam urusan printer. Kali ini kita akan membahas berbagai langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pertama kita akan mencoba mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu baru setelah itu kita memutuskan penanganan yang akan dilakukan.

Jika kita mengalami Error Setelah Isi Tinta Printer seperti ini maka kita harus mengidentifikasi dengan jelas error yang terjadi tersebut. Biasanya ada tanda atau indikator yang tampil di layar jika kita mengalami masalah seperti ini. Atau jika tidak ada tampilan pesan error apapun kita bisa juga memperhatikan indikator lampu yang menyala pada printer.

Kondisi error biasanya akan diikuti dengan blinking lampu atau bisa kita sebut lampu indikator pada printer berkedip yang diikuti printer tidak dapat digunakan untuk mencetak. Untuk lebih mudah mengetahui error apa yang sedang terjadi pada printer, kita dapat melakukan langkah berikut:

1. Hidupkan printer seperti biasa
2. Biarkan sampai proses warming up selesai
3. Buka dokumen word dan ketik beberapa kata
4. Cetak dokumen tersebut
5. Perhatikan dan catat pesan error yang tampil pada layar

Dengan mengikuti langkah di atas kita akan mendapatkan pesan error yang di tampilkan di layar monitor. Setelah ada pesan error tersebut maka kita harus mencatat dan memahami apa isi dari pesan error tersebut untuk dapat memperbaiki error yang terjadi pada printer. Yang paling sering untuk error ini biasanya mengenai masalah ink absorber if full. Sebagai contoh masalah ink absorber if full pada printer Ip2870. Jika pesan error yang kita dapat adalah mengenai "absorber" maka sudah jelas bahwa cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mereset printer.

Lalu bagaimana dengan kasus error setelah isi tinta, apakah bisa terjadi demikian? Bisa saja namun secara khusus kemungkinan error yang terjadi setelah pengisian tinta bisa bermacam-macam. Beberapa penyebab yang mungkin bisa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Salah melakukan pengisian tinta
2. Bagian head cartridge kotor
3. Bagian chip kotor
4. Pemasangan cartridge yang tidak tepat
5. Baca juga cubify 3d printer tiga dimensi

Kemungkinan error pertama bisa disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan isi ulang tinta. Sebagai contoh kita mengisi cartridge dengan tinta yang tidak sesuai atau salah mengisi warna tinta. Kalau masalah ini yang terjadi maka kita harus mengosongkan cartridge tersebut lebih dahulu dan mengisinya kembali dengan yang sesuai.

Yang kedua, error bisa juga terjadi ketika head cartridge kotor saat kita melakukan isi tinta, bisa terkena bercak minyak dari tangan kita, debu dan sebagainya. Untuk masalah ini kita bisa membersihkan head dengan tisu yang di basahi air hangat. Selain head, bisa juga chip cartridge tidak sengaja kita pegang dan mengakibatkan kotor. Jika chip kotor masalah yang bisa terjadi adalah cartridge tidak terbaca oleh printer. Kita dapat membersihkannya dengan hati-hati menggunakan tisu lembut namun jika sudah parah biasanya error ini sulit di atasi.

Kemungkinan berikutnya, printer error setelah isi tinta bisa disebabkan oleh pemasangan cartrifge yang kurang sempurna sehingga cartridge tidak ter-install dengan sempurna. Jika begitu maka sama dengan kasus sebelumnya, cartridge tersebut tidak akan bisa di baca oleh printer dan tentu saja tidak dapat digunakan untuk mencetak. Untuk perbaiki error ini kita bisa melakukan cek dan memastikan pemasangan cartridge sudah benar. Ingat, pernah ada satu rekan yang mengelukan kesulitan dalam Perbaikan Eror Setelah Isi Tinta Printer IP2870, dan ternyata sumber masalahnya adalah pada pemasangan cartridge yang tidak benar.

Memang, error yang terjadi setelah kita mengisi tinta bisa bermacam-macam demikian pula dengan solusi atau cara mengatasinya. Mudah-mudahan dengan sedikit panduan Perbaikan Error Setelah Isi Tinta Printer ini kita bisa mengetahui dan menyelesaikan masalah printer yang sedang kita alami. Beberapa penjelasan lain mengenai error ini bisa kita pelajari di bagian bawah tulisan ini.