Data Tidak Bisa Terkirim ke Printer

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Data Tidak Bisa Terkirim ke Printer - Salah satu permasalahan yang juga bisa terjadi ketika menggunakan printer adalah masalah data yang tidak bisa terkirim ke printer. Kenapa masalah ini bisa terjadi, apa sebab data tidak bisa sampai dan bagaimana cara mengatasi masalah printer tersebut? Kita akan membahas mengenai berbagai kemungkinan penyebab dan juga solusi untuk menangani masalah ini.

Kejadian semacam ini bisa kita ketahui ketika suatu kali kita mencetak namun tidak ada reaksi apapun pada printer yang kita gunakan. Sebagai contoh saat kita hendak mencetak dokumen ms word, tidak ada reaksi apapun meski kita sudah menekan menu print pada dokumen. Tidak ada aktivitas apapun, seolah tidak terjadi apa-apa sama sekali bahkan printer tetap saja diam membisu. Dengan kondisi printer yang normal tidak ada eror apapun maka ada kemungkinan yang kita hadapi adalah masalah data cetakan yang tidak sampai pada perangkat printer yang akan digunakan. Apa sebenarnya masalahnya?

Masalah seperti ini bisa saja diakibatkan beberapa hal, dan tentunya untuk mengetahui hal itu kita harus melakukan pengecekan terhadap komponen yang berhubungan. Beberapa kemungkinan penyebab data tidak bisa terkirim ke printer untuk dicetak antara lain sebagai berikut:

1. Terjadi kesalahan pemilihan printer yang digunakan
2. Printer yang akan digunakan pada posisi offline
3. Koneksi terganggu

Ada kalanya kita melakukan pencetakan tidak menggunakan printer standar yang sudah dikenali perangkat kita. Ini bisa saja mengakibatkan kita salah memilih printer yang akan kita gunakan untuk mencetak. Bisa juga terkadang kita menggunakan atau memilih printer yang dalam keadaan offline atau tidak dalam posisi hidup sehingga saat kita gunakan untuk mencetak maka dokumen atau data yang akan dicetak tidak bisa sampai pada printer tersebut. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut pertama kita harus memastikan bahwa printer yang kita pilih adalah printer yang sudah terpasang pada perangkat komputer atau laptop yang akan digunakan untuk mencetak. Kedua, kita juga harus memastikan bahwa printer tersebut dalam keadaan "ready" atau pada posisi ON dan siap untuk kita gunakan. Cara melakukannya kita bisa membuka dialog print lalu memilih printer yang terpasang dan siap digunakan. Lebih jelasnya mari kita perhatikan gambar berikut!


Pada gambar di atas, bagian yang ditandai merah adalah lokasi untuk memilih jenis printer yang terpasang pada perangkat komputer laptop kita. Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa printer Canon iP2700 series yang terpasang pada perangkat komputer kita sedang pada posisi offline. Itu berarti jika kita mencetak menggunakan printer tersebut maka sudah dapat dipastikan data dokumen yang akan dicetak tidak akan sampai ke printer tersebut. Maka dari itu, jika sebelum mencetak kita mendapati printer dalam posisi demikian maka kita harus menghidupkan terlebih dahulu printer tersebut. Jangan lupa, jika ingin membeli printer baru baca juga printer bagus harga terjangkau.

Selain hal tersebut masalah ini bisa juga timbul karena adanya gangguan pada sambungan atau koneksi antara printer dengan perangkat komputer atau laptop kita. Dalam hal ini bisa saja port printer yang digunakan tidak sesuai atau hal lain. Untuk mengetahui hal ini kita harus melihat status printer tersebut di CPanel, jika printer ready namun tidak bisa digunakan maka ada baiknya kita periksa properties printer tersebut.

Untuk melakukan hal itu kita bisa masuk ke control panel => printers and faxes. Setelah itu klik kanan pada printer yang kita miliki, cek pada bagian ports apakah sudah sesuai dengan sambungan yang kita gunakan. Agar tidak bingung mari perhatikan kotak dialog properties printer di bawah ini.

Data Tidak Bisa Terkirim ke Printer


Dengan melihat jenis ports yang digunakan printer kita maka kita dapat memastikan apakah ada gangguan atau tidak pada koneksi antara printer dan laptop yang kita gunakan. Jika pemakaian port printer tersebut tidak sesuai maka kita tinggal memilih port yang digunakan untuk printer dengan cara mencentang nama port tersebut. Itulah sedikit informasi mengenai permasalahan Data Tidak Bisa Terkirim ke Printer dan juga solusi atau cara menanganinya.