Penyebab Cartridge Cepat Rusak

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Penyebab Cartridge Printer Cepat Rusak - Printer adalah perangkat pencetak yang tak ada gunanya jika Cartridge-nya tidak berfungsi karena itu perawatan printer hendaknya juga memperhatikan komponen tersebut. Agar printer kita awet maka kita sebaiknya tahu apa saja Penyebab Cartridge Printer bisa Cepat Rusak. Jika sebuah printer belum lama digunakan tetapi Cartridge Printer tersebut sudah error atau rusak itu berarti ada yang salah dengan cara kita menggunakan printer tersebut. 

Kita akan membahas beberapa poin penting yang berhubungan dengan Penyebab Cartridge Cepat Rusak sehingga nantinya kita dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat agar perangkat printer kita bisa lebih tahan lama. Dalam hal ini akan kita telusuri apa saja hal yang membuat komponen cartridge lebih cepat mengalami kerusakan dan juga apa saja langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. 

Kata "cepat rusak" disini berarti suatu kondisi dimana Cartridge seharusnya masih bisa digunakan namun sudah tidak bisa digunakan karena ada kerusakan. Kerusakan yang terjadi bisa bervariasi dan penyebabnya pun demikian dan solusi mengatasinya pun juga sama. 

Penyebab Cartridge Printer Rusak

Berbicara mengenai sebab, tanpa diagnosa yang menyeluruh pada perangkat printer tentunya kita tidak dapat menyimpulkan secara benar apa yang menjadi pemicu kerusakan yang terjadi. Ada banyak pemicu yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada perangkat printer kita. Sebagian bisa dikarenakan sumber tegangan listrik, kesalahan pemakaian sampai pada kesalahan perawatan printer yang digunakan. 

Untuk masalah sebab tersebut masing-masing kasus tentu akan berbeda satu sama lain. Ada yang cepat rusak karena teledor dan ada juga yang rusak karena ketidaktahuan. Berikut beberapa Penyebab Cartridge Printer Cepat Rusak yang umum terjadi:

1) Tidak pernah dipakai
2) Terlalu banyak mencetak
3) Pengisian tinta yang kurang tepat
4) Sering kehabisan tinta
5) Tidak dirawat

Jika kita menganggap bahwa printer yang tadinya dipakai lalu kita simpan akan awet dan masih digunakan maka hal itu tidak sepenuhnya benar. Printer yang telah digunakan kemudian didiamkan begitu saja dalam waktu yang lama akan berpotensi mengalami berbagai kerusakan. Salah satunya kerusakan pada cartridge dimana terjadi pembekuan tinta pada ujung pena cartridge tersebut. Jadi jangan heran jika kita menyimpan printer kita untuk waktu yang lama dan ketika akan digunakan printer tidak bisa mencetak.

Masalah kedua yang bisa menjadi pemicu cartridge cepat mengalami kerusakan adalah perlakuan kita yang salah ketika mencetak. Contohnya kita terlalu banyak mencetak dalam satu perintah pencetakan yaitu sekali print ratusan halaman sekaligus. Jika kita mencetak halaman terlalu banyak maka yang terjadi adalah mata cartridge akan terlalu panas, yang timbul bisa penyumbatan permanen yang parah.

Dari beberapa kasus dan pengalaman pribadi, penyisian tinta yang kurang tepat akan mengakibatkan kerusakan pada cartridge karena tekanan udara yang bisa saja melampaui batas sehingga cartridge akan jebol. Selain itu kita juga harus benar-benar sigap ketika mendapati saat mencetak tiba-tiba tinta habis. Saat terjadi hal seperti itu sebaiknya kita segera membatalkan pencetakan dan segera melakukan pengisian tinta printer tersebut.

Secara keseluruhan, Cartridge Printer Cepat Rusak juga bisa disebabkan karena kurangnya perawatan pada printer tersebut dan cerobohnya kita sebagai pemakai. Jika kita tidak merawat printer dengan baik maka kerusakan bukan saja bisa terjadi pada cartridge melainkan bisa saja terjadi pada komponen vital lainnya. Jadi, bagaimana seharusnya langkah kita untuk menghindari permasalahan tersebut?

Tips Merawat Cartridge agar Tidak Cepat Rusak

Di atas sudah dijelaskan panjang lebar mengenai apa saja yang dapat menjadi pemicu kerusakan pada cartridge printer kita dan sekarang giliran kita untuk mencari tahu bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan yang sangat merugikan tersebut. Jika cartridge rusak maka bisa saja hasil cetak atau hasil print bergaris, putus-putus, kabur, warna tidak keluar dan sebagainya. Untuk itulah penting untuk mencegah permasalahan tersebut.

Kalau kita lihat dari berbagai indikasi penyebab di atas maka ada beberapa poin yang bisa kita perhatikan untuk mencegah masalah cartridge tersebut. Beberapa poin tersebut saya rangkum dalam tips merawat cartridge printer sebagai berikut:

1) Hidupkan printer beberapa menit meski tidak dipakai
2) Jangan mencetak terlalu banyak dalam sekali waktu
3) Isi tinta sesuai petunjuk
4) Segera isi tinta jika tinta telah habis
5) Lakukan perawatan yang benar dan rutin

Hal sederhana yang sering kita abaikan adalah membiarkan printer kita tidak terpakai dalam waktu yang lama. Hal ini bisa mengakibatkan cartridge mampet jadi akan lebih baik jika kita memanaskan atau menghidupkan printer beberapa menit meski tidak untuk digunakan.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih cepat pada cartridge kita juga harus mengatur jumlah halaman yang akan dicetak. Cetak dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, jangan lebih dari 50 lembar sekali cetak (lebih sedikit lebih baik) dan jangan lupa beri jeda waktunya.

Pengisian tinta juga akan berpengaruh pada ketahanan cartridge, menurut pengalaman, printer yang di modifikasi sistem infus lebih cepat rusak jika dibanding dengan pengisian standar. Jadi cara terbaik untuk pengisian tinta adalah dengan menggunakan sistem pengisian yang direkomendasikan oleh produsen printer tersebut.

Untuk menjaga printer secara menyeluruh hendaknya kita melakukan perawatan pada printer kita tersebut. Kita juga harus menggunakan printer tersebut dengan cara yang baik sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan yang belum saatnya.

Semua barang jika digunakan pasti akan rusak namun jika kita dapat menjaganya dengan baik maka umur pemakaian pun bisa lebih lama dari yang ditargetkan. Semoga saja pembahasan mengenai Penyebab Cartridge Printer Cepat Rusak ini bisa bermanfaat bagi kita semua.