Tinta Warna Tidak Keluar Saat Print

Ditulis oleh: Komputer Laptop Print -
Advertisement
Mengapa Tinta Warna Tidak Keluar Saat Print - Ada satu masalah yang sudah terjadi, sedang terjadi dan mungkin esok juga akan terjadi yaitu masalah print yang tidak bisa untuk mencetak karena berbagai alasan dan keadaan. Pada kesempatan ini kita akan membahas masalah printer tersebut khususnya untuk permasalahan tinta warna tidak keluar saat print kita lakukan. Disini tentu yang akan kita bahas adalah bagaimana solusi atau cara mengatas permasalahan tersebut agar aktivitas kita dapat berjalan dengan normal kembali. 

Pertanyaan lebih spesifik mengenai masalah ini adalah mengapa tinta warna tidak keluar dari ketrik saat print?, Dengan pertanyaan tersebut maka kita terlebih dahulu harus mencari penyebab dari adanya masalah tersebut, baru setelah itu kita dapat menentukan langkah perbaikan yang bisa dilakukan. Demi untuk mengetahui akar permasalahan ini maka kita harus memeriksa printer secara keseluruhan. Pemeriksaan dapat kita mulai dari alur jalannya tinta dan atau berbagai komponen yang berkaitan langsung dengan pencetakan.

Dalam masalah tinta warna tidak keluar ada beberapa kemungkinan penyebab, pertama bisa disebabkan karena hardware print ada yang sudah tidak bekerja yaitu dalam hal ini cartridge (ketrik) dan kedua bisa juga karena adanya gangguan pada aliran tinta dari printer. Penyebab pertama bisa terjadi pada printer yang tidak dimodifikasi yaitu yang masih menggunakan sistem suntik dalam pengisian tinta. Masalah kedua bisa terjadi disebabkan karena adanya aliran tinta yang tersumbat pada printer modifikasi (sistem infus).

Tinta Warna Tidak Keluar pada printer infus
Pada printer sistem infus penyebab tinta tidak keluar bisa terjadi karena dua hal tersebut; bisa karena cartridge rusak atau aliran tinta tidak normal. Pada kasus yang terjadi pada printer sistem infus langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa saluran tinta yaitu yang terletak pada selang infus. Periksa apakah selang tinta ada yang terjepit, terlipat atau mengalami masalah lain yang menyebabkan jalannya tinta tidak sempurna. Periksa juga apakah selang infus tidak masuk angin (terdapat gelembung udara pada selang) yang mengakibatkan pemutusan aliran tinta ke cartridge.

Jika terdapat masalah pada selang misalnya terjepit maka kita bisa langsung membenarkan posisi selang tersebut. Jika ada gelembung udara pada selang (masuk angin) maka car mengatasinya adalah dengan melakukan cleaning dan deep cleaning pada menu properties printer. Setelah posisi selang diperbaiki dan gelembung udara pada selang sudah tidak ada maka silahkan coba kembali printer, seharusnya printer bisa kembali digunakan dengan normal dan masalah tinta warna tidak keluar bisa teratasi.

Jika masalah di atas tidak ada dan selang dalam keadaan baik dan normal maka yang harus kita periksa selanjutnya adalah keadaan cartridge printer yang digunakan. Untuk langkah ini kita bisa melakukan pengecekan dengan melihat langsung kondisi head printer. Caranya coba lepas cartridge dan tempelkan tisu halus pada bagian head printer, lihat apakah semua warna keluar pada tisu tersebut. Jika semua warna keluar pada tisu itu berarti cartridge tidak tersumbat tetapi jika warna yang keluar tidak begitu banyak atau sedikit kering maka ada kemungkinan memang ada sumbatan pada cartridge.

Untuk masalah penyumbatan yang terjadi pada cartridge maka kita bisa mengatasinya dengan melakukan deep cleaning, bisa juga kita menggunakan cairan pembersih tinta yang ada di pasaran. Jika setelah beberapa kali di cleaning namun masalah tidak juga bisa teratasi maka kemungkinan besar sumbatan sudah tidak bisa ditangani. Jika demikian maka kita harus siap untuk mengganti dengan cartridge baru.

Tinta Warna Tidak Keluar pada printer non infus
Untuk mesin printer yang tidak dimodifikasi dan masih menggunakan sistem suntik untuk pengisian tinta maka kemungkinan masalah yang ada hanya pada cartridge yaitu terjadi penyumbatan dan atau kerusakan pada head. Namun demikian ada kalanya tinta tidak keluar bisa disebabkan karena masalah yang sangat sepele yaitu karena tinta sudah habis. Maka dari itu langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu penyebab masalah ini yaitu sebagai berikut:

1) Cek apakah tinta masih ada, isi jika tinta habis, setelah itu coba untuk mencetak
2) Cek cartridge apakah tersumbat atau tidak, tempelkan tisu pada cartridge lihat apakah tinta keluar
3) Lakukan cleaning dan deep cleaning sampai beberapa kali
4) Lakukan tes print, lihat hasilnya apakah ada perubahan

Jika sudah dilakukan cleaning maka tinta warna tetap tidak keluar maka itu berarti ada penyumbatan yang lumayan berat, itu berarti kemungkinan besar cartridge tidak bisa digunakan lagi. Sebenarnya masih ada alternatif lain yang bisa kita lakukan namun cara ini sedikit beresiko dan tidak disarankan untuk pemula. Kita bisa melakukan langkah ini jika ingin uji coba dan belajar yaitu dengan merendam cartridge pada air hangat beberapa saat. Langkah ini bertujuan untuk mencairkan tinta beku yang menyumbat cartridge. Namun langkah ini benar-benar tidak disarankan mengingat resiko fatal yaitu cartridge bisa rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai bagaimana cara atau langkah untuk mengatasi masalah Tinta Warna Tidak Keluar Saat Print. Semoga bisa menjadi bahan belajar kita semua dalam mengatasi permasalahan mesin printer yang sedang terjadi. Jangan lupa, panduan di atas tidak bersifat mengikat, anda harus melakukan semua langkah di atas dengan sangat hati-hati karena apapun hasilnya semua menjadi tanggungan anda sendiri. Maka dari itu untuk hal yang tidak diketahui lebih baik serahkan saja pada ahlinya yaitu ke jasa servis printer di kota anda.